07 February 2024

5 Cara Membersihkan Botol Susu Bayi, Jangan Sembarangan!

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebagai orang tua saat memiliki bayi adalah cara membersihkan botol susu bayi yang tepat.

Mengapa ini penting? Tentu saja karena kebersihan juga menjadi hal yang krusial, terutama untuk peralatan bayi Anda. 

Kebersihan peralatan makan dan minum bayi penting untuk dijaga agar tidak menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang membahayakan kesehatan. 

Jangan sampai karena tidak tahu cara mencuci botol susu bayi yang tepat, Anda membahayakan kesehatan sang bayi. 

Nah, agar tidak salah lagi, yuk simak akibat sekaligus cara yang tepat untuk mencuci botol susu bayi di bawah ini!

2 Akibat Salah Cara dalam Mencuci Botol Susu Bayi 

Dikutip dari Colgate, mencuci botol susu bayi secara tidak tepat dan tidak bersih bisa mengakibatkan beberapa risiko untuk bayi, yaitu:

1. Masalah Pencernaan

Melansir dari Alodokter, kebersihan botol susu bayi harus dijaga untuk menghindari adanya gangguan pencernaan yang timbul karena botol susu yang tidak bersih. 

Gangguan pencernaan ini mulai dari sakit perut, muntah, hingga diare. The Centers for Disease Control and Prevention juga menjelaskan bahwa adanya kemungkinan rotavirus yang masuk dari permukaan yang kotor atau terkontaminasi. 

Rotavirus merupakan virus penyebab diare yang paling sering terjadi di kalangan bayi dan anak-anak. 

2. Kerusakan Gigi

Mencuci botol susu bayi dengan cara yang tidak tepat juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. 

Hal ini terjadi karena bakteri yang ada di dalam botol susu menumpuk dan membentuk bakteri yang memproduksi asam dan menyebabkan kerusakan gigi. Jadi, bakteri yang ada di dalam botol susu bayi yang tidak dicuci bersih akan mudah terkontaminasi dan masuk ke dalam tubuh bayi. 

Hal itu akan menimbulkan penyakit jika dibiarkan, oleh karena itu bersihkan botol susu bayi Anda dengan tepat. 

5 Cara Membersihkan Botol Susu Bayi yang Benar

Untuk menghindari akibat-akibat yang sudah dijabarkan di atas, Anda bisa mengikuti cara mencuci botol susu bayi yang tepat di bawah ini. 

Perlu diingat juga untuk tidak membiarkan botol susu bayi Anda terlalu lama menunggu untuk dicuci. 

Sebaiknya jika sudah selesai digunakan maka langsung dicuci untuk mencegah adanya kontaminasi bakteri yang mungkin saja terjadi.

1. Cuci Tangan dengan Bersih

Walaupun sederhana, masih banyak orang tua yang luput akan hal ini. Sebelum mencuci botol susu bayi, sebaiknya Anda cuci tangan dengan bersih terlebih dahulu. 

Colgate menyebut cara pertama ini sebagai langkah awal yang krusial dan harus dilakukan sebelum mencuci botol susu bayi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh U.S. Department of Agriculture menemukan bahwa 97% orang tidak mencuci tangan mereka secara benar. 

Jika Anda tidak cuci tangan dengan bersih sebelum membersihkan botol susu bayi, terdapat potensi cross-contamination atau kontaminasi bakteri. 

Ada baiknya untuk mencuci tangan atau menggunakan sanitizer agar tidak ada transfer bakteri ke botol susu. Pastikan bahwa Anda mencuci tangan dan menggosoknya dengan sabun selama kurang lebih 20 detik dan bilas di air yang mengalir. 

2. Pisahkan Bagian-bagian Botol Susu

Cara selanjutnya untuk mencuci botol susu bayi yang benar adalah dengan memisahkan atau melepas bagian-bagian botol susu. Terlepas dari bagaimana model botol yang digunakan, penting untuk melepas bagian-bagiannya untuk memastikan setiap bagian botol tercuci dengan bersih. 

Centers for Disease Control and Prevention juga menyarankan untuk memisahkan bagian-bagian botol susu saat mencuci untuk menghindari kemungkinan kotoran tersisa di bagian tertentu. 

3. Bilas dengan Air Mengalir dan Rendam

Langkah selanjutnya yaitu bilas bagian-bagian botol yang telah dipisahkan dengan air yang mengalir, boleh air hangat atau air dengan suhu ruangan. 

Kunci dari langkah ini adalah agar bagian-bagian botol susu yang sudah dipisahkan tidak ditaruh di wastafel atau tempat penyucian. Pembilasan dilakukan untuk menghindari masuknya bakteri baru yang mungkin ada di tempat pencucian botol. 

Setelah dibilas dengan air mengalir, Alodokter menyarankan untuk merendam bagian-bagian botol susu bayi di suatu wadah khusus dengan air hangat dan sabun. 

Nah, satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam tahap ini adalah perlunya penggunaan sabun khusus untuk peralatan makan dan minum bayi. 

Contoh sabun khusus untuk botol dan peralatan bayi adalah Sleek Baby Bottle Nipple Cleanser yang bisa kamu dapatkan di KinoPembersih botol susu bayi Sleek ini sudah dilengkapi dengan formula Food Grade yang dipastikan aman untuk bayi. 

Bukan hanya akan membersihkan dengan efektif, penggunaan sabun Sleek khusus untuk peralatan bayi ini juga bisa menghilangkan sisa-sisa lemak susu dan bau amis.

4. Bersihkan Bagian Botol yang Telah Direndam

Cara mencuci botol susu bayi selanjutnya adalah menyikat atau membersihkan bagian-bagian botol yang telah direndam tersebut. Dalam membersihkan botol susu bayi, pastikan Anda menggunakan sikat khusus yang memang digunakan hanya untuk membersihkan botol susu bayi saja. 

Jangan mencampur penggunaan sikat untuk membersihkan peralatan makan lainnya dengan sikat yang digunakan untuk membersihkan botol susu bayi. 

Bersihkan setiap bagian-bagian dari botol susu bayi dengan bersih dan jangan meninggalkan residu atau kotoran. Saat membersihkan botol, perlu diperhatikan dengan benar agar tidak ada sisa susu yang masih menempel di permukaan. Setelahnya, bilas kembali bagian-bagian botol susu bayi yang sudah disikat dengan air sabun di air yang mengalir. 

5. Biarkan Kering di Tempat Khusus yang Bersih

Setelah dibilas kembali dengan air bersih, maka selanjutnya Anda bisa meletakkan bagian-bagian botol di atas handuk atau lap khusus peralatan bayi yang kering dan bersih. 

Biarkan bagian-bagian botol tersebut mengering dengan sendirinya hingga benar-benar kering. Tidak disarankan untuk mengeringkannya dengan lap atau tisu dengan mengusap atau menepuk-nepuk bagian yang basah karena berpotensi menyebarkan kuman. 

Nah, itu dia cara-cara yang tepat untuk mencuci botol susu bayi yang perlu Anda perhatikan. Walaupun tugas ini terlihat sederhana, masih banyak orang tua yang tidak tahu bagaimana cara mencuci botol susu bayi yang benar. 

Bukan hanya itu, penggunaan produk untuk mencuci peralatan-peralatan makan dan minum bayi atau feeding items juga penting untuk diperhatikan. 

Salah satu rekomendasi produk untuk mencuci botol susu bayi Anda adalah Sleek Baby Bottle Nipple Cleanser. Selain sudah dilengkapi dengan formula Food Grade, kandungan Stain Removal Formula-nya juga bisa membantu membersihkan sisa-sisa lemak susu dengan lebih baik. Nah, tunggu apalagi? Yuk, dapatkan produk Sleek Baby Bottle Nipple Cleanser dan produk-produk Sleek lainnya di Tokopedia Kino sekarang juga!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi