26 March 2024

3 Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi, Mana yang Paling Baik?

Membersihkan dan mensterilkan botol susu bayi tidak boleh asal-asalan. Harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menjadi sarang bakteri yang bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan si kecil. 

Berikut ini adalah tips dan metode sterilisasi yang bisa Anda gunakan saat membersihkan botol susu bayi. Simak informasi selengkapnya di sini!

Risiko Botol Susu yang Tidak Bersih bagi Bayi

Sekilas mencuci botol susu bayi terlihat seperti pekerjaan yang mudah dan remeh. Padahal saat membersihkannya, Anda perlu ekstra hati-hati mengingat sistem imun tubuh si kecil masih rentan.

Kalau tidak dibersihkan dengan tepat, kuman bisa tertinggal lalu menginfeksi si kecil dan membuatnya jatuh sakit. Contohnya muntah-muntah, diare hingga infeksi usus.

Terlebih kalau bayi Anda berusia kurang dari 2 bulan, lahir prematur, atau memiliki imunitas yang lebih lemah. Nah, supaya hal buruk tidak menimpa si kecil, mari perhatikan cara membersihkan botol susu bayi yang tepat.

Tips dan Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Anda bisa membersihkan botol susu bayi dengan dua cara, baik secara manual maupun menggunakan dishwasher. Meski begitu, tetap perhatikan 10 tips dan cara membersihkan botol susu bayi berikut ini. 

1. Pastikan Tangan Sudah Bersih

Sebelum mulai membersihkan botol susu bayi, cuci dulu tangan Anda dengan sabun dan air mengalir untuk memastikan tangan bersih. Jangan memulai dengan tangan kotor karena berisiko meninggalkan residu dan kontaminan meski botol sudah dicuci. 

2. Lepaskan Semua Komponen Botol Susu Bayi

Selanjutnya, lepas semua komponen botol sebelum mencucinya. Mulai dari penutup, dot, kap botol, regulator, hingga botolnya. 

Tujuannya agar tidak ada komponen yang terlewat dan menyisakan kotoran di bagian-bagian tertentu yang bisa menjadi tempat kuman untuk berkembang biak. 

3. Rendam Dalam Air Hangat dan Sabun

Kemudian rendam semua komponen botol susu bayi di dalam campuran air hangat dan sabun di dalam baskom. Hindari meletakkannya di wastafel untuk mengurangi risiko kontaminasi kuman yang ada di sekitarnya.

4. Gunakan Sabun Khusus untuk Mencuci Botol Susu Bayi

Saat mencuci botol susu bayi, gunakan sabun khusus untuk membersihkan botol susu dan peralatan bayi dengan formula food grade tidak terlalu banyak menghasilkan busa. 

Seperti Sleek Baby Bottle Nipple Cleanser yang 100%  food grade dan bebas pewangi sehingga dijamin aman untuk bayi. Selain itu, stain removal formulanya mampu menghilangkan sisa lemak susu dan bau amis yang menempel di botol susu.

5. Gunakan Sikat dan Spons Khusus

Siapkan sikat dan spons khusus untuk mencuci botol susu dan peralatan bayi. Jangan menggunakan spons yang biasa dipakai untuk mencuci peralatan rumah tangga lainnya agar botol susu tidak terkontaminasi kuman atau bakteri dari sisa mencuci.

Mulai bersihkan botol dengan spons lalu lanjutkan dengan sikat untuk memastikan semua bagian terjangkau dan tidak ada yang terlewat.

6. Jangan Bersihkan Botol Susu Bayi Bersama Peralatan Lain

Selanjutnya, hindari mencuci botol susu bayi bersamaan dengan peralatan dapur lainnya. Ini demi menghindari sisa-sisa kotoran makanan menempel dan berbaur dengan botol susu bayi.

7. Bilas dengan Air Mengalir

Setelah semua komponen selesai dibersihkan, bilas dengan air mengalir sampai bersih dan tidak ada sisa-sisa sabun yang tertinggal. Pada tahap ini, cukup gunakan air biasa, tidak perlu air hangat, karena akan dilanjutkan dengan proses sterilisasi. 

8. Lanjutkan dengan Sterilisasi

Ada beberapa cara mensterilkan botol susu bayi yang bisa Anda pilih. Mulai dari merebusnya dalam air mendidih, menggunakan microwave, maupun memanfaatkan sterilizer. 

Perihal mana pilihan yang terbaik, ikuti petunjuk manual produk karena setiap produk bisa memiliki instruksi yang berbeda-beda.

9. Keringkan Setiap Bagian

Botol susu yang sudah selesai dibersihkan harus segera dikeringkan dengan lap bersih atau tisu untuk menghindari munculnya jamur. Pastikan semua komponen botol susu bayi sudah kering sebelum disimpan. 

10. Simpan Botol Susu Bayi di Tempat yang Bersih

Terakhir, kumpulkan dan rakit kembali semua komponen botol susu si kecil yang sudah bersih dan kering. Kemudian simpan di tempat yang kering, bersih, dan terlindung dari debu.

Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi

Setelah mengetahui tips dan cara membersihkan botol susu bayi yang benar, mari cari tahu soal metode sterilisasi yang bisa Anda lakukan. Berikut informasi selengkapnya!

1. Sterilisasi dengan Merebus

Metode sterilisasi dengan cara merebus botol susu bayi dalam air mendidih adalah yang paling sederhana, tapi ampuh membunuh kuman dan bakteri berbahaya.

Caranya mudah, Anda hanya perlu memasukkan botol susu yang sudah dicuci sebelumnya ke dalam panci berisi air. Pastikan semua bagian terendam. Lalu nyalakan api dan rebus sampai mendidih sekitar lima menit. Kemudian angkat botol dengan penjepit dan segera keringkan.

2. Sterilisasi dengan Microwave

Selain untuk memanaskan makanan, ternyata microwave juga bisa Anda manfaatkan untuk mensterilkan botol susu si kecil. Caranya sederhana, masukkan semua komponen botol dalam wadah berisi air, pastikan terendam, lalu atur waktu sekitar 1-1,5 menit. Kalau sudah selesai, gunakan sarung tangan atau penjepit untuk mengeluarkannya. 

Kemudian buang sisa air dan keringkan botol susu si kecil dengan lap kering atau tisu.

3. Sterilisasi dengan Sterilizer

Terakhir, Anda bisa menggunakan sterilizer yang kini banyak ditemukan di toko-toko peralatan bayi. Modelnya pun beragam, ada yang menggunakan uap, elektrik, maupun sinar UV. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan botol yang sudah dicuci ke dalamnya dan tunggu sampai selesai.

Selain untuk mensterilkan botol susu, peralatan yang satu ini bisa juga digunakan untuk mensterilkan mainan atau aksesoris perlengkapan bayi lainnya, seperti pompa ASI dan teether.

Terlepas dari cara mensterilkan botol susu bayi yang Anda pilih, Sleek Baby Bottle Nipple Cleanser tetap menjadi pilihan pembersih botol susu dan peralatan makan terbaik untuk si kecil. 

Segera dapatkan di minimarket terdekat atau melalui KINO Official Store di Tokopedia dan Shopee.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi