08 February 2024

Wanita dengan masker wajah dan selimut bersender di kaca

9 Cara Menghilangkan Panas Dalam Tanpa Bantuan Medis, Coba di Rumah

Panas dalam biasanya ditandai dengan tenggorokan kering, gatal, dan sakit ketika menelan. Lantas, bagaimana cara mudah menghilangkan panas dalam tanpa bantuan medis? 

Sebenarnya, panas dalam sering dialami oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Gejalanya pun bermacam-macam mulai dari tenggorokan sakit hingga perut yang terasa seperti terbakar.

Lalu, apa pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika mengalami panas dalam? Jangan bingung, Anda bisa membaca penjelasan lengkap soal cara menghilangkan panas dalam di artikel ini. 

Sebelum itu, ketahui dulu pengertian hingga apa penyebab panas dalam berikut ini, ya!

Pengertian Panas Dalam

Secara klinis, istilah "panas dalam" sebenarnya tidak diakui. Pasalnya, panas dalam merupakan istilah informal yang masyarakat gunakan sejak dulu. 

Biasanya panas dalam digunakan untuk merujuk pada serangkaian gejala sakit tenggorokan. Misalnya, saat terasa sensasi terbakar atau panas serta gejala-gejala lainnya di tenggorokan.

Namun, jika dirujuk dari penyebabnya ada dua pandangan mengenai penyebab panas dalam, yaitu menurut tradisional dan sisi medis. Berikut ini penjelasannya.

Penyebab Panas Dalam

Menurut pandangan tradisional, panas dalam disebabkan oleh konsumsi makanan yang bersifat panas. Makanan yang melalui proses pengolahan dengan suhu tinggi juga bisa menjadi penyebabnya ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Sementara itu, berdasarkan pandangan medis gejala yang disebut panas dalam ini disebabkan oleh beberapa kondisi seperti asam lambung yang naik, infeksi saluran napas akut (ISPA), serta iritasi tenggorokan. 

1. Naiknya Asam Lambung

Panas dalam yang disebabkan oleh naiknya asam lambung sering disebut sebagai refluks asam lambung. Biasanya terjadi di tengah malam ketika sedang tidur atau saat terbangun di pagi hari.

Biasanya gejalanya juga disertai rasa panas dan ngilu di ulu hati serta timbul rasa tercekat di tenggorokan yang tidak nyaman.

2. Infeksi Saluran Napas Akut (ISPA)

Gejala panas dalam dengan penyebab Infeksi Saluran Napas Akut (ISPA) meliputi rasa nyeri, gatal dan panas di tenggorokan. 

Selain itu, tanda-tanda lainnya meliputi kondisi hidung yang mampet, bersin-bersin, serta batuk dan demam yang tak kunjung sembuh selama 2-3 hari.

3. Iritasi Tenggorokan

Meski memiliki tanda-tanda yang hampir sama dengan panas dalam karena ISPA, gejala karena iritasi tenggorokan ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal. 

Misalnya, karena paparan polusi udara, makanan dan minuman panas, atau bersuara berlebihan seperti berteriak dan tertawa terbahak-bahak dengan sangat keras.

Ciri-Ciri Panas Dalam

Setelah mengetahui apa penyebab panas dalam, kini ketahui juga seperti apa ciri-ciri dari gejalanya. 

Sebenarnya tidak semua rasa sakit di tenggorokan merupakan panas dalam. Namun, ada beberapa ciri-ciri umum ketika mengalami panas dalam, seperti:

  • Flu
  • Rasa tidak nyaman di tenggorokan
  • Sakit saat menelan
  • Mulut beraroma tidak sedap
  • Munculnya sariawan
  • Hidung kering
  • Haus terus menerus
  • Tenggorokan kering dan cenderung gatal
  • Bibir kering sampai pecah-pecah
  • Sensasi terbakar di perut

Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari saat Panas Dalam

Saat mengalami ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas, tentu Anda penasaran apa sebenarnya obat panas dalam, kan?

Sebelum mengobatinya, ada langkah pencegahan yaitu dengan menghindari beberapa makanan dan minuman yang dapat memperburuk panas dalam. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Makanan Pedas

Senyawa capsaicin pada makanan pedas dapat menstimulasi reseptor panas pada mulut, lidah, dan tenggorokan. Hal inilah yang membuat panas dalam akan semakin parah.

2. Gorengan

Termasuk salah satu makanan yang sulit dihindari, gorengan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami panas dalam. 

Hal ini disebabkan oleh proses pengolahannya yang menggunakan suhu tinggi dan memberikan efek pemanasan internal pada tubuh sehingga memperparah panas dalam.

3. Soda

Kandungan gas dan karbonasi pada soda bisa membuat perut terasa kembung dan meningkatkan panas tubuh. Selain itu, sifat asamnya juga tidak baik untuk pencernaan orang yang sedang mengalami panas dalam.

Cara Mudah Menghilangkan Panas Dalam

Panas dalam sebenarnya bisa dicegah dan diatasi sendiri di rumah, tanpa bantuan medis. Ingin tahu bagaimana caranya? 

Yuk, simak rangkumannya berikut ini!

1. Hindari Asap

Cara menghilangkan panas dalam yang pertama ialah dengan menghindari asap. Paparan asap kendaraan atau rokok dapat membuat panas dalam semakin parah. 

Jika harus bepergian ke luar rumah, gunakanlah masker untuk menghindarinya.

2. Berkumur dengan Air Garam

Bumbu yang mudah ditemukan di dapur ini juga bisa meredakan panas dalam. Caranya, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu kumur sambil mendongak selama 20-30 detik lalu buang.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Vitamin C sudah dikenal sebagai penangkal radikal bebas sekaligus asupan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, sangat cocok digunakan untuk mengatasi panas dalam. 

Contoh makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi adalah jeruk, pisang, tomat, pepaya, dan wortel.

4. Gunakan Larutan Herbal

produk larutan cap kaki tiga untuk mengatasi panas dalam

Larutan herbal yang sudah dipercaya turun temurun juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi panas dalam. 

Untuk versi praktisnya, minum Larutan Cap Kaki Tiga yang sudah dipercaya sejak tahun 1937 untuk mengurangi gejala panas dalam. Beli di Shopee dan Tokopedia Kino Official Shop untuk merasakan manfaatnya.

5. Menyantap Makanan Hangat

Salah satu cara yang memberikan efek cukup instan saat mengalami panas dalam adalah dengan mengonsumsi makanan hangat. Sup dan bubur biasanya menjadi pilihan untuk menenangkan sakit tenggorokan saat panas dalam.

6. Mengonsumsi Madu

Memiliki segudang manfaat, madu juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi panas dalam. 

Kandungan antioksidannya dapat menangkal radikal bebas yang merusak sel tubuh. Konsumsi langsung satu sendok madu atau campurkan dengan segelas air hangat.

7. Istirahat yang Cukup

Cara menghilangkan panas dalam yang bisa dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa beranjak dari tempat tidur adalah dengan memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup.

Istirahat yang cukup dapat memperkuat daya tahan tubuh, sehingga mampu melawan kuman penyebab infeksi yang biasanya dialami oleh penderita panas dalam.

8. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu cara lain yang sederhana namun efektif untuk mengatasi panas dalam adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian. Caranya tentu dengan minum air putih yang cukup. 

Minumlah kurang lebih 2 liter air putih setiap hari untuk memberikan hidrasi pada tubuh dan kelembapan tenggorokan yang bisa meredakan gejala panas dalam. 

9. Jaga Pola Hidup Sehat

Cara menghilangkan panas dalam yang terakhir dalam daftar ini ialah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. 

Hindari hal-hal penyebab stres juga lakukan olahraga secara teratur minimal 25 menit setiap hari untuk mengatasi panas dalam dan mencegahnya datang kembali.

Itu dia beberapa cara menghilangkan panas dalam yang bisa Anda coba, bahkan tanpa bantuan medis. Namun, jika gejalanya tidak berkurang selama lebih dari tiga hari segera konsultasikan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya. 

Supaya panas dalam tak datang lagi, Anda bisa melakukan pencegahan dengan meminum larutan herbal dari Kino, yaitu Larutan Cap Kaki Tiga. Yuk, dapatkan produknya di Shopee dan Tokopedia Kino Official Shop sekarang juga!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy