22 March 2015

Kegiatan Restorasi Sumber Mata Air Sapen

Pasuruan, 22 Maret 2015 - Pabrik PT. Kino Indonesia di Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen – Kabupaten Pasuruan berada di Sub-Daerah Aliran Sungai (DAS) Kedung Larangan yang berhulu di Pegunungan Arjuna-Welirang. Kawasan Pegunungan Arjuna-Welirang memegang peranan penting di Jawa Timur karena merupakan penyangga kehidupan dan sumber air bagi 14 kabupaten/kota. Kondisi hutan kritis di pegunungan Arjuna seluas 1,000 Ha diakibatkan kebakaran dan illegal logging. Hal ini berdampak terhadap berkurangnya debit air di sumber mata air, sehingga suplai air bagi masyarakat di bawahnya berkurang. Survey ESP-USAID tahun 2007 mengatakan, sebanyak 12 dari 28 sumber air telah mati.

Manajemen PT. Kino Indonesia berkomitmen untuk mencegah dampak negatif operasionalnya terhadap lingkungan dengan pengelolaan lingkungan yang baik dan berperan aktif dalam upaya perbaikan kondisi lingkungan di sekitar lokasi operasionalnya. Komitmen itu diwujudkan melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR). Tahun ini dengan slogan Kino Go Green 2015 perusahaan melaksanakan program penanaman dan perawatan pohon di area tangkapan air kawasan pengunungan Arjuna-Welirang.

Program ini bertujuan untuk merehabilitasi 1 sumber mata air yaitu ”Mata Air Sapen” yang berada di kelurahan Ledug Kec. Prigen, Pasuruan melalui kegiatan penanaman 1.500 pohon di area seluas 3,4 Ha serta perawatan pohon selama 3 tahun. Pohon yang sudah ditanam akan dijaga dan dirawat oleh petani lokal berjumlah 3 orang secara bergilir dengan insentif berupa pengembangan ternak kambing. Ini akan menjadi stimulan usaha mandiri agar petani lokal tidak tergantung pada hutan sebagai mata pencaharian utama mereka. Pelaksanaan program ini diharapkan akan lebih menguatkan kepedulian dan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan hidup disekitar, khususnya hutan dan mata air.

Dalam pelaksanaan program PT. Kino Indonesia menggandeng Yayasan Lingkungan Hidup “Alam hijau”Pasuruan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kelurahan Ledug, Prigen dalam kegiatan dengan tema “RESTORASI SUMBER MATA AIR SAPEN”. Dukungan pemerintah daerah dan masyarakat terhadap kegiatan ini terlihat dengan kehadiran Wakil Gubernur Jawa Timur (Drs. H. Syaifullah Yusuf), Bupati Kabupaten Pasuruan (HM. Iryad Yusuf, SE. MMA), Jajaran Muspida Kabupaten Pasuruan, kepala dinas terkait di Pemkab Pasuruan, Camat Prigen, tokoh masyarakat, penggiat lingkungan dan masyarakat sekitar pada pencanangan kegiatan yang dilaksanaan pada 22 Maret 2015.

Ini adalah awal dari kegiatan yang akan terus dilakukan sebagai bukti dukungan PT. Kino Indonesia dalam upaya pelestarian sumber mata air demi keberlangsungan ketersedian air di masa yang akan datang.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

• Kebijakan Privasi