21 January 2024

wanita pakai baju merah dengan rambut panjang se-dada

7 Cara Merawat Rambut Kering Anti Gagal Yang Bisa Kamu Coba

Pernahkah Anda mengalami rambut kering karena kondisi lingkungan seperti kekeringan atau panas? 

Ketika rambut Anda kering, lapisan luar akan rusak sehingga menyebabkan rambut tampak kusam dan tidak sehat. Kabar baiknya, ada beberapa cara merawat rambut kering yang tepat hingga kembali sehat di sini. 

Mengapa Rambut Kering Bisa Terjadi? 

Sebelum melangkah jauh mengulik cara merawat rambut kering, ketahui terlebih dulu apa yang mengakibatkan rambut Anda tumbuh kering. 

Rambut kering terjadi ketika rambut Anda tidak mendapatkan atau mempertahankan kelembaban yang cukup. Hal ini mengurangi kilau rambut dan dapat membuatnya tampak kusut dan kusam.

Rambut kering dapat mempengaruhi pria dan wanita dari segala usia, tetapi Anda lebih mungkin mengalaminya seiring bertambahnya usia.

Ada pula beberapa kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan rambut kering antara lain:

  • Tinggal di iklim yang kering dan panas
  • Terlalu lama di bawah sinar matahari atau angin
  • Sering berenang di air yang mengandung klorin atau air asin

 

Umumnya, rambut terdiri dari tiga lapisan. Apabila rambut Anda sehat, minyak alami di lapisan luar bisa membantu melindungi lapisan dalam rambut. Minyak ini juga memantulkan cahaya, membuat rambut Anda tampak berkilau dan itu merupakan tanda penting dari rambut yang sehat. 

Lalu, bagaimana cara merawat rambut kering agar kembali sehat? 

Cara Merawat Rambut Kering Yang Ampuh 

Memiliki rambut kering bukan berarti Anda memiliki masalah kesehatan yang lebih besar atau ada yang salah dengan rambut yang Anda miliki.

Melansir Healthline, Paparan sinar matahari, penataan rambut yang panas, kelembaban, merokok, dan banyak lagi faktor yang dapat menyebabkan rambut rusak dan kering. 

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda merawat rambut kering.

 

1. Lakukan Pemangkasan Rambut

Jika rambut Anda terlalu kering, mungkin perlu pengaturan ulang dalam bentuk potongan baru. Meskipun rambut Anda tidak terlalu panjang, rambut bercabang dapat membuat rambut sulit ditata dan menyebabkan rambut terasa kering atau kasar.

Segera pergi ke salon langganan Anda dan tanyakan kepada penata rambut apakah mereka memiliki tips untuk jenis dan panjang rambut Anda. Umumnya, mereka mungkin akan merekomendasikan rutinitas perawatan rambut baru yang dapat menjaga rambut Anda agar tidak rusak.

2. Konsumsi Vitamin

Anda tahu bahwa Anda membutuhkan vitamin tertentu untuk menyehatkan tubuh Anda, tetapi vitamin tertentu secara langsung berdampak pada kesehatan rambut Anda juga. Vitamin A, vitamin C, biotin, dan mineral zat besi semuanya akan berkontribusi pada rambut yang terlihat lebih sehat.

Karena vitamin prenatal mengandung semua vitamin di atas, beberapa orang mengonsumsinya hanya untuk mengetahui pengaruhnya terhadap rambut mereka. Anda juga dapat mencari suplemen protein laut, yang telah terbukti membantu rambut menjadi lebih sehat.

3. Tambahkan Omega-3 dan Antioksidan ke dalam Diet Anda

Protein laut menjaga rambut Anda dari penipisan dan dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau. Untuk mendapatkan hasil yang serupa tanpa mengonsumsi suplemen, tingkatkan jumlah protein laut dalam diet Anda seperti salmon dan sarden.

Semua makanan ini kaya akan peptida dan omega-3, yang dapat membuat rambut Anda lebih berkilau. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi lebih banyak antioksidan untuk memerangi stres oksidatif, yang membuat rambut terlihat lebih tua seperti kacang merah dan brokoli. 

4. Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari

Sampo bisa berfungsi menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut Anda, tetapi juga bisa menghilangkan sebum. Meski begitu, Anda mungkin tidak perlu menghilangkan sebum rambut setiap hari. Anda dapat mencuci rambut dua hari sekali dan kemungkinan besar rambut Anda tampak lebih sehat. 

Jika Anda tidak bisa tidak keramas setiap hari, setidaknya gunakan sampo khusus untuk rambut kering atau bahkan cobalah sampo bayi. Keduanya membersihkan secara ringan tanpa menghilangkan minyak alami rambut.

5. Kurangi Penataan Rambut dengan Pemanas Apa Pun 

Penataan rambut dengan alat pemanas yang biasa digunakan untuk mengeriting, meluruskan, atau menambah volume pada rambut Anda mungkin sudah menjadi bagian dari rutinitas harian Anda selama bertahun-tahun. Hal ini mungkin juga menjadi alasan mengapa rambut Anda mengering.

Berdasar suatu penelitian, batang rambut sebelum dan sesudah blow dry menunjukkan kerusakan yang signifikan pada rambut partisipan. Apabila Anda akan mengeringkan rambut, jauhkanlah pengering yang digunakan setidaknya 6 inci dari batang rambut Anda untuk hasil yang terbaik.

6. Cobalah Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab alami. Itu berarti minyak kelapa dapat mengisi celah-celah pada helai rambut Anda jika rusak akibat panas atau matahari. Anda dapat merawat rambut Anda dengan perawatan deep-conditioning dari minyak kelapa hangat sekali setiap minggu.

7. Gunakan Minyak Esensial

Menggunakan beberapa tetes minyak esensial di ujung rambut Anda dapat memberikan tampilan yang lebih halus dan kenyal. Minyak esensial, seperti minyak peppermint dan minyak lavender, dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan mencegah kerusakan.

Itulah 7 cara merawat rambut kering secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara lain yang lebih praktis dengan rangkaian produk Ellips Pro Keratin Complex.

ellips-keratin 


Produk andalan ini terdiri dari vitamin rambut dan masker rambut yang fungsi utamanya membantu merawat dan menutrisi rambut rusak yang disebabkan pelurusan maupun pengeritingan. Menariknya, rambut Anda dua kali lebih sehat dan halus setelah pemakaian. Ingin mewujudkan rambut indah dan sehat? Klik di sini dan siap katakan bye-bye rambut kering!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi