17 May 2024

5 Keuntungan Belanja Online yang Harus Diketahui

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, penggunaan e-commerce atau platform belanja online lainnya semakin diminati oleh masyarakat.

Meningkatnya transaksi belanja online juga tidak luput dari perkembangan teknologi terutama internet yang sangat sangat signifikan.

Kemajuan teknologi ini menghadirkan banyak manfaat salah satunya adalah berbelanja secara online tanpa harus ke toko fisik secara langsung.

Untuk mengetahui keuntungan belanja online, simak artikel ini sampai habis!

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kompetisi bisnis di era digital, tersedia banyak platform belanja online yang dapat Anda pilih.

Mulai dari e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia, website resmi brand terkenal, hingga media sosial. Anda hanya memerlukan gawai seperti ponsel pintar, tablet, atau laptop serta koneksi internet yang memadai untuk belanja online.

Selain gawai dan koneksi internet, sangat dianjurkan untuk terhubung dengan layanan m-banking atau memiliki akun bank digital guna memudahkan transaksi.

Tapi jangan khawatir karena saat ini sudah banyak e-commerce yang menyediakan pilihan pembayaran cash on delivery (COD) serta pembayaran via ATM atau minimarket terdekat.

Berbagai macam barang dan kebutuhan dapat Anda temukan di platform belanja online. Mulai dari elektronik, kebutuhan sehari seperti makanan, minuman, produk kebersihan, hingga berbagai macam barang yang sulit ditemukan di toko offline.

Keuntungan Belanja Online

Terdapat beberapa keuntungan berbelanja online dibandingkan berbelanja secara langsung datang ke toko.

Keuntungan ini dinilai berdasarkan sisi efektifitas serta nilai ekonomis yang dapat kita peroleh. Berikut ini adalah lima keuntungan belanja online.

  1. Menghemat Waktu

    Keuntungan yang paling diandalkan dari belanja online adalah efisiensi waktu dan tenaga. Anda tidak perlu repot-repot mendatangi toko offline di tengah-tengah kesibukan Anda.

    Berbeda dengan berbelanja offline, berbelanja secara online tidak perlu mengkhawatirkan jam operasional toko karena toko akan buka selama 24 jam penuh.

    Anda bisa membeli barang yang dibutuhkan kapan saja dan di mana saja melalui gawai yang Anda miliki. Setelah kita memilih barang yang akan dibeli, pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi di ponsel pintar sehingga kita tidak perlu repot-repot membayar secara tunai. Kemudahan ini sangat bermanfaat terutama saat melakukan transaksi dalam jumlah yang besar.

  2. Pilihan yang Beragam

    Berbelanja secara online dapat memudahkan kita menemukan barang yang sulit ditemukan di toko offline. Terdapat ribuan atau bahkan jutaan produk yang dijual di e-commerce. Dengan begitu, ada banyak sekali pilihan produk dan varian yang dapat dipilih.

    Hal ini juga memungkinkan kita untuk membandingkan barang mana yang lebih baik dan cocok untuk kita. Kita juga bisa membandingkan produk yang sama dari toko yang berbeda.

    Ketika berbelanja di e-commerce, kita juga dimudahkan dengan fitur rekomendasi. Algoritma aplikasi akan memproses hasil klik Anda sehingga menampilkan barang-barang serupa dengan apa yang Anda cari serta barang yang mungkin Anda sukai.

    Baca Juga : Tips Menghindari Produk Palsu Saat Berbelanja Online

  3. Banyak Diskon dan Promo Menarik

    Disebabkan persaingan yang ketat, toko-toko di aplikasi e-commerce biasanya menawarkan harga yang lebih miring dibandingkan dengan barang-barang yang dijual secara offline.

    Anda juga akan menemukan banyak program diskon atau promo menarik, terutama pada tanggal-tanggal tertentu seperti tanggal kembar atau tanggal 25 setiap bulannya. Ada juga program cashback yang bisa didapatkan jika Anda berbelanja melebihi batas tertentu.

  4. Diantar Langsung ke Rumah

    Barang yang telah Anda pesan akan diproses lalu diantar oleh penjual ke alamat rumah Anda. Anda tidak perlu repot-repot untuk berkunjung ke toko offline.

    Meski biaya pengiriman dari produk akan dibebankan kepada pembeli, voucher gratis biaya pengiriman sangatlah mudah untuk didapatkan.

  5. Ulasan dari Pembeli

    Salah satu kekhawatiran dari calon pembeli yang ingin berbelanja online adalah kemungkinan barang yang tidak sesuai karena calon pembeli tidak bisa melihat dan pemegang produk secara langsung. Pembeli hanya dapat memilih berdasarkan foto dan deskripsi yang diberikan oleh penjual.

    Untuk menanggapi hal ini, e-commerce memiliki kolom ulasan dimana pembeli dapat memberikan ulasan dengan bintang 1-5, ulasan deskripsi, serta foto dan video dari barang yang diterima.

    Ulasan ini sangat berguna untuk pertimbangan calon pembeli yang sudah tertarik dengan suatu produk, tapi masih ragu dengan keaslian dan kualitas produk.

    Kualitas dari suatu produk juga bisa dinilai berdasarkan jumlah produk terjual. Semakin banyak jumlah produk terjual, maka kualitas produk tersebut cenderung baik.

Setelah mengetahui keuntungan belanja online, pastinya sudah tidak khawatir dan ragu lagi untuk berbelanja online. Anda bisa membeli berbagai kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan, minuman, kosmetik, produk kebersihan, hingga produk perawatan diri.

Agar terjamin keaslian dan kualitas produk, Anda bisa berbelanja di toko online official dari brand terkenal seperti Kino.

Saat ini Kino membawahi beberapa produk andalan yang telah dipercaya oleh keluarga Indonesia seperti minuman panas dalam Larutan Cap Kaki Tiga, vitamin rambut Ellips, larutan pembersih Sleek, dan juga minuman berkhasiat Cap Panda.

Kino juga memiliki banyak produk berkualitas lainnya mulai dari minuman berenergi Panther, makanan ringan Snack It dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa langsung cek website resmi dari Kino yang akan mengarahkan Anda ke official store di e-commerce Shopee dan Tokopedia. Selain menawarkan produk-produk andalan yang terbukti berkualitas, harga yang diberikan juga kompetitif dengan yang ada di pasaran. Ayo cek official store Kino sekarang!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy