06 December 2023

Beragam jus buah dan sayuran segar di atas meja, kaya nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan.

10 Manfaat Jus Buah untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Jus buah merupakan salah satu minuman yang sering kali dipilih untuk dikonsumsi sebagai melepas dahaga. 

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, jus buah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh berkat kandungan nutrisi dari buah yang kaya serat. 

Berbagai manfaat jus buah akan dirasakan oleh tubuh jika dikonsumsi secara rutin. 

Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, apel, mangga, nanas, semangka dan anggur merupakan buah yang paling umum untuk diolah menjadi jus.

Banyak orang yang menambahkan sayuran seperti bayam atau kale ke dalam jus mereka untuk menambah nutrisi dan manfaat jus.

Mengkonsumsi jus merupakan cara yang ampuh untuk memenuhi nutrisi vitamin dan serat. Terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas padat atau tidak suka makan sayur dan buah.

Terdapat beberapa cara pengolahan buah menjadi jus. Pertama yakni melumatkan buah menggunakan blender atau menggunakan mesin juicer yang mampu memisahkan sari buah dengan seratnya.

Dalam skala industri, pembuatan jus dilakukan dengan teknologi pasteurisasi, yaitu proses pemanasan sari buah dengan suhu tinggi untuk menghilangkan bakteri dan memperpanjang masa simpan.

Manfaat Jus Buah 

Jus buah memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Mulai dari vitamin C, vitamin A, serat, kalium, dan antioksidan

Berkat kandungannya ini, jus buah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang didapatkan berbeda-beda tergantung buah yang digunakan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda rasakan jika mengkonsumsi jus buah secara rutin.

  1. Meningkatkan Hidrasi Pada Tubuh

    Kekurangan cairan dapat mengakibatkan dehidrasi pada tubuh. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan cairan. Jus buah kerap menjadi pilihan untuk melepas dahaga ketika beraktivitas. Kandungan air yang tinggi dalam buah membuat jus dapat membantu menstabilkan kadar air dalam tubuh.

    Jus buah yang direkomendasikan untuk mencegah dehidrasi adalah jus melon. Melon terdiri dari 90% air yang ideal untuk menghidrasi tubuh terutama setelah aktivitas yang mengeluarkan keringat seperti sehabis olahraga.

  2. Membantu Memenuhi Nutrisi Harian


    Asupan nutrisi yang paling utama berasal dari makanan dengan gizi yang seimbang. Namun terkadang tidak semua kebutuhan nutrisi terpenuhi. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi jus yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan kalium. Jus buah yang cocok untuk membantu memenuhi nutrisi harian terutama vitamin adalah jeruk dan mangga.

    Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan mangga mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit.

  3. Meningkatkan Imun Tubuh

    Bagi Anda yang sering terserang penyakit, bisa jadi itulah tanda dari kekurangan vitamin C.Jus buah yang terbuat dari buah-buah seperti jeruk, stroberi, dan kiwi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin C dan antioksidan. Kandungan ini akan membantu tubuh melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

  4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

    Jus buah mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Salah satu jus buah yang baik untuk kesehatan pencernaan adalah jus pepaya.

    Pepaya diketahui memiliki kandungan yang dapat melancarkan saluran cerna dan mencegah sembelit yang disebut dengan enzim papain.

  5. Menambah Energi

    Jus buah juga dapat menjadi sumber energi saat tubuh merasa lelah dan kurang berenergi. Rasa lelah dan lesu dapat menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan nutrisi dan cairan.

    Jus buah sangat cocok untuk mengembalikan energi tubuh. Layaknya kafein, jus buah dapat memperbaiki fokus dan konsentrasi. Cocok dijadikan sebagai alternatif bagi Anda yang ingin mengurangi konsumsi kafein.
  6. Menjaga Kesehatan Jantung

    Dilansir dari Klikdokter, jus buah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan jus buah mampu meningkatkan oksida ningrat dalam darah. Oksida ningrat bermanfaat untuk membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah sehingga kesehatan pembuluh darah terjaga.

    Selain itu beberapa kandungan lain dalam buah seperti likopen, flavonoid, dan kalium juga terbukti mampu meningkatkan kesehatan jantung.

    Jus apel merupakan buah yang disarankan untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat jus apel diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

  7. Mencegah Kanker

    Kandungan likopen atau senyawa sejenis antioksidan dalam buah semangka mampu menangkal radikal bebas dan terbukti mampu menurunkan potensi kanker.

    Selain semangka, stroberi dan bluberi juga mengandung senyawa anthocyanin dan resveratrol. Kedua senyawa ini bersifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat berfungsi sebagai zat anti-kanker.

  8. Menjaga Kesehatan Otak

    Manfaat jus buah yang lainnya adalah mampu menjaga kesehatan otak. Contoh jus buah yang memiliki manfaat ini adalah jus alpukat.

    Manfaat jus alpukat yang mampu menjaga kesehatan otak ini disebabkan oleh kandungan vitamin K dan asam folat pada xbuah-buahan tersebut.
     
  9. Memelihara Berat Badan Ideal.

    Jus buah atau jus campuran buah dan sayur menjadi pilihan menu diet yang terbukti ampuh untuk membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal.

    Jus buah juga menjadi pilihan menu diet karena mampu menekan rasa lapar dan sebagai alternatif dari cemilan karena kandungan gula alami di dalamnya.

  10. Memelihara Kesehatan Kulit

    Kandungan antioksidan pada buah dapat melindungi kesehatan kulit dari kerusakan sel oleh paparan radikal bebas. Radikal bebas diketahui dapat menyebabkan tanda-tanda penuan dini seperti flek hitam dan kerutan.

    Jus yang terbuat dari buah naga, tomat, anggur, atau kiwi yang kaya akan antioksidan dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit. 

Itulah beberapa manfaat jus buah. Selain rasanya yang enak, mengkonsumsi jus juga bermanfaat untuk kesehatan. Bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi jus, Malee bisa jadi pilihan andalan keluarga Anda.

produk jus malee rasa jeruk mandarin

Hadir dengan varian jeruk mandarin dan apel merah, Malee siap jadi minuman sehat keluarga Anda. Tunggu apa lagi? Dapatkan berbagai produk Malee Juice dari Kino di Tokopedia.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy