31 July 2022

Tips Menghindari Produk Palsu Saat Berbelanja Online

Maraknya berita mengenai pemalsuan atas produk-produk asli membuat kami, PT Kino Indonesia Tbk (“Kino”) merasa perlu untuk menghimbau para konsumen dan pengguna produk-produk yang dikeluarkan oleh Kino agar selalu memperhatikan dan memeriksa dengan seksama produk yang dibeli secara online baik memeriksa fisik produk termasuk pada kemasan, informasi produk, maupun isi produk tersebut, misalnya melalui aroma dan tekstur.

Berikut kami berikan beberapa tips yang dapat dilakukan oleh konsumen yang membeli produk secara online:

1. Mencari Informasi Tentang Produk

Sebelum melakukan pembelian, konsumen disarankan untuk mencari informasi mengenai spesifikasi atas produk, harga, dan informasi lainnya. Informasi bisa didapatkan melalui media sosial, teman, dan keluarga, bahkan jika dianggap perlu dapat menghubungi layanan produk konsumen yang telah disediakan oleh Kino (Kino Customer Care).

2. Periksa Kemasan Dan Label Produk

Pastikan kemasan telah sesuai (misalnya terdapat di dalam kotak, bentuk botol, bentuk kemasan, dan tersegel rapat. Label dari produk asli akan menampilkan detil penting dari produk tersebut baik berupa logo, kode produksi, tanggal kedaluwarsa serta informasi lainnya.

3. Bandingkan Harga Dan Jangan Tergiur Dengan Tawaran Harga Murah

Pastikan juga untuk selalu membandingkan harga produk yang dijual, jangan tergiur dengan harga yang sangat murah maupun potongan harga yang tidak masuk akal. Harga murah terkadang menjadi salah satu alasan bagi konsumen untuk membeli suatu produk. Namun jika konsumen menemukan produk dengan perbedaan harga yang cukup jauh, maka konsumen diharapkan agar lebih jeli dalam menelaah dan memutuskan untuk membeli produk tersebut.

4. Pilih Seller Terpercaya Serta Perhatikan Rating Dan Review

Sebelum membeli produk di sebuah situs belanja, terutama pada seller yang bukan toko dan/atau akun resmi Kino, konsumen dianjurkan untuk membaca rating dan review yang sudah diberikan oleh konsumen lain yang sebelumnya telah berbelanja di seller tersebut. Konsumen diharapkan waspada khususnya jika ada pihak yang memberikan rating yang jelek. Meski hal ini tidak bisa menjadi jaminan, tetapi cara ini bisa menjadi langkah pencegahan awal yang dapat menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli dari seller tersebut.

5. Perhatikan Kualitas Produk Dan Kembalikan Produk Jika Ada Ketidaksesuaian

Jika konsumen sudah terlanjur bertransaksi, maka konsumen wajib untuk memeriksa kualitas produk ketika produk diterima oleh konsumen - mulai dari kemasan, tanggal kedaluwarsa, fisik produk, dan lain-lainnya. Jika konsumen menemukan adanya ketidaksesuaian, ketidakwajaran, kecurigaan, ataupun indikasi bahwa produk tersebut bukan produk asli atau sudah pernah dibuka kemasannya, sebaiknya konsumen segera mengembalikan produk tersebut kepada penjual dan jangan menyelesaikan transaksi sebelum mendapatkan kejelasan atas produk dan meminta pertanggungjawaban dari seller tersebut. Ingatlah untuk selalu merekam video pembukaan kemasan produk yang diterima sebagai bukti kepada pihak situs belanja dan seller.

Demikian beberapa tips yang dapat kami sampaikan sebagai bahan pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan pembelian produk-produk secara online.

Apabila konsumen masih memiliki keraguan dan atau menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kriteria dan spesifikasi produk asli, silakan menghubungi Kino Customer Care di:

- Toll Free 0800-100-5466;

- Berbayar 021-8082-1166; atau

- Melalui Whatsapp di 0811-1311-0900 (hanya pesan)

Selama jam operasional Senin – Jumat, pukul 08.00-17.00 WIB.

(artikel tersedia dalam Bahasa Indonesia)

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy