03 November 2017
JAKARTA, 31 Oktober 2017 , PT. Kino Indonesia Tbk. (“Kino”) telah menandatangani perjanjian usaha patungan dengan Malee Capital Company Limited (“Malee”) , grup usaha Malee Group Public Company Limited, dimana Kino dengan Malee akan mendirikan 2 (dua) perusahaan patungan yaitu (i) PT Kino Malee Indonesia yang akan melakukan kegiatan usaha di Indonesia
dan (ii) Malee Kino (Thailand) Company Limited yang akan melakukan kegiatan usaha di Thailand.
Kino akan menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 51% kepemilikan saham pada PT Kino Malee Indonesia dan akan menjadi pemegang saham minoritas sebesar 49% kepemilikan saham pada Malee Kino (Thailand) Company Limited.
Melalui perusahaan patungan tersebut, Kino bersama dengan Malee akan membangun sebuah sinergi, dimana Kino akan mengekspor produk perawatan dan pemeliharaan tubuh dan farma miliknya ke Thailand untuk dipasarkan dan dijual oleh Malee Kino (Thailand) Company Limited, sedangkan PT Kino Malee Indonesia akan mengimpor, memasarkan, menjual dan mendistribusikan produk minuman Malee di Indonesia. Dengan begitu, keberadaan produk perawatan dan pemeliharaan tubuh dan farma dari Kino di pasar mancanegara akan semakin meningkat, sedangkan produk minuman PT Kino Malee Indonesia akan melengkapi portofolio produk minuman Kino.
Peluang pasar minuman di Indonesia masih sangat besar dan terbuka lebar. Pada tahun 2016, nilai pasar industri minuman tumbuh 8,46% dibanding tahun 2015 sebesar 7,54%. (Sumber: Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, 2016). Pertumbuhan volume penjualan minuman ditopang oleh peningkatan permintaan, khususnya dari konsumen kelas menengah, dan juga didorong oleh semakin banyaknya perusahaan asing yang masuk ke pasar minuman Indonesia dengan mendirikan perusahaan patungan dengan perusahaan lokal serta perusahaan asing yang menambah investasinya pada fasilitas produksi yang telah dimiliki di Indonesia.
Potensi industri minuman secara umum bersifat kompetitif tetapi sangat menjanjikan terutama di Indonesia, dan Malee merupakan salah satu pemain minuman terbesar di Thailand dengan segudang pengalaman di bidang minuman, antara lain kategori jus buah dan air kelapa. Di Indonesia, kategori kategori jus buah dan air kelapa pada segmen minuman adalah segmen bisnis istimewa yang sangat ketat dalam persaingan tetapi menarik untuk dimasuki. Segmen ini menawarkan pertumbuhan prospek bisnis yang luas yang sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk berpenghasilan menengah di Indonesia bersamaan dengan daya beli yang akan membaik di tahun-tahun mendatang. Pendirian perusahaan patungan tersebut akan menjadi aksi
strategis dari Kino untuk mengembangkan portofolio segmen minuman. Selain itu, dukungan distribusi dan pemasaran dari Malee melalui pendirian perusahaan patungan di Thailand juga dapat memperluas jaringan distribusi produk perawatan dan pemeliharaan tubuh di pasar mancanegara sekaligus menambah porsi penjualan ekspor Kino.
Produk dari Malee berpotensi memiliki titik penjualan yang kuat dan unik, dan kemungkinan untuk bertumbuh secara signifikan pada kategori yang dinamis dengan dukungan yang baik dari Kino. Kino adalah perusahaan FMCG yang dianggap sebagai mitra yang sempurna untuk Malee dalam memperluas bisnisnya di luar Thailand. Kekuatan Kino dalam bidang distribusi, inovasi
produk, dan posisi keuangan akan melengkapi kekuatan Malee. Adanya kerja sama yang baik akan memberikan hasil yang memuaskan untuk kedua pihak.
Pendirian perusahaan patungan dengan Malee merupakan bagian dari rencana strategis yang dilakukan Kino setelah akuisisi merek Jamu Dua Putri Dewi dan akuisisi bisnis Grup Ristra yang telah dilakukan oleh Kino pada tahun 2016. Dengan adanya pembentukan usaha patungan ini, laporan keuangan PT Kino Malee Indonesia akan dikonsolidasikan pada tingkat entitas induk,
sehingga Kino akan semakin memperkuat segmen minuman. Pendirian perusahaan patungan ini merupakan bagian dari upaya yang dijalankan oleh Kino untuk terus memberikan nilai tambah kepada konsumen terhadap produk minuman yang inovatif.
Pendirian perusahaan patungan tersebut akan dibiayai oleh dana hasil IPO yang telah dialokasikan untuk penyertaan modal pada perusahaan di industri sejenis untuk mendukung pertumbuhan anorganik Kino, sebagaimana yang telah dikemukakan dalam prospektus Kino.
Other News
Kino Indonesia Raih 2 Penghargaan di 7 Most Popular Brand of the Year 2024
Tahun Ke-4, Ellips di Malaysia Raih Most Wanted Hair Vitamin dari Watsons Health, Wellness, and Beauty (HWB) Awards 2024.
Dukung Kemajuan Merek Lokal, Kino Indonesia Kembali Hadirkan Kinovation Batch 3
25 Tahun Berkarya, Kino Indonesia Memenangkan Penghargaan 'Best Managed Companies 2024' dari Deloitte Private
Ellips raih penghargaan The Most Creative and Innovative In Omnichannel
Other News