14 February 2018

Kino Mendiversivikasi Bisnis ke Segmen Makanan Hewan Kesayangan

JAKARTA, 13 Februari 2018 - PT Kino Indonesia Tbk (“Kino”) telah menandatangani perjanjian pembentukan usaha patungan dengan Wah Kong Corporation Sdn Bhd (“WKC”), sebuah perusahaan dengan 16 entitas anak yang memiliki spesialisasi pada bidang distribusi, ritel, ecommerce, pergudangan dan logistik, penganan, dan makanan hewan kesayangan. Kino dan WKC akan bersama-sama mendirikan dua perusahaan patungan yaitu PT Kino Pet World Indonesia dan PT Kino Pet World Marketing Indonesia yang akan melakukan kegiatan usaha di Indonesia, dimana Kino akan menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 51% kepemilikan saham pada kedua perusahaan patungan tersebut. Kino bersama dengan WKC akan membangun sebuah hubungan yang berkesinambungan dengan dimulainya proses produksi dan impor produkproduk makanan hewan kesayangan yang dimiliki oleh WKC untuk dijual oleh perusahaan patungan di Indonesia. Dengan demikian, kerja sama ini dapat menguntungkan dari sisi kinerja yang akan memberikan kontribusi terhadap total pendapatan bagi kedua belah pihak.


Potensi pertumbuhan industri makanan hewan kesayangan di Indonesia yang sangat menjanjikan, didukung oleh peningkatan jumlah pemilik hewan kesayangan merupakan beberapa faktor-faktor yang dapat memberikan nilai positif bagi kedua belah pihak dalam kerjasama ini. WKC merupakan salah satu pionir serta pemain terbesar di Malaysia dalam hal penjualan produk makanan hewan kesayangan dengan produk makanan untuk anjing dan kucing yang terbuat dari bahan alami dan diformulasi untuk memenuhi nutrisi hewan kesayangan.


Industri ini menawarkan pertumbuhan prospek bisnis yang luas dengan tingkat penetrasi yang masih rendah, sehingga faktor-faktor seperti pertumbuhan jumlah penduduk berpenghasilan menengah, daya beli yang menguat, serta para pemilik hewan kesayangan yang lebih terdidik yang lebih memperhatikan perawatan dan kesehatan hewan kesayangannya akan mendongkrak pertumbuhan industri ini dalam jangka panjang. Pendirian perusahaan patungan ini sejalan dengan strategi Kino dalam mendiversifikasi bisnisnya pada segmen yang memiliki prospek pertumbuhan yang besar.


Produk-produk dari WKC memiliki kekuatan merek dan reputasi yang kuat bagi para komunitas pemilik hewan kesayangan di Malaysia dan di luar Malaysia, yang telah dibuktikan dengan didirikannya Pet World (Thailand) Ltd di Thailand sebagai bentuk ekspansi ke pasar mancanegara. WKC juga memiliki kesempatan yang tinggi untuk dapat berkembang di pasar makanan hewan kesayangan Indonesia dengan dukungan yang kuat dari Kino, yang merupakan mitra yang tepat untuk memperluas bisnisnya di luar Malaysia. Kekuatan Kino dalam bidang distribusi, inovasi produk, dan posisi keuangan akan melengkapi kekuatan WKC untuk berekspansi ke pasar
Indonesia. Adanya kerja sama yang baik dan berkesinambungan akan memberikan hasil yang memuaskan dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.


Pendirian perusahaan patungan dengan WKC merupakan bagian dari rencana diversifikasi bisnis yang diterapkan Kino sebagai upaya untuk berkembang secara anorganik, setelah berbagai aksi korporasi seperti akuisisi merek Jamu Dua Putri Dewi, akuisisi bisnis Grup Ristra, dan pembentukan perusahaan patungan dengan Grup Malee telah dilakukan. Setelah pembentukan perusahaan patungan ini, laporan keuangan PT Kino Pet Indonesia dan PT Kino Pet World Marketing Indonesia akan dikonsolidasikan pada tingkat entitas induk, sehingga Kino dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Hal ini merupakan bagian dari upaya yang dijalankan oleh Kino untuk terus memberikan nilai tambah kepada konsumen terhadap produk-produk yang bervariatif.


Pendirian perusahaan patungan tersebut akan dibiayai oleh dana hasil penawaran umum perdana yang telah dialokasikan untuk penyertaan modal pada perusahaan di industri sejenis untuk mendukung pertumbuhan anorganik Kino, sebagaimana yang telah dikemukakan dalam prospektus Kino.

 

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi