01 April 2024

ekspresi seorang anak dengan mulut terbuka yang sedang sakit panas dalam

7 Rekomendasi Obat Panas Dalam Anak Alami yang Aman Dikonsumsi

Tidak hanya orang dewasa, panas dalam juga bisa dialami oleh anak. Meski begitu, orang tua harus memahami bahwa obat panas dalam anak bisa saja tidak sama dengan obat untuk dewasa. 

Sebelum melakukan pengobatan medis, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa obat panas dalam anak alami di rumah. 

Sebenarnya, panas dalam bukan merupakan suatu masalah kesehatan, melainkan kumpulan gejala dari gangguan yang menyerang tenggorokan, mulut, dan saluran pencernaan. 

Istilah ini selanjutnya dipakai untuk mendeskripsikan rasa panas dan dingin yang kerap muncul ketika seseorang mengalami gejala tadi. 

Obat Panas Dalam Anak Alami

Ketika mengalami panas dalam, tubuh biasanya akan menunjukkan beberapa gejala khas, seperti sariawan, bibir kering dan pecah-peca. Selain itu, gejalanya juga pada sakit di area tenggorokan, diare, tubuh yang mudah lelah dan pegal, menggigil, hingga merasakan sensasi terbakar pada area dada.

Apabila sang buah hati mengalami gejala tersebut, orang tua bisa memberikan obat panas dalam anak alami, berikut beberapa rekomendasi yang bisa dicoba di rumah: 

1. Penuhi asupan cairan

Memenuhi asupan cairan tubuh menjadi langkah utama yang harus dilakukan untuk meringankan panas dalam yang dialami oleh anak. Pastikan asupan cairan harian tubuh anak telah tercukupi, setidaknya 8 gelas setiap hari untuk membantu melegakan sekaligus mengurangi rasa sakit dan panas pada tenggorokan.

Orang tua dapat memberikan air mineral hangat yang pasti nyaman saat menyentuh tenggorokan. Apabila anak sedang demam, memberikan air mineral dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuhnya. 

2. Larutan garam

Obat panas dalam anak berikutnya yang dapat dibuat dengan mudah di rumah adalah larutan garam. 

Untuk anak yang telah berusia 6 tahun atau lebih dan sudah dapat berkumur, larutan garam dapat menjadi obat alternatif untuk meredakan sakit pada tenggorokan karena panas dalam. 

Cara membuatnya sangat mudah. Cukup larutkan garam sebanyak satu sendok teh dengan segelas air hangat. Biarkan anak berkumur dengan larutan tersebut selama beberapa menit. Larutan garam mungkin tidak dapat membuat rasa sakit di tenggorokan hilang. 

Akan tetapi, kandungan yang terdapat pada garam dapat mematikan bakteri jahat di tenggorokan sekaligus mengencerkan lendir dan dahak. 

3. Madu

Seperti halnya larutan garam, madu memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan anak. 

Manfaat ini memungkinkan madu untuk meredakan gejala panas dalam yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, seperti flu, dan batuk pada anak.

Orang tua bisa memberikan obat panas dalam anak ini secara langsung atau dicampurkan dengan teh maupun air mineral hangat. Meski begitu, hindari memberikan madu pada bayi yang belum berusia 1 tahun. 

Sebab, kandungan pada madu dapat memicu terjadinya botulisme yang sangat berbahaya untuk bayi. 

4. Jus lemon

Memiliki manfaat yang tidak berbeda dengan madu atau larutan garam, jus lemon juga dapat menjadi alternatif obat panas dalam anak yang aman dan mudah dibuat. 

Ini karena buah lemon memiliki banyak kandungan yang efektif untuk membantu meringankan sakit pada tenggorokan dan bisa mengencerkan dahak.

Tidak hanya itu, buah berwarna kuning ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk mendongkrak kekebalan tubuh. Lalu, bekerja aktif dalam membasmi semua pemicu infeksi pada tubuh. 

Jika ingin memberikan jus lemon untuk sang buah hati, cukup campurkan air perasan lemon sebanyak satu sendok teh dengan teh atau air mineral hangat. Anda juga bisa menambahkan madu untuk meningkatkan khasiatnya.

5. Jahe

Rasa hangat dan pedas pada jahe ketika menyentuh tenggorokan menjadikannya salah satu obat panas dalam anak yang banyak dipilih oleh orang tua. Bukan tanpa alasan, jahe memang membawa segudang manfaat untuk tubuh.

Selain membantu meringankan sakit pada tenggorokan, jahe juga memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

Ini artinya, tanaman herbal tersebut dapat menjadi obat alternatif untuk mengobati infeksi yang memicu munculnya rasa sakit pada tubuh, termasuk tenggorokan. 

Akan tetapi, anak cenderung tidak suka dengan rasa jahe yang pedas. Sebagai antisipasinya, Anda dapat mencampur rebusan jahe dengan madu, teh hangat, atau susu untuk mengurangi rasa pedasnya. 

6. Teh herbal

Teh herbal juga dapat menjadi pilihan obat panas dalam anak yang aman dan efektif untuk dicoba. Anda tentunya sudah mengetahui jika ada banyak sekali jenis teh di pasaran. Namun, tidak semuanya dapat menjadi obat panas dalam anak.

Sebagai pilihan, teh hijau dan teh cengkeh memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang secara efektif dapat memerangi sekaligus mengurangi infeksi dan peradangan pada tubuh, termasuk pada tenggorokan. 

Di sisi lain, teh chamomile, peppermint, dan raspberry juga menawarkan manfaat serupa, yaitu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Teh jenis ini juga baik dikonsumsi untuk relaksasi pikiran. 

Meski begitu, apabila rasa nyeri membuat anak sulit untuk berbicara, teh chamomile dapat menjadi opsi yang tepat untuk mengurangi rasa sakit tersebut. 

7. Bawang putih

Khasiat bawang putih untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Bumbu dapur ini tidak hanya menguatkan rasa makanan, tetapi juga mempunyai sifat antibakteri jenis allicin yang bisa mengatasi penyebab peradangan dan infeksi pada tubuh. 

Lalu, bagaimana cara menggunakan bawang putih untuk obat panas dalam anak? Tidak sulit, cukup tambahkan irisan bawang putih pada makanan. 

Apabila anak merasa tidak nyaman atau tidak suka dengan rasa bawang putih yang cukup menyengat, bisa memberikan suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih juga bisa menjadi opsi terbaik. 

Itu tadi beberapa rekomendasi obat panas dalam anak alami yang dapat dicoba di rumah untuk penanganan pertama saat anak mengalami sakit tenggorokan dan gejala panas dalam lainnya. 

Selain itu, orang tua juga dapat memberikan larutan penyegar Cap Kaki Tiga Anak untuk meredakan panas dalam dan nyeri pada tenggorokan.

Cap Kaki Tiga Anak terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat membantu meredakan panas dalam pada sang buah hati. Produk ini menjadi rekomendasi alternatif pertama di Indonesia. 

Tersedia dalam berbagai varian rasa dengan ukuran yang tentunya telah sesuai dengan kebutuhan harian sang buah hati.

Anda dapat membeli Cap Kaki Tiga Anak di gerai offline, minimarket, atau secara online di Kino Official Store di Tokopedia.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi