19 February 2024

seorang wanita sedang menyisir rambutnya. menyisir rambut merupakan bagian dari perawatan rambut agar tetap sehat.

Yuk, Ikuti 8 Cara Ini agar Rambut Tetap Sehat dan Tidak Mudah Lepek!

Anda bermasalah dengan rambut lepek? Agar rambut tetap tertata rapi dan tidak lepek selama beraktivitas, kamu bisa ikuti 8 cara di bawah ini. Bukan tidak mungkin, rambut lepek dan tidak tertata bisa membuat suasana hati menjadi tidak baik dan tidak semangat menjalankan aktivitas. 

Sebenarnya kenapa rambut kita bisa lepek dan bagaimana cara mengatasi hal ini? Dikutip dari Nourish Beaute, penyebab rambut lepek secara umum adalah perawatan rambut yang tidak tepat. Contohnya, kesalahan penggunaan produk perawatan rambut hingga tidak mencuci rambut dengan benar.

Namun selain berkaitan dengan perawatan, rambut lepek juga bisa diakibatkan oleh faktor lain yang lebih besar, seperti genetik, perubahan hormon, stres, dan masalah kesehatan. Nah, supaya terhindar dari masalah tersebut, ketahui dulu cara menghilangkan rambut lepek di bawah ini!

8 Cara Mudah agar Rambut Tidak Mudah Lepek

Sering menjadi permasalahan umum yang tetap membuat frustasi, rambut lepek bukan tidak mungkin untuk diatasi. Kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi rambut lepek! 

1. Perhatikan Asupan Nutrisi 

Salah satu penyebab rambut kamu terlihat lepek dan tidak bervolume adalah makanan yang tidak sehat. Kamu harus tetap memperhatikan konsumsi makanan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh agar rambut tidak mudah lepek. 

Berikan rambut kamu vitamin dan nutrisi dari dalam agar lebih sehat dan kuat. Beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan rambut yaitu salmon, buah-buahan segar, serta biji-bijian.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan tinggi protein agar rambut lebih kuat. Jika dibutuhkan, kamu juga bisa melakukan cara ini dengan mengonsumsi suplemen yang memang memiliki formula khusus membantu mengatasi rambut lepek.

2. Mencuci Rambut dengan Rutin

Dikutip dari WebMD, bahwa tidak perlu mencuci rambut setiap hari karena keramas terlalu sering akan mengakibatkan kerusakan seperti rambut kering. Nah, salah satu cara agar rambut kamu tidak mudah lepek adalah dengan mencuci rambut tidak terlalu sering dan disesuaikan dengan kebutuhan. 

Hanya beberapa orang yang diharuskan mencuci rambut atau keramas setiap hari. Misalnya, orang yang tinggal di tempat yang lembap atau orang-orang yang setiap hari berolahraga.

Tidak ada rekomendasi khusus seberapa sering kamu harus keramas, namun saat kamu sudah merasa rambut terlalu berminyak, itulah saatnya untuk mencuci rambut. 

3. Lakukan Blow-drying dengan Benar

Salah satu cara mudah untuk mengatasi rambut agar tidak lepek adalah dengan melakukan blow-drying yang benar. Teknik melakukan blow-drying yang benar adalah dengan cara upside-down atau dari ujung ke bawah. 

Sebelum mengeringkan rambut dengan metode ini, pastikan juga Anda menggunakan produk serum rambut sebelumnya. Gunakan pengering rambut dari ujung ke bawah, lalu sisir dengan perlahan ke arah yang sama sampai rambut benar-benar kering. Metode blow-drying ini telah terbukti menambah volume dan membuat rambut terlihat lebih tebal dan tidak lepek. 

4. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut

Untuk menghilangkan rambut lepek Anda bisa menerapkan cara yang satu ini, yaitu tidak sering-sering menyisir rambut. Apalagi jika memiliki rambut pendek, Anda hanya perlu menatanya dengan jari saja. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering memegang atau menyisir rambut sembarangan dengan jari saat beraktivitas.

Karena mungkin saja tangan kamu kotor dan malah membuat rambut menjadi berminyak karena kotoran dan bakteri. Hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan yaitu kebersihan sisir rambut. Jangan sampai sisir rambut Anda kotor, karena akan langsung menyentuh bagian rambut kamu, ya!

5. Gunakan Kondisioner dengan Benar

Bagaimana cara Anda menggunakan kondisioner selama ini? Ternyata masih banyak yang belum tahu cara menggunakan kondisioner yang benar, lho. Jika salah menggunakan kondisioner, bukannya teratasi, rambut mungkin akan menjadi semakin terlihat lepek.

Sebaiknya menggunakan kondisioner dari bagian tengah rambut sampai ujung saja. Anda tidak perlu menggunakan kondisioner sampai dengan scalp atau kulit kepala. Jika Anda menggunakan kondisioner sampai kulit kepala, minyak yang ada di kulit kepala akan semakin banyak dan membuat rambut jadi lepek. 

Jadi, untuk menghindari rambut lepek, jangan sampai salah penggunaan kondisioner, ya! 

6. Kurangi Penggunaan Produk untuk Styling

Saat rambut terasa lepek, mungkin Anda berpikir untuk menggunakan banyak produk saat menata rambut. Namun, cara tersebut bukannya mengatasi melainkan menambah kemungkinan rambut terlihat lebih lepek. Penggunaan produk yang berlebihan ini hanya akan membuat rambut seperti bertumpuk produk dan membebani rambut.

Itulah mengapa, penggunaan banyak produk untuk styling akan membuat rambut terlihat lebih lepek. Anda tetap bisa menggunakan produk untuk styling rambut, tapi gunakan saja secukupnya.  

7. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Sesuai

Penggunaan shampo dan kondisioner yang sesuai kebutuhan rambut mungkin merupakan cara paling efektif agar rambut tidak lepek. Jika permasalahan utama adalah rambut lepek, Anda membutuhkan shampo dan kondisioner yang secara spesifik digunakan untuk menambah volume dan ketebalan rambut. 

Selain itu, penting juga untuk menggunakan hair serum yang membantu merawat rambut. Sebaiknya hindari produk perawatan rambut yang mengandung silikon. Kandungan silikon pada shampo atau kondisioner ini memang bisa melembutkan dan menambah kilau, tapi tidak berlaku untuk rambut lepek. 

Karena rambut lepek cenderung berminyak, maka silikon yang ada pada produk perawatan ini hanya akan membuat minyak di rambut semakin berat dan membuatnya jadi lepek.

8. Gunakan Dry Shampoo

Penggunaan dry shampoo juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi rambut lepek. Cara agar rambut tidak lepek ini sangat efektif karena dry shampoo berfungsi untuk mengontrol kadar minyak yang ada dalam rambut. 

Selain itu, jika Anda tidak sempat keramas atau mencuci rambut, tentu dry shampoo adalah solusi paling praktis. Bukan hanya mudah digunakan, tapi juga lebih gampang dibawa kemana-mana. 

Saat butuh solusi cepat agar rambut bebas lepek dan bervolume seperti habis keramas, Anda bisa menggunakan Ellips Dry Shampoo. Formula Ellips Dry Shampoo bisa menyerap minyak di kepala dan membuat rambut bebas lepek seharian. 

Anda bisa mendapatkan produknya dengan mengunjungi laman Kino di sini! Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar rambut tidak mudah lepek. Coba terapkan cara-cara di atas untuk mendapatkan rambut lebih sehat dan bervolume. 

Jangan lupa juga untuk memperhatikan produk perawatan rambut yang digunakan agar hasilnya lebih maksimal. Anda bisa mulai menggunakan produk perawatan rambut dari Ellips yang bisa membantu mengatasi rambut lepek. Tunggu apalagi? Beli produk Ellips di Shopee sekarang!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi