10 September 2024
Surabaya, 8 September 2024 - Melanjutkan kompetisi The Rising Kids Season 3 Surabaya, Kino Indonesia melalui brand Snackit Marshmallow dan Cap Kaki Tiga Anak, resmi menutup rangkaian acara lewat Grand Final The Rising Kids Season 3 di Surabaya. Acara Grand Final yang mengusung tema #UnleashYourInnerStar ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi semua anak mengekspresikan dan menemukan bakat terbaik mereka dalam kompetisi yang sehat dan mendukung.
Nurindra Prawarianto, Chief Commercial Officer Food & Beverage Kino Indonesia menjelaskan, “The Rising Kids digelar sebagai komitmen Kino Indonesia mewadahi anak-anak dalam mengekspresikan bakat dan minat mereka melalui berbagai kompetisi seperti fashion show, mewarnai, dan ajang bakat lainnya. Di Surabaya, kami menitikberatkan untuk menjangkau anak-anak dari berbagai latar belakang dan memastikan mereka memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dan berkompetisi. Oleh karena itu, rangkaian acara The Rising Kids kali ini melibatkan 10.000 anak-anak di Surabaya dari berbagai sekolah dan komunitas sehingga menciptakan lingkungan kompetisi yang inklusif, sehat, dan saling mendukung.”
Melalui kolaborasi dengan lebih dari 30 sekolah di Surabaya, The Rising Kids Season 3 menyelenggarakan beragam kompetisi yang menampilkan potensi dan bakat anak seperti fashion show, tari, dan bernyanyi. Total 10.000 peserta dari 30 Sekolah Dasar di Surabaya berpartisipasi selama periode Juli hingga Agustus 2024 dalam ajang The Rising Kids 2024 Season 3. Dalam babak Grand Final The Rising Kids 2024 Season 3 Surabaya telah terpilih 270 peserta yang memperebutkan gelar juara umum.
Rangkaian acara ini menjadi lebih inklusif melalui kerjasama dengan komunitas anak Wepose dimana The Rising Kids menggelar "Panggung Aksi Dumas" untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak SD Dumas untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan kepercayaan diri di tengah keterbatasan. Para pemenang “Panggung Aksi Dumas” juga diberikan kesempatan untuk tampil di Grand Final The Rising Kids 2024 Season 3 Surabaya.
"Kami berharap The Rising Kids ini dapat menjadi wadah bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri dengan kritik yang membangun, sambil saling belajar, menyemangati, dan mengejar mimpi bersama dalam suasana kompetisi yang sehat apapun latar belakang dan kondisinya melalui kesempatan yang sama," tambah Nurindra.
Pada babak Grand Final ini, anak-anak berbakat berhasil meraih gelar juara di berbagai kategori. Dalam kategori Fashion Show, Juara 1 diraih oleh Breanna Feodora Chandra dari JAC, Juara 2 Zanetta Ramadhani Putri dari SDN Dr. Soetomo V, dan Juara 3 Christabel Valencia Sujanto dari Santa Lorent. Di kategori Mewarnai, Juara 1 diraih oleh Raynara Patra dari SDN Kertajaya, Juara 2 Nazifa Mecca dari SDN Dr. Soetomo V, dan Juara 3 Mikhaila Alesha dari SDN Baratajaya. Sementara itu, di kategori Got Talent, Juara 1 diraih oleh Mikail Attar Seputra dari SDN Baratajaya, Juara 2 Afelia Helena Pramudita dari JAC, dan Juara 3 Aletheia Cherryl Chavally dari SDN Kertajaya. Seluruh proses penjurian yang dilakukan terhadap peserta The Rising Kids 2024 Season 3 Surabaya dilakukan oleh tim profesional dengan kredibilitas terbaik yang akan memberikan penilaian secara independen.
Berbagai Kegiatan Menarik Dalam Grand Final The Rising Kids 2024 Season 3 Surabaya
Tidak hanya para anak yang diberikan platform untuk menunjukkan bakatnya, Grand Final The Rising Kids 2024 Season 3 Surabaya juga mengajak para orang tua dan masyarakat umum untuk sharing bersama Rensia Savira, seorang Momfluencer Parenting dan juga Psikolog Perkembangan Anak & Remaja, Keluarga, Pengembangan Diri, Asteria Ratnawati. Menjawab tema “Unleash Your Inner Star”, Rensia Savira menceritakan mengenai pentingnya peran orang tua dalam pendukung pengembangan bakat anak.
"Orang tua hendaknya selalu mengamati minat dan kegemaran anak sejak dini, serta memberikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan untuk mengembangkan bakat tersebut. Orang tua juga harus bersabar dan tidak memaksakan keinginan mereka sendiri kepada anak. Yang terpenting adalah menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan bagi anak untuk bereksplorasi,” ujarnya.
Tidak lupa, Rensia juga memberikan saran kepada para orang tua apa saja yang perlu disiapkan untuk mendukung potensi & bakat anak sejak dini dari sudut pandang anak termasuk didalamnya mengikuti kompetisi bakat. “Keikutsertaan anak-anak dalam program seperti The Rising Kids Surabaya dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan mereka. Selain mengembangkan bakat, program ini juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri, keberanian, dan kemauan untuk terus belajar. Anak-anak juga akan belajar untuk berkompetisi secara sehat, saling mendukung, dan menghargai perbedaan", lanjut Rensia.
Sementara itu hadir pula dalam Grand Final The Rising Kids Season 3 Surabaya, Syaiful Bahri dari Komisi Nasional Perlindungan Anak Kota Surabaya menekankan, “Harapan kami adalah agar program-program sejenis terus berkembang dan diselenggarakan dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip perlindungan anak. Selain itu, program-program tersebut dapat memberikan manfaat optimal bagi tumbuh kembang anak, baik dari segi pengembangan bakat maupun pembentukan karakter positif seperti percaya diri, keberanian, dan semangat untuk terus belajar.”
Tabitha Neema Christy, Founder Komunitas Anak Wepose, turut memberikan dukungannya terhadap acara The Rising Kids. “Komunitas Wepose Surabaya merupakan komunitas peduli anak yang memberikan dukungan dan pemberdayaan bagi anak-anak dari kalangan kurang mampu. Dalam program The Rising Kids Surabaya, Kino Indonesia sangat membantu kami untuk mengadakan kegiatan kompetisi seperti Panggung Aksi Dumas dimana anak-anak dapat mengekspresikan diri dan menampilkan bakat unik mereka di tengah kondisi yang terbatas. Kami berharap Kino Indonesia dapat bekerjasama dengan kami secara berkelanjutan di kesempatan lain.”
Kedepannya, Kino Indonesia berkomitmen untuk terus mengembangkan program The Rising Kids di kota-kota lain di Indonesia, guna memberikan wadah bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan potensi terbaik mereka. "Kino Indonesia percaya anak-anak adalah aset masa depan Indonesia. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk memperluas program The Rising Kids ke berbagai kota di Indonesia. Hal itu untuk memperkenalkan wadah ini kepada anak-anak untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan potensi terbaik mereka, demi membentuk generasi yang percaya diri dan berprestasi.," tutup Nurindra.
Other News
Other News