13 February 2024

wanita sedang melakukan perawatan wajah menggunakan handuk biru dikepala

Urutan Perawatan Wajah yang Benar, Pagi dan Malam Berbeda, lho!

Sebagai upaya merawat diri untuk tampil maksimal, orang-orang banyak menggunakan perawatan wajah dengan urutan tertentu. Perawatan wajah sendiri memiliki jenis yang beragam. Ada yang dikelompokan sesuai jenis kulit, waktu penggunaan, atau yang diformulasikan khusus untuk masalah tertentu.

Dari sekian banyak jenis tersebut, masih banyak orang yang bingung perihal urutan penggunaannya. Pasalnya, urutan perawatan wajah yang salah tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Sebelum membahas urutan perawatan wajah yang benar, ketahui dulu perbedaan perawatan wajah berdasarkan jenis kulit berikut ini.

Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Setiap kulit memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda. Untuk itu, produsen skincare masa kini biasanya mengelompokkan rangkaian perawatan sesuai jenis kulit.

Umumnya produk-produk perawatan wajah membagi produk mereka berdasarkan empat jenis kulit ini.

  • Kulit Normal

Kulit normal adalah jenis kulit yang memiliki kadar minyak (sebum) dan kandungan air yang seimbang pada wajah. Pemilik kulit ini biasanya jarang mengalami masalah kulit yang serius. Maka, perawatannya bisa fokus pada peningkatan kolagen dan pencegahan penuaan dini.

Untuk kulit normal, pilihlah perawatan wajah yang mengandung retinol, hyaluronat acid, dan niacinamide.

  • Kulit Berminyak

Seperti namanya, kulit berminyak adalah jenis kulit yang memiliki kadar minyak atau sebum yang berlebihan. Komedo, jerawat, dan pori-pori yang besar biasanya menjadi masalah umum yang dialami pemilik kulit berminyak.

Gunakan perawatan wajah berbahan hyaluronic acid, salicylic acid, dan asam glikolat yang membuat kulit lebih kering dan mencegah penyumbatan pori.

  • Kulit Kering

Kulit kering adalah jenis kulit yang memiliki tingkat kelembapan rendah sehingga mudah bersisik dan kasar. Selain itu, masalah yang biasa dialami pemilik kulit kering adalah kulit yang pecah-pecah sampai mengelupas.

Kandungan perawatan wajah yang dianjurkan untuk pemilik kulit kering adalah glycerin, ceramide, dan aloe vera.

  • Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi dan reaksi terhadap beberapa faktor. Gejala umum yang biasa dialami pemilik kulit sensitif adalah sering memerah, mudah gatal, perih, dan panas.

Pilih perawatan wajah berbahan squalane, vitamin C, dan centella asiatica jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif.

Perawatan Wajah Sesuai Waktu Penggunaannya

Jika tadi kita telah mengetahui perbedaan perawatan wajah berdasarkan jenis kulit, kini waktunya untuk mengetahui perawatan wajah sesuai waktu penggunaannya.

Berdasarkan waktu penggunaan, biasanya rangkaian perawatan wajah dibedakan menjadi dua, yaitu untuk siang dan malam hari. Alasan kenapa perawatan wajah harus dibedakan sesuai waktunya adalah karena kebutuhan kulit yang berbeda saat siang dan malam hari. 

Saat siang hari, yang dibutuhkan kulit wajah adalah perlindungan dari sinar UV, polusi dan kotoran lainnya. Pada malam hari, kulit bekerja memperbaiki dirinya sendiri dengan menghasilkan sel-sel baru untuk esok harinya.

Oleh karena itu, perawatan wajah untuk siang dan malam hari memiliki rangkaian yang berbeda-beda, termasuk dengan urutannya. Berikut urutan perawatan wajah yang benar untuk siang dan malam hari.

Urutan Perawatan Wajah untuk Siang Hari

ovale-gel

Rangkaian perawatan wajah ini biasa dilakukan setelah mandi pagi atau sebelum menggunakan makeup saat hendak ke luar rumah. Berikut urutan perawatan wajah yang benar untuk siang hari.

  • Face Cleanser

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan wajah dengan sabun khusus wajah atau face cleanser. Pilih sabun wajah yang bukan hanya membersihkan, tapi juga melembutkan kulit wajah. Seperti Ovale Cleansing Gel yang mengandung Aloe Vera sehingga memberikan kesegaran pada wajah. 

  • Toner

Kemudian, gunakan toner untuk memaksimalkan pembersihan sisa kotoran dan minyak yang masih tertinggal di wajah. Biasanya toner juga memiliki kandungan yang bisa mengembalikan pH normal pada wajah.

  • Essence dan Serum

Essence memiliki fokus untuk melembapkan dan menyeimbakan pH pada wajah. Ia harus digunakan lebih dulu dari serum karena ia bisa mengoptimalkan penyerapan serum lebih baik. Setelah toner, baru gunakan serum yang memiliki bahan aktif khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit Anda.

  • Acne Treatment

Jika Anda sedang berjerawat atau ingin menghilangkan bekasnya, lakukan langkah ini sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya. Langsung aplikasikan acne treatment di tempat jerawat atau bekasnya berada, ya. 

  • Pelembap

Pelembap yang juga populer dengan nama moisturizer ini bisa memberikan kelembapan pada wajah. Cara kerjanya adalah dengan mencegah kandungan di dalam lapisan kulit menguap di pori-pori.

  • Sunscreen

Untuk melindungi kulit dari efek samping sinar UV, gunakanlah sunscreen setelah pelembap. Dianjurkan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 untuk melindung secara optimal. 

Urutan Perawatan Wajah untuk Malam Hari

Sesuai namanya, rangkaian perawatan wajah ini dilakukan di malam hari atau setelah melakukan aktivitas seharian. Berikut urutan perawatan wajah yang benar untuk malam hari.

  • Makeup Remover

Sebelum mengaplikasikan rangkaian perawatan wajah untuk malam hari, bersihkan dulu makeup dengan remover. Gunakan remover berbahan minyak yang efektif mengangkat sisa make up di wajah.

  • Face Cleanser

Sebagai upaya double cleansing atau pembersihan ganda, tetap bersihkan juga wajah dengan face cleanser. Rajin melakukan double cleansing akan membuat kulit lebih cerah dan terhindar dari berbagai masalah.

  • Eksfoliasi (1-2 kali seminggu)

Sel-sel kulit mati biasanya tidak bisa terangkat maksimal bahkan setelah menggunakan double cleansing, solusinya adalah dengan melakukan eksfoliasi pada wajah. Namun, jangan dilakukan terlalu sering karena bisa mengakibatkan iritasi.

  • Masker (1 kali seminggu)

Setelah kulit bersih dan siap mendapatkan rangkaian perawatan lainnya, gunakanlah masker wajah setidaknya satu minggu satu kali.

ovale-facial-mask

Pakai Ovale Facial Mask yang memiliki lima varian untuk menjadi solusi berbagai kebutuhan kulitmu. Dengan kandungan mineral serta Vitamin A, C dan E, masker ini dapat membantu mengencangkan, melembabkan, dan meremajakan kulit wajah kembali. 

Yuk, dapatkan produknya di Shopee dan Tokopedia Kino Official sekarang!

  • Toner

Masih dengan fungsi yang sama yaitu untuk menyeimbangkan pH, menggunakan toner pada malam hari juga bisa menyegarkan kulit yang lelah.

  • Essence dan Serum

Dua rangkaian perawatan wajah ini pada malam hari bisa mengoptimalkan proses regenerasi kulit selama Anda tidur.

  • Krim Mata

Salah satu bagian wajah yang beristirahat total saat tidur adalah mata, maka penggunaan krim mata juga dianjurkan di malam hari. Gunakan secara rutin untuk mengatasi masalah mata panda, kantung mata, serta kerutan di bawah mata.

  • Krim Malam

Diformulasikan khusus untuk malam hari, krim malam memiliki kemampuan untuk mengunci nutrisi dari semua rangkaian perawatan wajah sebelumnya. 

Itu tadi merupakan rangkaian menggunakan skincare wajah yang benar untuk siang dan malam hari. Gunakan produk terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal seperti rangkaian perawatan wajah dari Ovale. Beli secara online melalui Shopee dan Tokopedia Kino Official, ya.

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy