24 January 2024

10 Cara Merawat Kulit Wajah agar Terlihat Cerah dan Sehat

Kulit merupakan organ paling luar dan yang paling luas dalam tubuh kita. Jika tidak dirawat dengan baik, permasalahan kulit bisa berdampak menjadi suatu hal yang serius, lho. 

Hal tersebut disebabkan kulit senantiasa terpapar kotoran, debu, kuman, bakteri, serta sinar matahari. Agar kulit tetap sehat dan terlihat cerah, Anda harus mengetahui beberapa cara merawat kulit yang baik dan benar. Yuk, simak artikel ini sampai akhir..

Cara Merawat Kulit

Kulit terdiri dari beberapa lapisan dengan fungsinya masing-masing. Epidermis adalah lapisan kulit terluar yang berfungsi melindungi kulit dari kotoran, debu, kuman, bakteri, dan sinar matahari. Di bawah epidermis terdapat lapisan dermis yang terdiri dari pembuluh darah, folikel rambut, dan kelenjar minyak. Lapisan ini berfungsi untuk menstabilkan suhu tubuh.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kulit rusak dan mengalami permasalahan. Diantaranya adalah faktor usia, paparan radikal bebas, penerapan gaya hidup yang tidak sehat, stres, dan cara perawatan kulit yang salah. Berikut ini adalah cara merawat kulit yang baik agar terlihat cerah dan sehat.

  • Menerapkan Pola Makan Sehat yang Seimbang

Mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang merupakan langkah penting untuk merawat kesehatan kulit. Selain bernutrisi bagi tubuh, protein, vitamin, dan antioksidan yang terkandung pada makanan akan menunjang kesehatan kulit.

Perbanyak makanan yang mengandung protein rendah lemak seperti ikan, dada ayam, serta sumber protein nabati. Selain itu, makanan yang banyak mengandung vitamin seperti vitamin C dan vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit. Sayur dan buah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah wortel, tomat, brokoli, bayam, dan buah beri-berian.

Sebagai antioksidan, Anda juga bisa mengkonsumsi teh hijau yang kaya antioksidan. Antioksidan sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit.

  • Aktif Bergerak

Melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti olahraga dan berjalan kaki, kulit akan lebih sehat karena asupan nutrisi dan oksigen dalam darah akan meningkat. Selain itu, tubuh yang rutin melakukan aktivitas fisik akan melepaskan senyawa IL-15 yang akan menghambat kerusakan kulit hingga ke lapisan sel. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam.

  • Minum Banyak Air

Terdapat korelasi antara kebiasaan minum banyak air dengan kesehatan kulit. Sebuah studi yang berjudul Dietary water affects human skin hydration and biomechanics menunjukan bahwa mengkonsumsi air yang cukup atau lebih banyak dapat berdampak positif bagi kesehatan kulit.

  • Istirahat yang Cukup

Waktu tidur yang cukup sangat diperlukan untuk merawat kesehatan kulit. Hal ini disebabkan ketika kita tidur, tubuh akan memberi waktu istirahat dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Sebuah studi juga menunjukan bahwa orang-orang yang memiliki waktu tidur yang ideal sekitar 7-9 jam di malam hari memiliki kulit yang lebih lembab ketimbang orang-orang yang kurang tidur.

  • Mengelola Stres dengan Baik

Stres merupakan salah satu penyebab dari beberapa masalah kesehatan, termasuk masalah kesehatan kulit. Stres diketahui menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang mengakibatkan produksi minyak berlebih pada kulit. Minyak yang berlebih akan menyumbat pori-pori dan membuat bakteri terjebak sehingga muncul jerawat.

Untuk itu, mengelola stres yang baik juga menjadi salah satu cara merawat kulit yang penting. Lakukan jeda atau istirahat ketika Anda mulai merasa stres dan kewalahan. Coba lakukan aktivitas yang Anda sukai seperti hobi atau kegiatan yang memenangkan seperti mendengarkan lagu, menonton film, atau bermeditasi. Anda juga bisa berbicara kepada orang yang Anda percaya atau melakukan konsultasi kepada psikolog jika dirasa perlu.

  • Tidak Mengkonsumsi Alkohol

Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat, Anda harus menghindari kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Hal ini karena alkohol menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan yang menyebabkan kulit kering dan terlihat kusam. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga meningkatkan risiko kanker non melanoma.

  • Hindari Kebiasaan Merokok

Serupa dengan kebiasaan mengkonsumsi alkohol, kebiasaan merokok juga memberikan dampak negatif untuk kesehatan kulit. Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah kecil yang terletak di lapisan kulit paling luar. Hal ini menyebabkan kulit terlihat lebih pucat dan kusam.

Merokok juga dapat meningkatkan risiko tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Pasalnya merokok merusak protein elastin dan kolagen yang sangat penting untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. 

  • Menghindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Paparan sinar ultraviolet (UV) pada sinar matahari akan membuat kulit terbakar dan memicu tanda-tanda penuaan kulit seperti flek hitam dan kerutan. Bahayanya, paparan kronis dari sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk itu, hindari paparan sinar matahari secara langsung dan gunakan tabir surya dengan perlindungan SPF dan PA+++.

  • Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan tubuh dari debu dan kotoran yang menempel tidak kalah penting. Disarankan untuk mandi sebanyak dua kali sehari. Cucilah muka di pagi hari dan malam hari setelah seharian beraktivitas. Selain itu, pastikan kebersihan barang-barang yang kontak langsung dengan kulit seperti pakaian, sprei, sarung bantal, dan handuk.

  • Menggunakan rangkaian produk perawatan kulit yang cocok

merawat-kulit-wajah

Anda juga bisa menggunakan rangkaian produk perawatan kulit mulai dari pembersih, pelembab, serum, dan krim yang cocok bagi kebutuhan kulit Anda. Pastikan produk yang Anda gunakan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti paraben dan merkuri yang malah akan merusak kulit.

Salah satu produk perawatan kulit yang aman digunakan adalah rangkaian perawatan kulit dari Ovale. Selain mengandung bahan alami seperti aloe vera, Ovale juga mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Ovale hadir dengan varian facial lotion, cleansing gel, micellar cleansing water, facial mask, hingga essential vitamin yang siap membantu meningkatkan kesehatan kulit sehingga tampak bersih dan lebih cerah.

Dapatkan rangkaian produk perawatan kulit melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Syarat dan Ketentuan

Kebijakan Privasi