25 February 2024

tiga buah apel berwarna merah

15 Khasiat Apel untuk Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes!

Rutin mengonsumsi buah memang dipercaya bisa memberikan dampak yang baik untuk kesehatan. Salah satu buah yang sering dikonsumsi adalah apel. Selain memiliki banyak jenis, buah apel juga memiliki berbagai khasiat, lho.

Khasiat buah apel untuk kesehatan bahkan diabadikan dalam sebuah pepatah yang berbunyi, “an apple a day keeps the doctor away”. Artinya, satu apel sehari bisa menjauhkan kita dari dokter, alias tubuh jadi lebih sehat. 

Khasiat buah apel yang bermacam-macam itu, tentu tidak lepas dari kandungan di dalamnya. Misalnya, kandungan antioksidan yang tinggi, serat, vitamin C, kalsium dan masih banyak lainnya.

Nah, supaya lebih yakin untuk mengonsumsi buah apel setiap hari, simak terus artikel ini hingga selesai, ya!

Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat buah apel yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

  • Mengendalikan Berat Badan

Khasiat buah apel yang pertama adalah untuk mengendalikan berat badan. Beberapa orang biasanya mengonsumsi apel saat sedang melakukan program diet dengan fokus untuk mendapatkan berat badan ideal.


Kandungan serat yang tinggi pada buah apel sangat efektif untuk memberikan efek kenyang lebih lama. Konsumsilah buah apel sebagai selingan camilan di sore hari atau setiap Anda merasa lapar.

  • Sebagai Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun tubuh secara alami. Organ seperti ginjal, hati, usus, dan sistem limfatik akan melakukan detoksifikasi alami pada tubuh.

Namun, kinerja organ ini tidak bisa bekerja maksimal jika banyak terpapar bahan kimia. Oleh karena itu, tubuh perlu bantuan asupan lain untuk membantu proses detoksifikasi.

Pada sistem pencernaan, salah satu asupan yang baik untuk detoksifikasi adalah buah apel. Serat pada buah apel berkhasiat untuk mengatasi sembelit secara alami, sehingga tubuh tidak perlu mengonsumsi obat kimia.

  • Mencegah Alzheimer

Manfaat buah apel yang ketiga adalah untuk mencegah alzheimer. Penderita alzheimer umumnya memiliki kemampuan kognitif yang terganggu. 

Kandungan buah apel yang bernama quercetin bisa mencegah ini terjadi. Quercetin mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai gangguan otak termasuk alzheimer dan demensia.

  • Pencegah Diabetes Tipe 2

Indeks glikemik adalah angka berskala 1-100 yang menunjukkan kecepatan makanan berkarbohidrat saat diproses untuk meningkatkan kadar gula darah. 

Buah apel sendiri memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Karena itu, apel bisa memperlambat kenaikan gula darah dan menstabilkannya. 

Untuk yang menyukai makanan manis tapi takut terkena diabetes, buah apel bisa menjadi pilihan makanan manis yang rendah gula. 

  • Meningkatkan Hidrasi Tubuh

Selain air putih, apel juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan hidrasi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa 100 gram buah apel mengandung 88% air. 

Manfaat ini bisa lebih terasa saat buah apel dibuat menjadi jus. Namun, jika Anda ingin mendapatkan khasiat buah apel yang lebih praktis, konsumsi saja Malee Juice

Terbuat dari apel merah Thailand kualitas terbaik, Malee Juice mengandung 100% vitamin A alami yang baik untuk tubuh. Meskipun tanpa tambahan gula dan pengawet, rasanya tetap lezat, lho!

  • Memperkuat Tulang dan Gigi

Meskipun banyak orang berpikiran bahwa vitamin terbaik untuk kesehatan tulang adalah vitamin D, faktanya ada vitamin K juga, lho.

Vitamin K yang biasa ditemukan pada apel hijau memiliki zat-zat penguat untuk membuat gigi lebih sehat. Selain itu, proses mengunyah apel yang bertekstur padat juga bagus menguatkan akar-akar gigi.

  • Pencegah Kanker

Tumor dan kanker dipercaya bisa dicegah oleh makanan dengan kandungan flavonoid dan asam fenolat. Dua kandungan ini juga terdapat pada buah apel. 

Riset di Jerman juga menyatakan bahwa mengonsumsi 1-2 buah apel dalam sehari dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan paru-paru.

Selain itu, berbagai kandungan vitamin dan antioksidannya juga ampuh menangkal radikal bebas sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Pencegah Penyakit Jantung

Khasiat buah apel selanjutnya adalah adalah sebagai pencegah penyakit jantung. Senyawa antioksidan, flavonoid dan polifenol pada apel dapat melindungi sel-sel pembuluh darah dari radikal bebas dan peradangan. Apel juga kandungan kalium yang merupakan salah satu mineral yang penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. 

Kalium dapat membantu mengurangi efek sodium pada tekanan darah. Saat tekanan darah stabil, Anda bisa menghindari penyakit jantung.

  • Menjaga Imun Tubuh

Apel yang berwarna merah biasanya memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Janis vitamin ini dapat menjaga imunitas tubuh karena berperan dalam pembentukan sel-sel darah putih. 

Sel darah putih memang bekerja untuk melawan bakteri serta infeksi yang masuk ke dalam tubuh. 

Pada orang dewasa, sel darah putih sebaiknya ada di kisaran 4.500-11.000/mikroliter (mcL) darah. Untuk mendapatkan jumlah sel darah putih yang ideal, mengonsumsi buah apel bisa Anda lakukan.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Selain untuk meningkatkan imun tubuh, vitamin C juga baik untuk menyehatkan mata. Vitamin C ini juga sangat mudah didapatkan pada buah apel. Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas. 

Selain itu, kandungan kolagen pada vitamin C juga penting untuk menguatkan pembuluh darah dan struktur mata. Apel juga mengandung vitamin A yang baik untuk memelihara kesehatan mata. Vitamin A pada apel dapat menutrisi mata untuk menjaga pandangan tetap jelas saat di malam hari.

  • Menekan Kadar Kolesterol

Khasiat buah apel lainnya adalah sebagai penjaga kadar kolesterol. Serat larut, terutama serat pektin pada apel dapat mengikat kolesterol LDL pada tubuh dan membawanya keluar lewat saluran pencernaan. 

Jadi, jumlah kolesterol yang terserap aliran darah jadi lebih berkurang. Hal itu pun membuat kadar kolesterol di tubuh tetap terjaga.

  • Solusi Bau Mulut

Salah satu penyebab bau pada mulut adalah adanya sisa-sisa makanan yang tertinggal setelah makan. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi adalah yang beraroma tajam. 

Jika Anda tidak rutin melakukan sikat gigi dengan benar, mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap saat berbicara. Nah, mengonsumsi apel bisa menjadi solusinya.

Faktanya senyawa pektin pada apel bukan hanya baik untuk saluran pencernaan, tapi juga efektif meningkatkan jumlah air liur. Saat jumlah air liur bertambah, maka mulut menjadi lebih bersih sehingga tidak mengeluarkan bau tak sedap.

  • Menurunkan Risiko Asma

Khasiat dari buah apel yang selanjutnya adalah untuk menurunkan risiko terkena asma. Phenolik dan flavoinoid adalah senyawa yang mempertahankan warna apel dalam jus. Kedua senyawa ini juga dapat meredakan peradangan di dalam sistem pernapasan yang menjadi penyebab asma.

Terdapat penelitian pada anak-anak usia lima hingga sepuluh tahun di Greenwich, London, Inggris, soal manfaat apel untuk penurunan risiko asma pada anak. 

Menurut hasil penelitian itu, anak-anak yang sering mengonsumsi apel atau jus apel diketahui lebih jarang terkena asma.

  • Mencegah Jerawat

Manfaat dari apel selanjutnya ialah untuk mencegah timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan apel memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu mencegah timbulnya jerawat. 

Vitamin C berguna untuk meremajakan kulit dengan adanya efek antioksidan.

  • Mencegah Penuaan Dini

Buah apel juga memiliki kandungan antioksidan, seperti Vitamin A, Vitamin C, dan fenol. Karena itu, jus apel juga memiliki peran penting dalam penundaan penuaan dini. 

Ketika Anda mengonsumsi jus apel yang kaya akan antioksidan dengan teratur, tentunya dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mengontrol kerusakan kulit.

Itu dia beberapa informasi mengenai khasiat buah apel. Jika Anda ingin memulai hidup sehat, mengonsumsi buah apel bisa jadi langkah pertama yang baik.

Namun, jika Anda memiliki aktivitas yang padat, konsumsilah buah apel yang sudah dalam bentuk jus seperti Malee JuicePer satu gelas ukuran 200 ml, Malee Juice mengandung 100% vitamin A alami yang baik untuk tubuh. 


Yuk, dapatkan produknya di Tokopedia Kino Official Shop sekarang juga!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy