01 February 2024

Inovasi Adalah Suatu Perubahan Berkelanjutan, Lihat Contohnya di Sini!

Kini inovasi adalah kata kunci yang digunakan dalam berbagai macam konteks. Dalam dunia bisnis, kata ini hampir identik dengan ketenaran, kekayaan, dan uang maupun merupakan alat yang dapat membuat bisnis Anda jauh lebih kompetitif. 

Sesuai dengan visi misi dari Kino “Innovate Today, Creating Tomorrow”, Kino akan terus berinovasi untuk memberikan produk berkualitas bagi masyarakat.

Lebih dalam, apa itu inovasi dan contoh inovasi? Jangan ketinggalan untuk simak ulasan lengkapnya di sini, yuk!

Apa Pengertian Inovasi? 

Inovasi tidak lebih dari sebuah perubahan yang secara positif mengubah situasi atau status quo. Konsep inovasi terkait erat dengan perbaikan berkelanjutan. 

Jika di dalam perusahaan, hal itu dapat dilakukan melalui investasi di bidang penelitian dan pengembangan, teknologi Industri 4.0, inovasi juga dapat dilakukan di tingkat individu. Masing-masing dari kita dapat mencapai peningkatan berkelanjutan dan menjadi inovator.

Nah, inovasi didefinisikan sebagai proses menghasilkan ide, metode, produk, layanan, atau solusi baru yang memiliki dampak dan nilai positif yang signifikan.

Inovasi melibatkan transformasi konsep kreatif menjadi hasil nyata yang meningkatkan efisiensi, efektivitas, atau memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi.

Pada intinya, inovasi melibatkan tantangan terhadap status quo, berpikir di luar kebiasaan, dan mengambil risiko yang diperhitungkan untuk mendorong kemajuan dan mencapai hasil terobosan. Lalu, apa saja bentuk maupun jenis inovasi hingga contohnya? 

Baca Juga : Consumer Good of the Year

Inilah Karakteristik Sebuah Inovasi 

Bicara mengenai pengertian inovasi, orang tidak mengadopsi produk baru secara otomatis. Artinya, keputusan mereka untuk menerima sebuah inovasi adalah disengaja. 

Berkaitan dengan itu, ini karakteristik inovasi yang menentukan penggunaan inovasi yang membedakan Anda dari orang lain.

1. Keunggulan Relatif

Salah satu karakteristik dari inovasi adalah keunggulan yang relatif. Audiens potensial perlu melihat inovasi Anda meningkat dari produk generasi sebelumnya sesuai dengan situasi mereka saat ini. 

Peningkatan dapat dilakukan di satu atau banyak area seperti penggabungan beberapa fungsi ke dalam satu alat atau suatu produk, layanan yang lebih baik serta peningkatan produktivitas. 

2. Kompatibilitas

Kompatibilitas mengacu pada keselarasan hubungan yang dimiliki inovasi dengan individu-individu potensial saat mereka menyerapnya secara mental ke dalam kehidupan mereka. Bagi calon pengguna, penting untuk mengetahui bahwa inovasi yang Anda sediakan akan sesuai dengan gaya hidup mereka. 

Inovasi adalah kesuksesan terbesar ketika individu dapat mengadaptasinya dengan lancar. Mereka dapat dengan mudah mengganti produk atau ide yang sudah ada menjadi lebih baik dengan inovasi Anda.

3. Kompleksitas vs Kesederhanaan

Jelas, kompleksitas memperlambat kemajuan Anda. Inovasi yang rumit lebih sulit bagi pengguna potensial untuk dimasukkan ke dalam kehidupan mereka. Pengadopsi tidak menginvestasikan banyak waktu untuk belajar menggunakan sebuah inovasi. 

Semakin naluriah inovasi Anda, semakin pasti inovasi tersebut akan diadopsi. Anda maupun tim Anda harus dapat mengatasi masalah kegunaan yang dihadapi pengguna, dan kemudian mengklarifikasinya melalui FAQ, video panduan, keterangan alat, dan materi pembelajaran lainnya.

4. Kemampuan Uji Coba

Seberapa mudah pengadopsi potensial Anda dapat mengeksplorasi ide inovatif Anda menggambarkan kemampuan uji coba. Sebelum berkomitmen pada inovasi Anda, pengguna ingin melihat sekilas apa yang dapat dilakukan inovasi Anda dan ingin mencobanya. 

Ini adalah konsep dasar dari ukuran uji coba untuk produk konkret serta rilis beta untuk produk digital. Setiap pengadopsi ingin melihat sendiri apa dan bagaimana kehidupan mereka jika mereka mengadopsi produk tersebut. Setiap perancang perlu menyediakan produknya bagi para pengadopsi potensial untuk uji coba.

Empat Bentuk Inovasi dan Contohnya

Pertama, kita perlu memahami bahwa ada berbagai cara agar inovasi dapat memberikan dampak pada produk, layanan, dan proses. Melansir More Than Digital, terdapat 4 bentuk inovasi, bergantung pada apakah inovasi tersebut membuka pasar baru atau ketika teknologi berubah. Simak ulasannya sebagai berikut. 

1. Inovasi Tambahan

Teknologi yang sudah ada, pasar yang sudah ada. Salah satu bentuk inovasi yang paling umum yang dapat kita amati. 

Inovasi ini menggunakan teknologi yang sudah ada dalam pasar yang sudah ada. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penawaran yang sudah ada dengan menambahkan fitur baru, perubahan desain, dan sebagainya.

Contoh terbaik untuk inovasi inkremental dapat dilihat di pasar Smartphone di mana sebagian besar inovasi hanya memperbarui perangkat keras, meningkatkan desain, atau menambahkan beberapa fitur atau kamera maupun sensor tambahan, dan sebagainya.

Baca Juga : 7 Tahun Berturut-turut, Kino Sukses Meraih TOP Brand Award

2. Inovasi yang Mengganggu (Disruptive Innovation)

Teknologi baru, pasar yang sudah ada. Inovasi disruptif sebagian besar terkait dengan penerapan teknologi, proses, atau model bisnis yang mengganggu pada industri yang sudah ada. 

Terkadang teknologi dan model bisnis baru tampak, terutama pada awalnya, lebih rendah daripada solusi yang ada. Meski begitu, teknologi tersebut melampaui model yang ada dan mengambil alih pasar karena keunggulan efisiensi dan/atau kemanjuran.

Salah satu contohnya, iPhone, di mana teknologi yang ada di pasar (Ponsel dengan tombol, keypad, dan sebagainya) digantikan dengan perangkat yang berpusat pada antarmuka sentuh yang dikombinasikan dengan antarmuka pengguna yang intuitif.

3. Inovasi Arsitektur

Teknologi yang ada, pasar baru. Inovasi arsitektur adalah sesuatu yang kita lihat pada raksasa teknologi seperti Amazon, Google, dan masih banyak lagi saat ini. 

Mereka mengambil teknologi serta keterampilan domain mereka yang kemudian menerapkannya ke pasar yang berbeda. Dengan cara ini, mereka dapat membuka pasar baru dan memperluas basis pelanggan mereka.

Contohnya, pengatur ekosistem digital seperti Amazon dan Alibaba menggunakan strategi inovasi ini untuk memasuki pasar baru. 

Mereka menggunakan keahlian yang ada dalam membangun aplikasi, platform, dan basis pelanggan yang sudah ada untuk menawarkan layanan dan produk baru untuk pasar yang berbeda. 

4. Inovasi Radikal

Teknologi baru, pasar baru. Ini adalah cara stereotip kebanyakan orang dalam melihat inovasi. Hal ini adalah bentuk yang paling langka dari semuanya. 

Inovasi radikal melibatkan penciptaan teknologi, layanan, dan model bisnis yang membuka pasar yang benar-benar baru.

Contoh dari salah satu inovasi inil adalah penemuan pesawat terbang. Teknologi baru yang radikal ini membuka bentuk perjalanan baru, menciptakan industri, dan pasar yang sama sekali baru.

Nah, itulah bentuk serta contoh dari inovasi. Secara garis besar, inovasi didorong oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk rasa ingin tahu, kreativitas, dan keinginan untuk berkembang. 

Hal tersebut membutuhkan pola pikir yang menerima perubahan, menyambut ide, dan mendorong eksperimen. Inovasi dapat terjadi dalam berbagai konteks, seperti bisnis, ilmu pengetahuan, teknologi, sektor sosial, atau layanan publik serta pembangunan berkelanjutan. 

Proses inovasi biasanya melibatkan serangkaian langkah utama yang diikuti oleh organisasi untuk mendorong dan mengimplementasikan inovasi. 

Sama halnya dengan Kino yang mengedepankan “Innovate Today, Creating Tomorrow”. Dengan tagline tersebut, Kino tetap berkreasi dan berinovasi untuk menjadi pemimpin dalam industri kebutuhan konsumen. 

Itu semua dibuktikan dengan berbagai produk kebutuhan anak hingga orang dewasa yang begitu lengkap serta jadi pilihan tepat.Temukan berbagai produk inovasi dari Kino melalui e-commerce Shopee dan Tokopedia.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy