12 February 2024

Segelas dan teko berisi jus apel segar dikelilingi oleh beberapa apel merah dan potongan apel yang sudah diiris, menunjukkan kesegaran serta kandungan alami dari buah apel

12 Manfaat Jus Apel dan Aturan Minumnya, Cocok untuk Diet!

Salah satu buah yang sering dibuat jus oleh masyarakat Indonesia adalah apel. Sebenarnya apa saja manfaat jus apel untuk kesehatan sampai minuman ini begitu populer?

Buah apel sendiri termasuk buah yang cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Mulai di pasar tradisional sampai supermarket modern, semuanya menjual apel dengan berbagai jenis. Rasanya yang manis dan segar biasanya menjadi kesukaan banyak orang untuk memenuhi asupan nutrisi harian mereka.

Apalagi jika mengingat pepatah mengatakan, “Eat apple a day keeps doctor away.” yang artinya, ”Makan apel setiap hari membuatmu jauh dari dokter (tidak sakit).”

Saat dijadikan santapan, apel memiliki berbagai cara untuk dinikmati, mulai dari dikonsumsi langsung, dijadikan pie, keripik, strudel, dan lain-lain.

Tapi bagi orang yang sedang diet, apel bisa juga disajikan dalam bentuk jus. Pasalnya, jus apel memiliki banyak manfaat untuk menunjang program diet sampai mencegah diabetes.

Simak ulasan lengkap tentang khasiat jus apel untuk kesehatan, berikut ini, yuk!

Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan

Meski tidak berbentuk utuh dan dibuat jus, ternyata apel tetap bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Berikut beberapa manfaat jus apel yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Alasan jus apel dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung adalah karena sebuah senyawa bernama polifenol. Senyawa ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda karena mampu mencegah kolesterol jahat untuk teroksidasi dan menumpuk pada arteri.

Jika kondisi ini terjadi pada tubuh, risiko serangan jantung bahkan stroke bisa lebih berkurang.

2. Mencegah Diabetes

Jus apel juga menjadi sahabat orang-orang yang memiliki riwayat diabetes. Untuk mencegahnya, mereka biasa mengonsumsi jus apel karena memiliki kandungan serat yang tinggi dangula yang sedikit.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin B1 pada apel juga bisa mengatasi kadar gula darah yang berlebihan pada tubuh.

3. Mengontrol Berat Badan

Jika tujuan diet Anda adalah untuk mengontrol berat badan, jus apel memiliki khasiat yang tepat. Karena memiliki serat yang sangat tinggi, Anda akan merasakan kenyang yang lebih lama setelah mengonsumsinya.

Jadi, Anda tidak akan mudah tergoda dengan godaan camilan-camilan lain yang bisa membuat diet Anda menjadi gagal.

4. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana usus besar menyerap terlalu banyak cairan. Nah, agar bisa terhindar dari masalah ini, Anda bisa mulai mencoba rajin minum jus apel. Selain kandungan seratnya yang memang bagus untuk pencernaan, apel juga memiliki senyawa bernama sorbitol.

Kandungan sorbitol pada apel dapat membantu usus bergerak dan akhirnya melancarkan buang air besar.

5. Untuk Detoksifikasi Tubuh

Jus apel bisa dikatakan sebagai agen detoksifikasi tubuh yang alami. Ketika seratnya bisa mengatasi sembelit secara alami tanpa obat-obatan, otomatis pencernaan tidak terpapar racun dan zat berbahaya kimiawi.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa vitamin A adalah salah satu asupan terbaik untuk kesehatan mata. Ternyata, kandungan vitamin A ini juga terdapat pada jus apel.

Selain vitamin A yang dikandung apel bisa memperkuat dan mempertajam penglihatan, buah ini juga mengandung antioksidan dan fitonutrien.

Kandungan inilah yang mampu menangkal radikal bebas pada retina mata.

7. Melawan Alzheimer

Manfaat jus apel lain yang harus Anda ketahui ialah dapat digunakan untuk melawan alzheimer. Penderita alzheimer biasanya memiliki kemampuan kognitif yang terganggu.

Untuk hal ini, kandungan apel yang bernama quercetin dapat berperan penting dalam melindungi sel-sel otak dari demensia.

8. Mengatasi Asma

Jika Anda sering mengonsumsi jus apel, risiko Anda untuk terkena asma bisa lebih berkurang. Senyawa antioksidan dan antiinflamasi pada apel mampu mengatur respon imun dan melindungi Anda dari penyakit Asma.

Saat gejala asmanya sudah muncul pun, apel bisa mengatasinya karena memiliki senyawa anti radang dan anti alergi.

9. Menghidrasi Tubuh

Memiliki kandungan 88% air, jus apel bisa bermanfaat untuk menghidrasi tubuh Anda. Beberapa dokter anak juga menganjurkan pemberian apel ini untuk menjaga hidrasi tubuh anak.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan memang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, kedua kandungan tersebut ada pada jus apel.

Mengonsumsi jus apel secara rutin bisa mengatasi berbagai masalah kulit mulai dari gatal, kulit pecah-pecah, peradangan, infeksi sampai mencegah penuaan dini.

11. Menguatkan Tulang dan Gigi

Selain vitamin D, nutrisi yang juga baik untuk kesehatan tulang dan gigi adalah vitamin K. Ya, vitamin K juga terdapat pada jus apel.

Selain itu, kulit dan buah daging apel juga mengandung kalsium yang memang baik untuk kesehatan tulang, sehingga dapat mencegah osteoporosis.

12. Mencegah Kanker

Jus apel juga mengandung flavonoid dan asam fenolat. Dua kandungan ini dipercaya bisa mencegah pertumbuhan tumor dan kanker. Sebuah riset di Jerman menyatakan bahwa mengonsumsi 1-2 apel sehari dapat mengurangi risiko kanker paru-paru dan usus besar.

Itu tadi merupakan beberapa manfaat mengonsumsi jus apel untuk kesehatan tubuh. Namun, bagaimanakah aturan dosisnya?

Aturan Minum Jus Apel

manfaat-jus-apple

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsi lah 1 gelas jus apel setiap hari yang setara dengan 1-2 buah apel utuh. Namun, jika ingin mendapatkan manfaat apel dengan cara yang lebih praktis dan mudah, Anda bisa mengonsumsi Malee JuiceDengan manfaat buah apel merah terbaik dari Thailand, Malee Juice mengandung 100% vitamin A alami.

Selain itu, rasanya juga tetap lezat lho meski tanpa tambahan gula dan pengawet.Yuk, coba rasakan kelezatannya, sekarang juga. Malee Juice busa Anda dapatkan di Tokopedia Kino Official Shop, ya.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi