26 February 2024

marshmallow berwarna putih dengan background warna kuning

Marshmallow: Sejarah, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Marshmallow adalah snack kenyal yang biasanya menjadi topping minuman dan makanan. Mulai dari pelengkap coklat panas hingga hiasan snack manis seperti kue kering. Snack marshmallow sendiri mudah kita jumpai di supermarket bahkan toko kecil terdekat. 

Selain rasanya yang enak, tampilannya yang menarik juga menjadi salah satu daya tarik dari makanan ringan ini. Namun, pernahkah Anda penasaran dengan sejarah dari makanan bertekstur lembut ini? Jika iya, yuk cari tahu dulu serba-serbi marshmallow mulai dari sejarah hingga cara membuatnya melalui artikel di bawah ini.

Simak sampai selesai, ya!

Sejarah Awal Mula Marshmallow 

Dikutip dari Times of India, marshmallow adalah makanan ringan yang memiliki tekstur seperti spons yang dibuat menggunakan 3 bahan yaitu gula, air, dan gelatin. Marshmallow sendiri mendapatkan namanya dari sebuah tumbuhan yaitu mallow plant atau althaea offocinalis. Tanaman ini tumbuh di Eropa, Asia, dan Afrika Utara. 

Marshmallow mulai populer di Perancis pada tahun 1800-an, ia dikenal juga dengan sebutan Pate de Guimauve. Pada saat itu, marshmallow adalah makanan ringan semacam permen yang dibuat dengan cara mengocok putih telur, gula, dan air serta sari akar kering dari tanaman mallow. 

Pada awalnya butuh waktu maksimal hingga 2 hari untuk pembuatan marshmallow, oleh karena itu pembuat marshmallow di Perancis memutuskan untuk memasukkan gelatin pada resepnya. 

Pada tahun 1900-an pembuatan marshmallow dengan cetakan mulai diperkenalkan dan menciptakan produksi massal marshmallow yang dimulai di Amerika Serikat. 

Ligonier, Noble County, Indiana ditetapkan sebagai ibu kota marshmallow dunia. Bahkan, setiap 30 Agustus di Amerika diperingati sebagai National Toasted Marshmallow Day atau Hari Marshmallow Panggang Nasional. 

Manfaat Marshmallow

Melansir Verywellfit, marshmallow adalah processed food yang sebenarnya manfaatnya tidak terlalu banyak untuk kesehatan. 

Namun, bukan berarti marshmallow tidak memberikan Anda manfaat apapun. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat konsumsi marshmallow Anda lebih bermanfaat. 

Snack marshmallow adalah cemilan dengan kalori rendah dan hampir tidak memiliki lemak. Saat diet, Anda cenderung menginginkan makanan manis, hal ini sering kali menjadi bumerang dan bisa menggagalkan diet.

Untuk memuaskan rasa 'ingin mengonsumsi makanan manis' itu, Anda bisa menggunakan snack marshmallow sebagai alternatif cemilan. Contoh lainnya, menambahkan snack marshmallow di beberapa makanan sehat akan membantu Anda untuk lebih mudah mengonsumsi makanan sehat tersebut.

Misalnya menambahkan marshmallow pada ubi manis, ini akan membantu Anda lebih mudah menghabiskan ubi manis karena bantuan rasa dari marshmallow. Marshmallow juga merupakan makanan ringan yang gluten-free, sehingga bagi Anda yang memiliki gluten-intolerant, snack marshmallow adalah pilihan cemilan yang tepat. 

Jika Anda mencari snack marshmallow yang terjamin rasanya dan mudah didapatkan, Snack It Marshmallow bisa menjadi pilihan! Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di e-commerce resmi Kino, ya. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak mengonsumsi snack marshmallow secara berlebihan. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika Anda gluten-intolerant, ada baiknya untuk membuatnya sendiri di rumah dengan disesuaikan bahan-bahannya.

Cara Mudah Membuat Marshmallow

Untuk membuat marshmallow, Anda tidak perlu bahan-bahan yang mahal dan alat khusus. Jika diperhatikan dengan saksama, bukan hal sulit untuk membuat marshmallow di rumah.

Agar tidak salah, yuk perhatikan langkah-langkah berikut untuk membuat marshmallow di rumah:

1. Siapkan Bahan-bahannya

Untuk membuat marshmallow, Anda hanya memerlukan sedikit bahan yaitu:

  • Bahan 1: 1/2 cup air panas dan 2 sdm gelatin bubuk;
  • Bahan 2: 250 gr gula pasir, 1/2 cup air, 1 sendok teh ekstrak vanila, dan tepung maizena.

Pada beberapa cara lain, ada juga yang menggunakan corn syrup sebagai pengganti ekstrak vanila, Anda bisa menyesuaikan dengan bahan yang ada. 

2. Siapkan Alat yang Digunakan

Alat-alat yang akan digunakan untuk membuat marshmallow adalah sebagai berikut:

  • Mangkuk kecil
  • Whisk atau Pengaduk 
  • Panci ukuran sedang
  • Mangkuk ukuran besar
  • Mixer 
  • Loyang 
  • Spatula
  • Talenan
  • Pisau 

3. Mulai Buat Marshmallow

Agar berhasil, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk membuat snack marshmallow:

  1. Campurkan Bahan 1 (1/2 cup air panas dan gelatin bubuk) ke dalam mangkok dengan ukuran lebih kecil, aduk, dan diamkan. Sisihkan dulu bahan A selama 10 menit. 
  2. Masukkan gula pasir dan air ke dalam panci ukuran sedang, dan masak di atas api sedang. Aduk hingga larut dan mulai mengental. 
  3. Kecilkan api dan masukkan Bahan A yang tadi sudah didiamkan dengan diaduk terlebih dahulu. 
  4. Aduk-aduk selama kurang lebih dua menit hingga adonan mengental dan angkat. 
  5. Tuang adonan tersebut ke dalam mangkuk ukuran besar, diamkan sebentar sampai tidak terlalu panas. 
  6. Kocok adonan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai adonan berubah warna menjadi putih bersih dan terlihat mengembang.
  7. Tambahkan ekstrak vanilla dan kocok kembali hingga merata. 
  8. Tuang adonan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah ditaburi tepung maizena secukupnya. Ratakan lalu diamkan selama 4-6 jam.
  9. Keluarkan marshmallow dan letakkan di talenan yang sudah ditaburi tepung maizena secukupnya, lalu potong sesuai selera. 
  10. Anda bisa menikmatinya dengan menambahkan taburan gula halus di atasnya atau topping lain. 

4.  Perhatikan Penyimpanan

Verywellfit mengatakan bahwa snack marshmallow sebenarnya sangat tahan lama, tapi bukan berarti tidak bisa basi. Jika Anda menyimpannya di kantong plastik yang bisa ditutup rapat, marshmallow bisa bertahan hingga 4 bulan. 

Anda juga bisa menyimpannya di wadah yang tertutup dan kedap udara. Banyak yang mengira bahwa menyimpan marshmallow di dalam kulkas bisa membuatnya lebih tahan lama. 

Namun, cara ini akan membuat marshmallow menempel satu sama lain. Jika ingin menyimpannya dalam kulkas, bisa simpan di wadah kedap udara dengan ditaburi gula halus agar tidak menempel dan tetap kenyal saat dimakan. 

Setelah jadi, Anda bisa menikmati snack marshmallow buatan sendiri! Nah, itu dia serba-serbi snack marshmallow yang perlu kamu ketahui! Tertarik untuk recook resepnya?

Atau jika Anda menginginkan hal yang lebih praktis untuk cemilan, Anda bisa membeli saja Snack It Marshmallow yang tersedia dengan berbagai pilihan rasa. Selain lezat, Snack It Marshmallow yang tersedia dalam beberapa pilihan rasa ini mudah didapatkan di mana saja, lho! 

Salah satunya bisa Anda dapatkan melalui Tokopedia Kino berikut ini! Jangan sampai kehabisan, ya!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi