31 March 2024

wanita sedang menahan rasa nyeri di perut berbaring di tempat tidur

9 Cara Meredakan Nyeri Haid yang Aman, Wajib Tahu!

Pada beberapa wanita, rasa nyeri akibat kontraksi ini kerap kali tidak tertahankan dan mengganggu aktivitas. Meski demikian, ada beberapa cara meredakan nyeri haid yang efektif dan aman untuk dicoba. 

Ketika sedang menstruasi, otot pada bagian rahim sering mengalami kontraksi yang berujung pada munculnya rasa nyeri dan kram.

Berolahraga ringan, mengompres area perut, memenuhi asupan cairan tubuh, dan konsumsi suplemen atau obat pereda nyeri dapat menjadi cara meredakan nyeri haid yang aman. 

Simak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meringankan nyeri menstruasi pada ulasan berikut ini.

Cara Meredakan Nyeri Haid yang Aman dan Efektif

Nyeri menstruasi umumnya muncul pada hari pertama hingga ketiga saat periode haid, meski kondisi ini tidak selalu dialami oleh setiap wanita. 

Namun, jika Anda adalah salah satu yang mengalami nyeri ketika menstruasi, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk membantu meredakan nyeri haidmu.

1. Kompres air hangat

Apabila kram menstruasi yang Anda alami terasa sangat menyakitkan, cobalah untuk mengompres perut dengan menggunakan air hangat. 

Gunakan botol panas yang telah dibalut dengan kain atau handuk. Sebaiknya Anda tidak langsung menyentuhkan botol panas ke atas perut karena dapat menyebabkan luka terbakar. 

Suhu panas dari botol dapat membantu membuat otot rahim menjadi lebih rileks sehingga rasa nyeri saat haid dapat berkurang. Lakukan secara berulang hingga rasa sakit mereda sepenuhnya. 

Selain botol berisi air hangat, Anda juga dapat menggunakan bantal hangat sebagai kompres. 

2. Banyak minum air putih

Selain itu, Anda juga dapat meredakan nyeri saat haid dengan memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh. 

Sebab, kram yang terjadi ketika menstruasi mungkin saja terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Pastikan Anda minum setidaknya sebanyak 2 liter setiap hari. 

Jika memang perlu, Anda dapat membuat minuman sehat seperti jus buah tanpa menggunakan gula, lemon atau jahe hangat. Selain menyegarkan, minuman tersebut juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman saat haid karena sifat menenangkan di dalamnya.

3. Olahraga ringan

Cara meredakan nyeri haid berikutnya adalah melakukan olahraga ringan. Saat nyeri menstruasi datang, tak sedikit wanita yang memilih untuk tidur atau berdiam di rumah. 

Namun, olahraga ringan seperti yoga atau sekadar jalan di pagi hari dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang berperan aktif sebagai agen pereda rasa nyeri. Jika dilakukan secara rutin, nyeri haid tak lagi menjadi sesuatu yang mengganggu aktivitas sehari-hari. 

4. Kendalikan stres

Nyeri menstruasi yang terjadi bisa menjadi lebih buruk jika Anda memiliki pikiran yang tidak karuan, misalnya karena stres berlebihan. Inilah mengapa, mengendalikan stres juga menjadi cara meredakan nyeri haid yang aman dan efektif untuk Anda coba lakukan. 

Contohnya, melakukan berbagai aktivitas yang Anda sukai seperti memasak, mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, pergi belanja, atau sekadar meditasi ringan untuk membantu relaksasi tubuh dan pikiran. Tak hanya itu, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan teknik pernapasan.

Caranya, tarik napas sedalam mungkin, lalu hembuskan secara perlahan. Beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa teknik satu ini cukup efektif digunakan untuk mengurangi beban pikiran dan stres berlebihan. 

5. Konsumsi suplemen

Beberapa jenis vitamin ternyata dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, seperti vitamin B1, B6, D, dan E. Anda bisa mendapatkan vitamin tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat, sayur, dan buah. 

Akan tetapi, agar kebutuhan hariannya tercukupi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen ekstra. 

6. Menjaga pola makan

Selain mencukupi kebutuhan cairan, cara meredakan nyeri haid juga termasuk menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan sehat. Asupan makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 disinyalir dapat membantu meringankan rasa nyeri yang muncul saat haid.

Sementara itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi jenis makanan yang mengandung garam, gula, dan lemak jahat secara berlebihan. Selain itu, batasi pula asupan cokelat, soda, dan minuman yang mengandung kafein karena dapat membuat kram pada perut menjadi lebih buruk. 

7. Tidak merokok

Merokok menjadi salah satu kebiasaan buruk yang harus Anda hindari. Sebab, aktivitas ini tidak membawa manfaat untuk tubuh. Sebaliknya, Anda akan berisiko mengalami banyak masalah kesehatan jika tidak berhenti merokok.

Selain dapat memicu kanker, penyakit jantung, paru, dan gangguan kehamilan, merokok juga dapat mengakibatkan terbatasnya asupan oksigen yang menuju area panggul. Hal inilah yang menyebabkan Anda merasa nyeri ketika sedang haid. 

8. Akupuntur

Melakukan pengobatan alternatif seperti akupuntur juga bisa Anda coba untuk membantu mengurangi nyeri dan kram saat haid. Selain merangsang tubuh untuk melepas hormon endorfin, metode pengobatan tradisional ini juga membantu meringankan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. 

Akan tetapi, pastikan untuk melakukan pengobatan ini hanya melalui terapis yang ahli di bidangnya. Pasalnya, cara meredakan nyeri haid ini tidak bisa Anda lakukan seorang diri dan tidak pula bisa dilakukan oleh sembarang orang. 

9. Konsumsi obat pereda nyeri

Selain melakukan pengobatan tradisional, Anda juga dapat meringankan nyeri haid dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen yang dijual bebas di pasaran. 

Namun, pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan petunjuk pada kemasan atau anjuran dari petugas apotek. 

Demikian tadi beberapa cara meredakan nyeri haid yang aman dan efektif yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Selain obat pereda nyeri, Anda juga bisa mencoba memakai Q-Life Menstrual Care untuk meringankan rasa sakit dan tidak nyaman ketika menstruasi.

Q-Life Menstrual Care merupakan plester kompres hangat yang memiliki kandungan karbon aktif yang dapat menstimulasi rasa hangat sehingga efektif untuk menenangkan otot yang kaku dan rasa nyeri ketika haid.

Produk kompres ini hadir dalam bentuk yang luas dan mengikuti lekuk tubuh serta  praktis digunakan. Produk yang dapat menghasilkan hangat hingga 12 jam ini dapat dikenakan saat kita melakukan kegiatan sehari-hari karena cukup ditempelkan di atas pakaian dalammu.

Kamu bisa mendapatkan produk ini secara langsung di gerai minimarket atau apotek terdekat atau belanja secara online di Kino Official Store di Tokopedia.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi