31 January 2024

Seorang pengendara sepeda melintasi jalan kota yang basah akibat hujan deras

Ini 9 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tetap Fit

Musim hujan menandakan dimulainya cuaca yang lebih dingin. Meskipun membawa kelegaan yang sangat dibutuhkan dari panas teriknya mentari, musim hujan juga dapat membawa penyakit seperti pilek, batuk, flu, alergi, demam berdarah, dan leptospirosis. Untuk itu, Anda perlu mengantisipasinya dengan menerapkan tips menjaga kesehatan di Musim Hujan.  

Dengan semua perubahan cuaca, penting untuk tetap aman dan sehat. Anda dan keluarga Anda harus melakukan tindakan pencegahan sederhana agar tetap dalam kondisi fisik yang baik dan dapat menikmati musim hujan. Simak selengkapnya di sini! 

Apa Aja Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan? Cek di Sini! 

Mau tetap fit kala musim hujan tiba? Tenang. Kami akan memberikan 9 tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa membantu Anda dan keluarga tetap fit serta terhindar dari berbagai penyakit.

  • Makanlah Makanan yang Sehat

Menjaga pola makan yang sehat adalah suatu keharusan selama musim hujan. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh membantu tubuh Anda untuk membangun daya tahan tubuh dan melawan penyakit. 

Perencanaan menu makan yang tepat dapat membantu Anda tetap berpegang pada pola makan yang bisa menunjang kesehatan. Saat makan di luar, Anda masih dapat tetap bergantung pada kebiasaan makan sehat dengan memilih restoran yang menawarkan pilihan makanan yang lebih baik. 

  • Cuci Tangan Secara Teratur

Jika Anda ingin memberikan tips kesehatan praktis untuk kesehatan di musim hujan, tekankan pentingnya mencuci tangan dengan benar dan melakukannya secara konsisten. 

Perlu Anda pahami bahwa mencuci tangan secara teratur merupakan langkah pertama untuk mencegah penyakit seperti diare dan demam berdarah lebih aktif selama musim hujan. 

  • Lindungi Rumah dari Nyamuk

Demam berdarah dan malaria adalah penyakit yang umum terjadi selama musim hujan karena nyamuk berkembang biak selama musim hujan. Pastikan untuk menjaga kebersihan lingkungan Anda.

Memeriksa genangan air dan memeriksa pot tanaman, selokan, atau semak-semak Anda adalah beberapa tips kesehatan di musim hujan yang harus Anda lakukan. Hal ini akan mencegah nyamuk membuat tempat berkembang biak. Anda bisa menggunakan obat nyamuk yang bisa dibeli di toko-toko atau memilih yang alami seperti lavender atau sereh wangi. 

  • Cegah Mengarungi Daerah Banjir

Anda harus waspada terhadap leptospirosis saat hujan. Bakteri penyebab leptospirosis berasal dari urin hewan yang terinfeksi yang masuk ke dalam lumpur atau air banjir akibat hujan deras. 

Gejala leptospirosis meliputi demam tinggi, menggigil, nyeri otot, muntah, sakit kepala, atau diare. Jika mengarungi daerah banjir tidak dapat dicegah, di antara tips kesehatan untuk musim hujan yang dapat Anda ikuti adalah membawa sepasang sepatu hujan atau sepatu bot yang dapat memberikan perlindungan tambahan. 

  • Jagalah Diri Anda agar Tetap Kering

Salah satu tips kesehatan yang umum dilakukan saat musim hujan adalah menjaga diri Anda tetap kering dan bersih untuk mencegah menderita pilek, batuk, demam, atau flu. Bawalah payung dan jas hujan di dalam tas Anda untuk melindungi diri Anda dari basah kuyup karena hujan. 

Mengenakan sepatu bot juga disarankan untuk menghindari kontak dengan virus dan kuman penyebab penyakit yang banyak ditemukan di daerah yang tergenang air hujan. 

  • Dapatkan Vaksinasi Virus Influenza

Orang yang berusia setidaknya enam bulan ke atas harus menerima dosis tahunan vaksin flu. Mendapatkan vaksinasi terhadap virus influenza adalah salah satu tips kesehatan terbaik untuk musim hujan yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga Anda dari penularan.

  • Berolahragalah di Dalam Ruangan

Musim hujan seharusnya tidak menghalangi Anda untuk tetap bugar dan sehat. Karena olahraga di luar ruangan mungkin bukan pilihan terbaik selama bulan-bulan basah, Anda bisa mencoba olahraga di dalam ruangan yang dapat membantu Anda merasa lebih baik dan tetap aktif dan sehat.

Olahraga di dalam ruangan bisa dilakukan di mana pun Anda berada, bahkan saat bepergian. Anda bisa memilih akomodasi yang menawarkan paket kesehatan jika Anda bepergian selama musim hujan sebagai alternatif. 

  • Perbanyak Asupan Cairan

Hal ini akan membantu membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri. Meningkatkan asupan air juga membantu menjauhkan batuk dan pilek. 

Salah satu tips kesehatan di musim hujan yang harus selalu Anda ingat adalah memastikan bahwa air yang Anda minum aman. Anda juga dapat minum teh dan jus yang kaya nutrisi untuk menghindari dehidrasi dan mengurangi sakit tenggorokan.

Baca Juga : Minuman Cincau Asli dan Biji Selasih yang Menyehatkan

  • Konsumsi Multivitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk mempertahankan diri dari penyakit. Makanlah makanan sehat dan konsumsi multivitamin untuk melengkapi diet Anda. 

Selanjutnya, suplemen vitamin yang mengandung Vitamin C atau Zinc baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dikenal efektif melawan infeksi.

Salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di musim hujan ialah vitamin C, vitamin tersebut bisa Anda dapatkan dalam bentuk minuman kemasan. Salah satunya Cap Panda Liang Teh

Pentingnya Konsumsi Liang Teh sebagai Salah Satu Tips Merawat Kesehatan di Musim Hujan 

liang-teh

Liang Teh merupakan jenis minuman dari bahan herbal seperti daun pandan (Pandanus amaryllifolius) dan jahe merah (Zingiber Officinale), serta akar-akaran lainnya yang mana akan ada sedikit perbedaan bergantung pada peraciknya. 

Liang teh ini sendiri dianggap bebas dari kafein dan kaya vitamin C sehingga berperan penting dalam mengoptimalkan kekebalan tubuh apalagi saat musim hujan. 

Selain itu, faktanya, minuman liang teh merupakan minuman tradisional yang telah turun temurun dipercaya dapat menjaga kesehatan yaitu menghindarkan panas dalam, penuaan, serta serangan penyakit degeneratif seperti hipertensi dan diabetes. 

Liang teh kini bisa dengan mudah Anda dapatkan dalam bentuk kemasan sehingga lebih praktis untuk mengkonsumsinya. Salah satunya dihadirkan oleh Kino melalui Cap Panda Varian Liang Teh. Minuman dengan kandungan herbal alami sehingga aman untuk dikonsumsi seluruh keluarga dan dapat menyehatkan tubuh Anda.

Sebagai salah satu tips merawat kesehatan di musim hujan, minuman yang satu ini bisa menjadi pilihan. Dapatkan beragam produk dari kino untuk membantu menjaga kesehatanmu di musim hujan di Shopee dan Tokopedia.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy