test

14 August 2016

Kino Akuisisi Grup Ristra

JAKARTA, 5 Agustus 2016 - PT Kino Indonesia Tbk (“Kino”) telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi bisnis Grup Ristra, dimana Kino akan menjadi pemegang saham mayoritas dengan jumlah saham 80% dalam perusahaan patungan dengan nama PT Ristra Laboratoris Indonesia. Ristra merupakan merek dagang atas produk-produk kesehatan dan kecantikan kulit yang mulai diperkenalkan dan dikembangkan oleh Grup Ristra sejak 33 tahun yang lalu yang sudah mempunyai karakter kuat di masyarakat pengguna kosmetik sebagai “Cosmeceutical Expert” dengan “Evidence Based Safe Cosmetics”

Dengan perusahaan patungan tersebut, Kino bersama dengan Ristra Grup akan terus mengembangkan produk skin care dan decorative yang termasuk kategori Cosmeceuticals, jenis kosmetik yang mempunyai unsur aktif biologis yang dapat memberikan keuntungan medis. Ristra adalah perusahaan personal care yang pertama sekali menggabungkan antara kosmetik dan pharmaceuticals di Indonesia dan produk Ristra telah melalui proses testing efficacy dan kontrol kualitas yang kompleks. Produk hasil produksi perusahaan patungan tersebut akan melengkapi portfolio produk Kino yang telah ada yang telah dikembangkan sejak tahun 1999.

Semua produk hasil perusahaan patungan tersebut akan dibuat berdasarkan filosofi “The Science of Beauty” yang dimiliki oleh Dr. Retno Iswari Tranggono FISCD, FINSDV, Cosmetodermatologist, pendiri Ristra Grup, yang juga merupakan pionir dalam konsep Tropical Cosmetics dan sebelumnya juga sebagai dosen dan pendiri bagian bedah kulit dan kosmetologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI). Beliau meyakini bahwa agar kulit senantiasa tampil sehat, cantik dan aman dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu faktor lingkungan alam, faktor manusia, dan faktor kosmetika.


Selain memproduksi produk kesehatan dan kosmetik kulit, saat ini Ristra telah memiliki klinik kesehatan dan kecantikan dengan fasilitas yang modern dan ditangani langsung oleh dokter-dokter cosmetodermatologist. Klinik Ristra Grup adalah salah satu usaha yang juga telah diakuisisi oleh Kino dengan nama PT. Ristra Klinik Indonesia. Perusahaan patungan ini juga akan terus membentuk klinikklinik baru yang merupakan pusat pelayanan bagi perawatan kecantikan dan kesehatan kulit meliputi facial treatment, hair treatment, skin care treatment dan lainnya di bawah pengawasan dan konsultasi medis para dokter berkualitas dan berpengalaman di bidangnya yang dibekali juga dengan pengetahuan cosmetodermatologist standar Ristra Grup di bawah bimbingan Dr. Retno Iswari Tranggono FISCD, FINSDV, Cosmetodermatologist.

Peluang pasar kosmetik di Indonesia masih sangat besar, dimana pada tahun 2015 nilai pasar industri kosmetik diestimasi tumbuh 9% menjadi Rp 64,3 triliun dibanding tahun 2014 sebesar Rp 59,03 triliun. (Sumber : Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, 2015). Pertumbuhan volume penjualan kosmetik ditopang oleh peningkatan permintaan, khususnya dari konsumen kelas menengah dan juga didorong oleh tren kenaikan penggunaan kosmetik oleh kaum pria. Menurut Euromonitor International, negara-negara berkembang, termasuk Indonesia memiliki kontribusi 51% dari penjualan industri kecantikan global.

Harry Sanusi (Presiden Direktur Kino) menyatakan “Potensi industri kosmetik di Indonesia sangat menjanjikan dan Ristra Grup merupakan salah satu pelopor Cosmeceutical and Evidence Based Safe Cosmetic di Indonesia dengan pengalaman yang dalam dan heritage brand yang tinggi di bidang kosmetik. Segmen produk Cosmeceutical di Indonesia masih relatif baru dan merupakan segment usaha khusus yang menarik, dinamis dan mempunyai prospek pertumbuhan usaha yang tinggi sejalan dengan naiknya jumlah middle class di Indonesia yang tidak hanya butuh produk kecantikan namun butuh produk kecantikan yang mengobati (medicated beauty products). Perusahaan patungan ini merupakan langkah strategis Kino dalam mengembangkan portfolio segmen personal care.”

Retno Tranggono (Pendiri Ristra Grup) menyatakan “Kami menyambut dengan sangat positif terhadap rencana PT. Kino Indonnesia Tbk dalam bermitra dengan Ristra Group. Produk dan service dari Ristra Group merupakan potensi-potensi yang memiliki unique selling point yang kuat dan merupakan produk yang berpeluang menjadi kategori dinamis yang akan tumbuh lebih pesat ketika mendapat dukungan yang baik dan naungan Kino. Kino adalah perusahaan FMCG di Indonesia yang dinilai sangat sesuai sebagai partner bagi Ristra Group. Kekuatan-kekuatan Kino yang baik dalam distribusi, inovasi produk dan posisi keuangan yang kuat akan menjadi sangat komplementer terhadap kekuatan yang dimiliki oleh Ristra Group. Kami berharap Kerjasama ini dapat segera terwujud dan akan menjadi pengaruh yang baik bagi kedua belah pihak”

Peter Chayson (Direktur Keuangan Kino) menambahkan “Ini adalah akuisisi yang kedua yang dilakukan Kino pada tahun ini setelah akuisisi usaha Jamu Dua Putri Dewi. Dengan adanya pembentukan usaha patungan ini, dimana laporan keuangan usaha patungan ini akan dikonsolidasi pada level parent company maka Kino akan semakin memperkuat segmen usaha Personal Care yang memberikan margin relatif lebih tinggi dibanding segmen lainnya. Saya sangat terkesan dan kagum dengan kualitas produk-produk Ristra yang tinggi dan merek Ristra yang telah memiliki brand equit yang besar. Akuisisi ini adalah juga merupakan bagian dari aksi korporasi Kino untuk terus dapat memberikan nilai lebih kepada pelanggan kami terhadap produk-produk personal care yang berkualitas dan medicated“

Perusahaan patungan tersebut akan dibiayai oleh dana hasil IPO yang telah dialokasikan untuk penyertaan modal pada perusahaan di industri sejenis untuk mendukung pertumbuhan inorganik Kino, sebagaimana yang telah dikemukakan dalam prospektus Kino.

 

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi