07 January 2024

wanita sedang mengalami masalah jerawat. tangan kanannya memegangi wajahnya

10 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mudah dan Efektif

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang paling umum terjadi, terutama bagi remaja. Meski jerawat akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, jerawat dapat menurunkan rasa percaya diri.

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang mudah untuk dilakukan. Ayo baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahuinya.

Sebagian besar kulit kulit kita memiliki kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak atau sebum yang akan dikeluarkan melalui pori-pori. Minyak dan sebum yang berlebih akan menyumbat pori-pori yang akan menjadi sarang pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

Ketika bakteri ini muncul, sel darah putih akan menyerang sehingga menyebabkan peradangan yang akan menjadi jerawat. Reaksi sel darah putih ini juga yang menjadi penyebab timbulnya komedo.

Cara Menghilangkan Jerawat

Terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat dan mencegahnya muncul kembali. Mulai dari menjaga kebersihan tubuh, pemanfaatan bahan-bahan alami, hingga penerapan pola hidup sehat. 

Selain itu, Anda juga dapat memilih produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif atau bahan alami yang terbukti mampu mengatasi masalah jerawat. Berikut informasi selengkapnya mengenai cara menghilangkan jerawat.

 

  • Hindari Kebiasaan Menyentuh Jerawat

Saat muncul jerawat, muncul insting ingin menyentuh dan memencet jerawat dengan tangan.

Faktanya, menyentuh jerawat akan mengiritasi kulit dan memperparah jerawat. Dengan menyentuh atau memencet jerawat, bakteri yang ada di tangan akan tertransfer ke kulit dan membuat jerawat menyebar atau bertambah parah. 

Serta akan meninggalkan bekas jerawat yang cukup sulit hilang.

 

  • Minum Banyak Air

Minum air yang cukup merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat dengan mudah yang paling penting. Ketika kita kekurangan cairan, kulit akan menjadi kering dan lebih mudah rusak dan teriritasi. 

Pastikan minum 2,5 liter atau setara dengan 8-9 gelas setiap harinya. Menjaga asupan cairan tubuh bermanfaat untuk perkembangan sel-sel kulit baru dan mempercepat proses penyembuhan luka.

 

  • Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Terdapat beberapa faktor penyebab jerawat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jerawat muncul akibat kelebihan produksi minyak dan sebum yang menyumbat pori-pori. 

Dilansir dari Halodoc, terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa terdapat kaitan makanan yang dikonsumsi dengan munculnya jerawat.

Hindari makanan yang mengandung banyak lemak serta makanan yang mendorong produksi insulin berlebih. Berikut merupakan makanan yang sebaiknya dihindari:

  • Susu dan produk olahannya
  • Makanan cepat saji dan produk olahan seperti nugget, sosis, dan kentang goreng
  • Coklat
  • Minuman mengandung alkohol
  • Karbohidrat olahan seperti roti dari tepung putih, nasi putih, bihun, dan pasta dari tepung putih
  • Makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi seperti minuman bersoda

 

  • Mengompres Dengan Es Batu

Untuk mengurangi peradangan pada jerawat, Anda dapat mengompresnya dengan es batu. Ambil es batu lalu tempelkan di bagian wajah yang berjerawat selama 1 menit. 

Hal ini akan membantu meredakan kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

 

  • Masker Wajah dengan Bahan-Bahan Alami

Selain meredakan peradangan dengan es batu, Anda juga bisa menggunakan masker dari bahan-bahan alami. Masker yang terbuat dari timun, putih telur, tomat, atau alpukat akan memberikan sensasi sejuk dan menenangkan kulit.

Sedangkan masker madu atau cuka apel dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat. Penggunaan masker dari bahan alami juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat.

 

  • Mengkonsumsi Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi peradangan akibat jerawat. 

Disarankan untuk mengkonsumsi 1.500 gram ekstrak teh hijau setiap hari selama 4 minggu untuk mendapatkan hasilnya.

 

  • Rutin Mengganti Sarung Bantal dan Sprei

Sarung bantal yang jarang diganti merupakan salah satu penyebab jerawat yang tidak terlalu diperhatikan. 

Padahal, sarung bantal yang kotor akan bersentuhan langsung dengan wajah. Pastikan mengganti sarung bantal dan sprei satu kali dalam seminggu. 

Khusus untuk sarung bantal dianjurkan untuk diganti dua hari sekali untuk mencegah permasalah kulit seperti jerawat.

 

  • Melakukan Perawatan Wajah yang Cocok untuk Wajah Berjerawat

cara-menghilangkan-jerawat

Untuk menjaga kebersihan wajah, disarankan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari. Selain itu, lakukan perawatan wajah dengan rangkaian produk skincare yang mampu menghidrasi kulit dengan baik seperti toner, moisturizer, dan tabir surya yang berbahan dasar air bukannya minyak.  

Kandungan perawatan kulit yang baik untuk wajah berjerawat adalah bahan aktif seperti Salicylic Acid. Salicylic Acid memiliki beberapa manfaat bagi kulit diantaranya adalah mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo, dan mengatasi jerawat. 

Salah satu produk skincare yang mengandung bahan Salicylic Acid adalah Ristra Acne Spot Drying Treatment. Selain Salicylic Acid, obat jerawat ini juga mengandung bahan aktif lainnya seperti Calamine, Champor, Sulfur, dan Zinc Oxide

Hasil penggunaannya akan langsung terlihat setelah delapan jam pemakaian. 100% kemerahan akan menghilang dan 73% jerawat akan berkurang dalam 3 hari pemakaian.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Oleskan produk Ristra Acne Spot Drying Treatment ke bagian wajah yang berjerawat menggunakan cotton bud sebelum tidur lalu biarkan semalaman. Di pagi hari, peradangan dan kemerahan pada jerawat akan mereda.

 

  • Perawatan Menggunakan Tea Tree Oil

Selain Salicylic Acid, tea tree oil dikenal baik untuk membantu mengurangi kemerahan pada jerawat. Anda bisa menggunakan minyak esensial tea tree oil yang sudah diencerkan ke bagian kulit yang berjerawat. Tea tree oil juga dapat membantu mengurangi iritasi yang disebabkan kulit kering.

Selain menggunakan tea tree oil dalam bentuk minyak esensial yang telah diencerkan, saat ini sudah banyak skincare yang memasukan tea tree oil ke dalam kandungnya sebagai formula untuk mengatasi jerawat.

 

  • Mengelola Stres

Cara menghilangkan jerawat yang tidak kalah penting adalah mengelola stres dengan baik. Stres dapat meningkatkan produksi hormon androgen yang merangsang folikel rambut dan kelenjar minyak di pori-pori sehingga menyebabkan jerawat.

Pastikan tidur dengan cukup, makan makanan sehat, berolahraga, hindari minuman berkafein dan beralkohol, dan lakukan aktivitas yang menenangkan seperti meditasi dan melakukan hobi.

Menghilangkan jerawat pada wajah bisa menjadi proses yang cukup melelahkan. Jerawat juga dapat menyebabkan rasa kurang percaya diri terhadap penampilan. Untuk itu, Anda dapat menerapkan beberapa cara menghilangkan jerawat di atas. 

Selain menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, Anda juga bisa menggunakan obat penghilang jerawat seperti Ristra Acne Spot yang dapat membantu meredakan jerawat dalam kurun waktu delapan jam.

Temukan berbagai macam produk perawatan wajah dari Ristra di Shopee, Lazada, dan Tokopedia

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi