24 March 2024

10 Manfaat Vitamin A untuk Wajah, Ampuh Cegah Jerawat

Selama ini Anda mungkin berpikir kalau vitamin A hanya berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Padahal, vitamin A juga memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh secara menyeluruh, termasuk untuk wajah. Itulah alasan kenapa vitamin A juga banyak ditambahkan dalam produk-produk perawatan wajah. Namun penyebutannya lebih populer dengan nama retinol, retinoid, retin-A, atau renova.

Nah, untuk lebih memahami manfaat vitamin A untuk wajah, simak informasi selengkapnya di artikel ini!

Beragam Manfaat Vitamin A untuk Wajah

Orang dewasa membutuhkan asupan vitamin A sebanyak 600-650 mikrogram per harinya. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi bahan-bahan pangan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, bayam, brokoli, tomat, labu, dan lainnya.

Namun, bisa juga didukung lewat suplementasi atau penggunaan luar seperti krim wajah. Berikut ini adalah 10 manfaat vitamin A untuk wajah yang bisa Anda dapatkan.

1. Memelihara dan Memperbaiki Jaringan Kulit

Kekurangan vitamin A bisa menimbulkan berbagai masalah kulit. Bukan tanpa alasan, pasalnya vitamin A termasuk salah satu vitamin yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. 

Vitamin ini berperan penting dalam memelihara dan meregenerasi jaringan kulit yang rusak. 

2. Mencegah dan Mengurangi Kerutan

Kandungan retinoid pada vitamin A mampu merangsang produksi kolagen untuk melawan munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah. Mirip dengan retinol, retinoid juga bisa berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit yang kendur dan menghilangkan serat elastin yang rusak.

3. Mencegah Penuaan Dini

Saat mencari produk perawatan anti aging, Anda bisa memilih produk yang memiliki kandungan vitamin A di dalamnya. Seperti yang telah disebutkan, vitamin A mampu memperbaiki kondisi kulit sekaligus meminimalisir kerusakan kolagen.

Tak cuma itu, vitamin A juga memiliki antioksidan yang bisa melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan memberikan perlindungan terhadap degradasi kolagen yang ada.  Dengan begitu, kulit tetap kenyal dan tampak awet muda.

4. Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar UV

Matahari sebenarnya adalah sumber sinar UV yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi vitamin D yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang. 

Namun jika terpapar berlebihan, sinar UV justru bisa merusak jaringan kulit bahkan meningkatkan munculnya risiko penyakit tertentu, mulai kulit terbakar (sunburn) hingga kanker kulit. 

5. Mencegah dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Ada banyak faktor yang memicu munculnya jerawat. Mulai dari hormonal, bakteri, kulit berminyak, stres, genetik, maupun penggunaan kosmetik dan skincare yang tidak tepat.

Senyawa retinoid dalam vitamin A dipercaya memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit sekaligus berguna untuk mengobati masalah jerawat. 

6. Mengatasi Peradangan

Pada dasarnya, peradangan pada kulit terjadi akibat sistem imun yang merespons faktor pemicu, seperti infeksi virus, zat kimia, atau iritan. Akibatnya  muncul gejala-gejala tertentu seperti ruam, kulit kemerahan, terbakar, gatal, dan sebagainya.

Vitamin A dengan mudah mengikat sel lemak yang kalau dibiarkan bisa menumpuk dan berubah menjadi racun. Syukurlah, mengaplikasikan retinoid secara topikal bisa mengurangi bakteri pada kulit, sekaligus memperbaiki sel-sel rusak yang menyebabkan jaringan parut.

7. Mencegah Kanker Kulit

Vitamin A mengandung banyak senyawa antioksidan. Salah satunya ialah betakaroten. Betakaroten ini merupakan salah satu jenis karotenoid yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Terutama kanker kulit dan kanker sel skuamosa ini. 

8. Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang terjadi akibat paparan sinar matahari berlebih sehingga menimbulkan bintik-bintik cokelat atau hitam di area wajah, tangan, leher, maupun lengan. Dalam kasus ini, retinoid berperan untuk meningkatkan pergantian sel kulit sehingga dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi dan flek hitam, sekaligus meratakan warna kulit.

9. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori adalah lubang kecil di permukaan kulit yang fungsinya adalah untuk mengeluarkan minyak. Namun saat tersumbat sel kulit mati atau kotoran, pori-pori akan terlihat besar dan kalau dibiarkan bisa memunculkan komedo membandel. Dalam hal ini, retinol dalam vitamin A bertugas untuk merawat pori-pori besar serta mencegahnya tersumbat.

10. Mencerahkan Kulit

Selain vitamin C, asupan vitamin A yang cukup juga bisa mencerahkan, menjaga kecantikan, dan mengurangi keluhan masalah kulit yang umum. Selain memenuhinya lewat konsumsi makanan yang bergizi, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin A seperti Ovale Facial Lotion.

Ovale Facial Lotion, Pembersih Wajah dengan Kandungan Bahan Alami

Saat beraktivitas di luar ruangan, wajah jadi berminyak dan kusam. Untuk itu Anda harus rutin membersihkannya dengan Ovale Face Lotion, pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan alami pilihan.

Diformulasikan dengan teknologi termutakhir, pembersih wajah yang satu ini efektif membersihkan sisa-sisa makeup, kotoran, dan debu polusi yang menempel dan terperangkap di pori-pori wajah.

Kandungan ekstrak aloe vera, vitamin A, dan E di dalamnya mampu menjaga kulit tetap lembut dan halus. Selain itu, Ovale Facial Lotion hadir dalam enam varian yang diperkaya ekstrak bunga dan buah pilihan untuk menutrisi kulit wajah secara maksimal sehingga wajah terlihat lebih segar dan sehat. 

  • Ovale Facial Lotion Whitening dengan ekstrak buah pepaya untuk membantu regenerasi sel sehingga menjadikan wajah tampak lebih bersih dan cerah.
  • Ovale Facial Lotion Extra Mild dengan ekstrak bunga chamomile untuk menenangkan kulit sensitif, mencerahkannya, dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.
  • Ovale Facial Lotion Pore Amazing dengan ekstrak timun mampu mengurangi jerawat sekaligus melembapkan kulit.
  • Ovale Facial Lotion Anti Acne dengan kandungan ekstrak jeruk nipis dan tea tree oil cocok untuk merawat kulit berjerawat.
  • Ovale Facial Lotion Deep Control dengan ekstrak lemon cocok digunakan pemilik kulit berminyak dan membantu memudarkan bekas jerawat sekaligus mengurangi kemerahan akibat peradangan.
  • Ovale Facial Lotion Intense Glow dengan ekstrak bengkoang dan kaya vitamin C efektif mencerahkan kulit kusam.

Soal mau pilih yang mana, tentu jawabannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing. Produk yang satu ini tersedia dalam ukuran 60 ml, 100 ml, dan 200 ml dan bisa Anda dapatkan di minimarket terdekat atau melalui KINO Official Store di Tokopedia dan Shopee. Harganya ramah banget di kantong, lho!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi