29 May 2024

Wanita tersebut menggendong bayi dengan lembut, menunjukkan kasih sayang

Ini 7 Cara Merawat Rambut Bayi Agar Sehat Yang Bisa Dicoba

Apakah rambut bayi kamu lebat atau tampak botak? Tenang, rambut si kecil pada akhirnya akan terus tumbuh sepanjang hidupnya. 

Meski begitu, agar rambut buah hati menjadi kuat dan sehat, perawatan rambut yang tepat adalah kuncinya. Lebih dari itu, perawatan rambut juga perlu dipertimbangkan, sama seperti elemen perawatan bayi lainnya. 

Yuk, simak lebih dalam mengenai cara merawat rambut bayi agar lebih sehat & halus secara optimal! 

Aspek Penting Perawatan Rambut Bayi

Untuk perawatan rambut si kecil, kamu harus sangat berhati-hati. Melansir Web MD, ada 7 hal penting yang perlu kamu ketahui tentang perawatan rambut anak. 

1. Sediakan Waktu Tummy Time di Siang Hari

Bayi kamu membutuhkan banyak waktu tengkurap di siang hari karena mereka menghabiskan begitu banyak waktu telentang di malam hari. Saat mereka tidur, kepala mereka beristirahat di posisi yang sama selama beberapa jam. Tummy time merupakan latihan yang baik untuk mengontrol kepala dan memperkuat otot leher dan punggung si kecil. 

Hal ini mempersiapkan bayi kamu untuk tidak hanya mengangkat kepala mereka sendiri, tetapi juga untuk berguling, duduk, dan begitu banyak pencapaian lainnya!

2. Hati-hati dengan Aksesoris Rambut

Meskipun memakaikan pita rambut dan ikat kepala yang lucu pada gadis kecil kamu terlihat begitu manis, berhati-hatilah agar tidak berlebihan. 

Kulit kepala dan rambut bayi sangat lembut sehingga apa pun yang menarik rambut bayi bisa menyebabkannya patah. Karena itu pula, gunakan pita rambut atau ikat kepala berbahan lembut.  

Baca Juga : Sleek Baby Gelar Kampanye 1000 Hari Perlindungan

3. Jangan Mencuci Rambut Bayi Tiap Hari

Mencuci rambut buah hati setiap hari bisa membuat rambutnya rontok. Rambut si kecil tidak menghasilkan minyak secepat rambut kamu, jadi tidak ada alasan untuk keramas setiap hari.

Ketika kamu mencucinya, penting untuk bersikap lembut pada rambut mereka, termasuk apa yang kamu gunakan untuk mencucinya dan bagaimana cara kamu mencucinya.

4. Hindari Menggunakan Sisir

Banyak cara merawat rambut buah hati kamu berkaitan dengan menghindari hal-hal yang dapat menarik dan mematahkannya. Hal ini termasuk jenis sisir yang digunakan.

Sebagai contoh, sisir dapat menarik dan menyebabkan kekusutan pada rambut si kecil. Sebagai gantinya, gunakanlah sikat berbulu halus setelah waktu mandi dan di sela-sela waktu keramas.

5. Menata Lembut Rambut Si Kecil

Menata rambut si kecil memang menyenangkan. Tapi hindari gaya yang menarik rambut terlalu kencang. Perlu diingat bahwa beberapa kerontokan dan bercak-bercak pada rambut bayi adalah hal yang normal.

6. Gunakan Sampo yang Lembut

Berbicara mengenai kelembutan, si kecil membutuhkan sampo dan pencuci yang lembut untuk kulitnya, bukan sebaliknya. Rambut bayi berbeda dengan rambut orang dewasa, oleh karena itu sampo bayi sebenarnya bisa digunakan untuk kulit dan rambut mereka juga.

7. Pilih Produk yang Tepat

Jangan gunakan produk apa pun yang ditujukan untuk orang dewasa karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi kamu.

Perlu diketahui bahwa produk bayi dirancang secara khusus dengan mempertimbangkan sensitivitas kulit mereka. Karena itulah sampo tanpa air mata tidak membahayakan meskipun menetes ke matanya.

Ini Cara Terbaik untuk Mencuci Rambut Bayi

Mencuci rambut si kecil, kurang lebih sama dengan mencuci rambut kamu sendiri, dengan beberapa perbedaan kecil. Ikuti enam langkah berikut saat mencuci rambut dan kulit kepala sang buah hati.

  • Siapkan Bak Mandi

Pertama-tama, siapkan air hangat dengan suhu sekitar 98 derajat Fahrenheit. Suhu dapat diukur dengan termometer, atau kamu dapat mengetes sendiri suhunya dengan mencelupkan pergelangan tangan kamu ke dalam air.

Selanjutnya, pastikan kamu membawa semua perlengkapan mandi yang diperlukan sebelum memasukkan bayi ke dalam air. Di antaranya, sampo bayi, gel pembersih, waslap, handuk mandi, cangkir kecil untuk membilas, dan apa pun yang biasa digunakan.

  • Sangga Kepala dan Leher Bayi 

Letakkan bayi kamu yang masih telanjang di dalam bak mandi dan pegang tangan kamu dengan kuat di belakang kepala buah hati. Itu guna menopang kepala dan lehernya.

  • Basahi Rambut dan Kulit Kepala Mereka

Sebelum mengoleskan sampo bayi, basahi rambut dan kulit kepala bayi. Dengan menggunakan cangkir kecil, tuangkan air dengan lembut ke kepala mereka. Lindungi mata si kecil agar ia tidak terkena air yang memedihkan mata. 

  • Mencuci Rambut

Sekarang, kamu akan menyabuni kulit kepala si kecil (ada rambut atau tidak ada rambut!) dengan sampo bayi yang lembut. Kuncinya adalah menggunakan sampo yang tidak akan mengiritasi kulit bayi kamu dan memberikan nutrisi yang menenangkan kulit.

Baca Juga : Sleek Baby Diaper Cream

  • Membilas Rambut

Sekarang, yang tersisa hanyalah membersihkan sampo. Bilas sampo dengan hati-hati dari kepala bayi  dengan tangan atau cangkir kecil. Jangan lupa bahwa, bahkan pada bayi baru lahir, waktu mandi adalah saat yang tepat untuk menjalin ikatan dengan si kecil, walaupun si kecil tidak tertarik bermain di bak mandi.

  • Keringkan Rambut Si Kecil

Terakhir, keringkan rambut bayi kamu segera setelah selesai mencucinya. Keluarkan si kecil yang basah dan licin dari bak mandi dan bungkus dengan handuk hangat. 

Untuk menghindari iritasi pada kulit sensitif atau kulit yang rentan terhadap eksim, tepuk-tepuk kulitnya hingga kering alih-alih menggosoknya.

Pentingnya Perawatan Rambut Bayi 

sleek-baby

Perawatan rambut si kecil juga bergantung dengan produk apa yang digunakan. Bicara mengenai produk perawatan rambut si kecil, Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Liquid Soap 120ml adalah juaranya. 

Sabun dan sampo bayi berbentuk cair ini memiliki kandungan formula anti bakteri alami yang efektif melindungi kulit dari bakteri penyebab iritasi, serta menjaga kulit tetap lembut dan sehat. 

Kandungan sampo ini juga aman untuk bayi baru lahir. Di antaranya, Jojoba dan Green Tea Extract serta mampu menjaga kulit & rambut tetap sehat optimal. Temukan produk Sleek Baby dari Kino di e-commerce Shopee dan Tokopedia.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy