22 January 2024

5 Tips Memilih Produk Sabun Bayi untuk Kulit Sensitif

Kulit bayi memang cenderung lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. Hal ini menyebabkan kulit bayi lebih mudah terdampak berbagai macam permasalahan kulit. 

Ada beberapa penyebab munculnya masalah pada kulit bayi yang sensitif. Misalnya, kesalahan ketika memilih produk perawatan kulit untuk si kecil. 

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang tua ialah tidak memperhatikan zat yang terkandung dalam produk perawatan. Lalu, menyepelekan pentingnya penggunaan produk yang khusus dibuat untuk bayi. 

Jadi, mulai saat ini orang tua harus mulai lebih cermat ketika memilih produk perawatan untuk kulit bayi yang sensitif. Jangan khawatir, dalam artikel ini Anda bisa mengetahui informasi soal cara merawat kulit bayi yang sensitif serta tips memilih produk perawatan yang benar. 

Yuk, baca sampai habis!

Cara Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

Dilansir dari Halodoc, terdapat beberapa masalah kulit yang cukup umum dialami bayi. Di antaranya adalah: 

  • ruam di daerah popok
  • biang keringat
  • eksim
  • ruam yang menonjol dan mengeluarkan cairan atau dermatitis atopik
  • kerak bersisik putih pada kepala bayi atau cradle cap

 

Maka dari itu, perawatan kulit bayi membutuhkan perhatian ekstra, terutama jika bayi memiliki kulit yang sensitif. Ciri bayi yang memiliki kulit sensitif ialah terdapat bintik merah atau ruam, tekstur terasa kering, dan muncul masalah kulit seperti eksim.

Cara merawat kulit bayi yang paling dasar adalah dengan memandikan menggunakan sabun khusus bayi. Pastikan bagian wajah, leher, dan tangan dibersihkan serta dikeringkan dengan baik. 

Gunakan air yang tidak terlalu hangat dan terlalu dingin, yaitu sekitar 37-38 derajat Celcius atau serupa dengan temperatur tubuh. 

Lalu, hindari memandikan bayi terlalu lama. Durasi mandi untuk bayi yang ideal adalah sekitar 10 menit. Memandikan bayi terlalu lama akan menghilangkan kelembaban alami kulit bayi sehingga kulit akan menjadi kering.

Untuk menghindari masalah kulit seperti biang keringat dan ruam, gunakan pakaian yang berbahan serat alami seperti katun yang lembut dan menyerap keringat. Hindari juga memilih baby detergent dengan kandungan bahan kimia.

Sebagai tips untuk Anda, dalam memilih deterjen untuk bayi sebisa mungkin plant based atau berbasis tanaman sehingga tidak meninggalkan residu pada pakaian

Hal itu bisa Anda temukan lewat produk dari Kino yaitu Sleek Baby Laundry Detergent, di mana produk ini terbuat dari Natural Plant Extract dan Free SLS sehingga bantu Anda untuk menghindari residu pada pakaian bayi dan mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi.

Anda juga bisa mengoleskan rangkaian produk bayi lainnya seperti lotion dan krim popok. Gunakan lotion khusus untuk bayi setelah mandi agar kulit si kecil terhidrasi dengan baik. 

Selain itu, pastikan untuk mengganti popok secara rutin. Anda juga dapat mengoleskan krim popok di area sekitar kulit yang bersentuhan dengan popok agar terhindar dari iritasi.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi Sensitif

Bayi yang memiliki kulit sensitif harus menggunakan produk perawatan yang diformulasikan khusus. Karena itu, Anda perlu lebih cermat ketika memilihnya.

Tak perlu bingung, simak dulu tips memilih produk untuk perawatan kulit bayi sensitif berikut ini!

  • Perhatikan Kandungannya

 

Hal utama yang perlu dilakukan ketika memilih produk perawatan untuk kulit bayi sensitif ialah memeriksa kandungannya. 

Pastikan jika produk tersebut tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya untuk bayi. Pilihlah produk dengan kandungan low hazard sehingga tidak akan memicu iritasi di kulit si kecil.

Selain itu, hindari produk yang mengandung SLS atau Sodium Laureth Sulfate. Kandungan ini merupakan pembuat busa yang dapat mengakibatkan iritasi dan kerusakan lapisan luar kulit bayi. 

  • Memiliki pH Seimbang

sleek-bottle-nipple

Disarankan untuk memilih sabun bayi yang diformulasikan dengan pH seimbang sehingga mendekati nilai pH kulit bayi. Produk yang memiliki formula pH seimbang biasanya tertera pH balanced dalam kemasannya. 

Untuk kulit bayi yang baru lahir biasanya pH kulitnya mengalami perubahan, dari pH netral ke pH 5,5 yang sedikit lebih asam. Jadi, pastikan untuk memilih produk yang kandungan pH cocok dengan si kecil, ya!

Anda bisa mencoba produk dari Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream. Produk ini mengandung antibacterial alami dengan pH 5,5 yang efektif mencegah iritasi dan mengatasi ruam popok.

Baca Juga : Sleek Baby Telon Oil, Efektif Meredakan Kembung pada Bayi

  • Hindari Kandungan Pewangi

sleek-baby-laundry

Kebanyakan produk perawatan kulit bayi mengandung bahan pewangi seperti wewangian bunga atau buah yang lembut dan menenangkan. Namun, perlu dipahami jika zat aditif pewangi ini dapat mengakibatkan kulit iritasi pada kulit bayi. 

Hal ini disebabkan kandungan pewangi dapat merusak lapisan lemak pada kulit dan mengurangi kelembaban. Biasanya bahan pewangi ditemukan di produk baby detergent yang tujuannya untuk memberikan aroma harum pada pakaian bayi. 

Supaya lebih aman, Anda bisa menggunakan baby detergent yang tak memiliki kandungan berbahaya untuk si kecil dari produk Sleek Baby Laundry Detergent. Produk ini telah lulus uji dermatologis dan mikrobiologi sehingga aman untuk kulit bayi dan efektif melindungi pakaian dari kuman.

  • Tidak Mengandung Alkohol

Kandungan alkohol seperti cetyl alcohol biasanya ditambahkan di produk-produk perawatan bayi. Serupa seperti bahan pewangi, kandungan alkohol juga dapat menyebabkan kulit iritasi pada bayi. 

Karena itu, sebaiknya pilih produk yang memang benar-benar free alcohol agar bisa mengurangi risiko si kecil terdampak iritasi kulit. 

  • Berlabel Hypoallergenic

sleek-baby-hair

Produk untuk bayi dengan kulit sensitif sebaiknya juga memiliki label hypoallergenic. Produk ini memiliki formula yang dapat menurunkan risiko penyebab alergi dan iritasi pada kulit bayi. 

Salah satu produk untuk bayi kulit sensitif yang berlabel hypoallergenic adalah Sleek Baby Hair & Body Liquid Soap. Sabun bayi ini mampu membunuh kuman berkat kandungan antibakteri alami yang sangat lembut sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif. 

Anda juga bisa menggunakan rangkaian produk dari Sleek Baby lainnya untuk merawat kulit buah hati Anda. 

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara memilih produk perawatan kulit bayi sensitif. Meski banyak yang perlu dipertimbangkan, Anda harus tetap cermat ketika memilih. Hal ini penting dilakukan agar kulit bayi terhindar dari permasalahan kulit seperti ruam dan iritasi.

Pantau terus efek samping dari penggunaan suatu produk. Jika muncul tanda kemerahan dan bentol pada kulit, segera hentikan penggunaan. Lakukan konsultasi ke dokter apabila ditandai dengan beberapa gejala lain seperti bayi yang tampak rewel dan gelisah.


Dapatkan beragam produk perawatan untuk bayi dengan kulit sensitif dari Kino, mulai dari baby detergent serta produk lainnya di Shopee dan Tokopedia.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi