29 January 2024

Tumpukan handuk, boneka beruang, botol sabun pencuci botol bayi

Pentingnya Pakai Sabun Pencuci Botol Bayi Yang Food Grade

Mensterilkan peralatan yang bersentuhan dengan bayi seperti botol bayi begitu penting dan wajib diketahui oleh para orang tua. Untuk itu, menggunakan sabun pencuci botol bayi yang food grade dan teruji klinis juga disarankan.

Apalagi, peralatan susu adalah media yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri sehingga pembersihannya pun tak boleh asal.

Berangkat dari sana, jika Anda sebagai orang tua baru atau sedang mengasuh bayi, perhatikan beberapa poin penting hingga cara menggunakan sabun pencuci botol bayi di sini.

Pentingnya Penggunaan Sabun Pencuci Botol Bayi

Mengapa sih botol bayi itu perlu dibersihkan dengan menggunakan sabun pencuci botol bayi dengan formula food grade?

Perlu diketahui, bahwa food grade merupakan standarisasi yang menunjukkan suatu zat atau benda serta komposisi layak dipakai untuk kontak langsung dengan makanan atau perlengkapan makan.

Standar food grade itulah yang akan menjadi pelindung agar zat kimia berbahaya atau zat toksin tidak masuk ke dalam tubuh si kecil.

Bayi baru lahir memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum berkembang dan perlu minum dari botol yang bersih. Mereka rentan terhadap infeksi virus, bakteri, parasit dan jamur, yang semuanya bisa mengakibatkan adanya penyakit.

Kuman bisa saja tumbuh dengan cepat apabila ASI atau susu formula ditambahkan ke dalam botol bekas yang belum dibersihkan dengan baik.

Ketika Anda pertama kali membeli botol, penting untuk mensterilkannya setidaknya satu kali.

Untuk itulah mencuci barang secara menyeluruh dengan air panas dan sabun pencuci botol bayi adalah hal yang diperlukan untuk menghilangkan sebagian besar kuman berbahaya dari botol tersebut.

Pastikan juga untuk membongkar botol selama proses pembersihan. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum memegang botol bayi atau saat memberi makan bayi Anda.

Penting untuk mensterilkan semua peralatan MPASI hingga mereka setidaknya berusia 12 bulan. Pasalnya, kebanyakan peralatan MPASI, khususnya yang berbahan silicone biasanya rawan membawa bakteri karena susah untuk dibersihkan. Terlebih, apabila peralatannya bekas minyak/lemak.

Hal tersebut dilakukan guna melindungi bayi Anda dari infeksi, khususnya diare dan muntah.

Dengan begitu, Anda bisa membantu mengurangi kemungkinan bayi Anda sakit dengan selalu menggunakan botol yang disterilkan dan peralatan yang bersih. Lalu, bagaimana cara menggunakan sabun pencuci botol yang tepat?


Cara Pakai Sabun Pencuci Botol Bayi

Anda perlu membersihkan semua bagian botol, dot, dan tutup botol bayi setelah digunakan. Jika botol bayi belum digunakan setelah 24 jam, Anda harus mensterilkannya lagi setelah peralatan sudah dicuci menggunakan sabun pencuci botol bayi berformula food grade.

Apabila Anda memerah ASI, peralatan ASI harus dibersihkan setelah pemakaian dan harus dicuci secara steril. Anda tidak perlu mensterilkan peralatan memerah ASI milik sendiri jika bayi Anda sehat dan lahir cukup bulan.

Untuk mencucinya, sediakan sikat botol khusus untuk tujuan ini. Belilah sikat botol yang baru setelah bulu sikatnya aus. Setelah mencuci botol, kamu harus mensterilkannya sebagai berikut.

Buang sisa susu yang masih ada di dalam dot atau lubangnya.
Pisahkan semua bagian botol dan tarik dot dari tutup sekrupnya.
Gunakan air panas dan sabun pencuci yang mengandung food grade.
Bersihkan semua bagian botol dengan sikat botol, termasuk ulir tempat sekrup tutupnya.
Peraslah air sabun panas melalui lubang dot. Selanjutnya, lakukan hal yang sama dengan air bersih untuk membilas dot tersebut.
Pastikan untuk membilas semuanya dengan baik.

3 Metode Mensterilkan Peralatan Bayi

Melansir National Health Service, ada beberapa metode yang jitu untuk mensterilkan peralatan makan bayi. Di antaranya adalah metode merebus, sterilisasi uap, dan sterilisasi kimiawi sebagai berikut.

Metode Merebus

Jika Anda menyusui, perlunya mensterilkan botol sesekali. Metode merebus mungkin cocok untuk ini. Hal itu akan menghemat biaya untuk membeli alat sterilisasi uap atau bahan kimia. Ikutilah caranya sebagai berikut:

  • Masukkan bagian botol yang telah dibersihkan seperti dot ke dalam panci besar.
  • Tambahkan air bersih secukupnya untuk menutupi peralatan.
  • Pastikan tidak ada gelembung udara.
  • Didihkan air dan biarkan mendidih dengan tutupnya selama 5 menit.
  • Biarkan peralatan makan mendingin di dalam panci sebelum mengeluarkannya dan mengeringkannya.
  • Tempatkan peralatan makan yang telah disterilkan dalam wadah bersih dengan penutup.

Metode Sterilisasi Uap

Alat sterilisasi uap sangat populer karena cara kerjanya yang cepat dan murah. Alat ini memanaskan air hingga mencapai titik didih dan uapnya membunuh bakteri.

Beberapa alat sterilisasi uap dirancang untuk beroperasi dalam microwave. Pilihlah yang memenuhi standard yang telah ditentukan di Indonesia maupun dunia.

  • Letakkan botol bersih dan peralatan makan di dalam alat sterilisasi.
  • Pastikan ada cukup ruang di antara setiap botol, dot, dan tutup botol agar uap dapat bersirkulasi di semua permukaan.
  • Ikuti petunjuk produsen tentang berapa banyak air yang harus ditambahkan.
  • Jika kamu menggunakan alat sterilisasi microwave, masukkan alat sterilisasi ke dalam microwave.
  • Nyalakan alat sterilisasi atau microwave pada waktu yang tepat.
  • Setelah siklus selesai, simpan peralatan di dalam wadah bersih dengan penutup.

Metode Sterilisasi dengan Steamer Botol Susu

sleek-baby-bottle-nipple

Metode menggunakan mesin ini juga merupakan metode yang digunakan dengan penguap.
Secara garis besar, steamer botol susu akan memunculkan uap panas dengan suhu yang tinggi.

Dengan cara seperti itu, otomatis kuman akan hilang. Proses sterilisasi botol susu bayi dengan menggunakan mesin steamer dibutuhkan waktu sekitar 8-12 menit saja. Terhitung sangat cepat, bukan?

Namun, untuk mendapatkan mesin penguap steamer botol susu, Anda harus merogoh kantong yang dalam karena harganya bisa dibilang cukup mahal.

Nah, perlu diingat bahwa pemilihan sabun pencuci botol bayi yang tepat adalah kuncinya. Untuk itu, pilihlah sabun yang mengandung formula food grade yang pasti aman untuk bayi.

Tentunya, itu bisa kamu dapatkan dengan mudah dari Kino Sleek Baby Bottle Nipple Cleanser. Sebab, produk yang satu ini memiliki kandungan Stain Removal Formula yang bisa berfungsi menghilangkan sisa lemak susu dan bau tak sedap yang menempel pada botol si kecil.

Selain itu, formula Natural Antibacterial di dalamnya memungkinkan produk yang satu ini bisa membasmi berbagai jenis bakteri di dalam botol bayi. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi soal keampuhan dan keamanannya.

Tunggu apa lagi? Dapatkan berbagai produk Kino Sleek di Shopee dan Tokopedia.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi