06 February 2024

tumpukan daun sirih di atas piring berwarna putih

8 Manfaat Daun Sirih yang Baik untuk Kesehatan Wanita, Cek di Sini!

Piper betle atau daun sirih merupakan salah satu herba yang banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Meskipun terkenal dengan kegunaannya untuk daerah kewanitaan, tapi ternyata ada banyak manfaat daun sirih untuk kesehatan wanita, lho. 

Daun sirih memiliki ciri bentuknya yang seperti hati dan berwarna mengkilap. Ciri khas lainnya ialah memiliki aroma khas yang jadi semakin tajam saat direbus maupun dihaluskan. 

Pemanfaatan daun sirih disebabkan kemampuannya dalam membunuh jamur dan bakteri penyebab berbagai masalah kesehatan. 

Lantas apa sajakah manfaat dari daun sirih khususnya untuk wanita? 

Sebelum itu, pahami dulu kandungan-kandungan apa saja yang dimiliki daun sirih berikut ini, yuk!

Kandungan Daun Sirih

Daun sirih bisa menghadirkan banyak manfaat karena mengandung nutrisi yang beragam. Mulai dari berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, iodin, minyak atsiri, nikotinat, hingga sodium.

Tumbuhan rambat ini juga kaya dengan antioksidan seperti alkaloid, polifenol, flavonid, saponin, dan tanin. Dengan deretan nutrisi tersebut, daun sirih dapat memberikan banyak khasiat baik untuk tubuh. 

8 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita

Nah, sekarang ketahui juga beberapa manfaat daun sirih untuk wanita di bawah ini!

1. Mengatasi Aroma Tak Sedap Pada Area Kewanitaan

Khasiat daun sirih yang pertama adalah untuk mengurangi bau tidak sedap pada area kewanitaan. Sebenarnya, vagina memiliki aroma yang khas. Jika berbau sedikit asam seperti cuka, hal itu masihlah wajar.

Namun, saat area kewanitaan beraroma amis menyengat seperti ikan, sebaiknya dilakukan penanganan khusus.

Salah satunya dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Air rebusan daun sirih memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat membunuh bakteri penyebab vagina berbau.

2. Mengurangi Keputihan

Manfaat daun sirih yang kedua adalah untuk mengurangi keputihan. Sama seperti bau tidak sedap, keputihan pada area kewanitaan merupakan hal yang wajar dalam kondisi tertentu.

Keputihan adalah cara alami tubuh wanita dalam menjaga kelembapan dan kebersihan area kewanitaan. Namun, jika sudah disertai gatal, bau, dan nyeri maka keputihannya termasuk tidak normal.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih. Meskipun merupakan cara tradisional, cara ini sudah terbukti secara ilmiah, lho. 

Menurut penelitian, daun sirih memang efektif membasmi candida albicans yang jadi penyebab infeksi jamur pada vagina.

3. Mengatasi Gatal Pada Vagina

Khasiat daun sirih untuk wanita selanjutnya adalah untuk mengatasi rasa gatal pada vagina. Area kewanitaan yang terkena infeksi jamur juga bisa mengakibatkan rasa gatal. Daun sirih dengan sifat antibakteri dan antijamurnya dapat mengatasi masalah ini.

Caranya, rebus daun sirih lalu dibasuhkan pada area kewanitaan Anda.

4. Menyembuhkan Robekan Setelah Persalinan

Daun sirih juga bisa digunakan oleh wanita yang baru saja melakukan persalinan secara normal. Beberapa proses persalinan normal mengakibatkan adanya robekan perineum.

Robekan perineum adalah robekan yang terjadi di area antara vagina dan anus saat ada peregangan yang terlalu kuat saat mengejan. Penelitian sudah membuktikan bahwa air rebusan daun sirih bisa dibasuhkan ke area robekan selama tujuh hari berturut-turut untuk mempercepat penyembuhan.

Khasiat ini didapatkan karena kandungan saponin pada daun sirih yang mendorong pembentukan kolagen, sehingga mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Mencegah Jerawat

Manfaat daun sirih untuk wanita yang lainnya adalah sebagai pencegah jerawat. Dengan kandungan antijamur dan antibakteri, skincare berbahan dasar daun sirih bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang biasanya disebabkan oleh bakteri. 

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, pastikan mencari skincare dengan kandungan daun sirih minimal 15%. Selain dapat berbentuk krim, produk perawatan dengan kandungan daun sirih juga bisa ditemui dalam bentuk minyak esensial. 

Minyak esensial berbahan dasar daun sirih dapat mengatasi masalah jerawat wajah, dada, dan punggung, lho.

6. Mencerahkan Kulit

Khasiat daun sirih yang mungkin jarang diketahui wanita adalah untuk mencerahkan kulit. Mengandung antioksidan jenis hydroxychavicol, daun sirih dapat mengurangi produksi melamin (pigmen kulit) dan meningkatkan elastisitas kulit.

Orang yang mengalami gangguan hiperpigmentasi, flek, melasma, dan solar lentigo bisa menggunakan skincare berbahan daun sirih untuk mencerahkan kulit. 

Pemakaian yang rutin juga bagus untuk memperbaiki skin barrier dan menjaga kulit lebih kenyal dan sehat.

7. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat daun sirih pada wajah juga termasuk mengecilkan pori-pori. Pori-pori yang besar bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena genetik, produksi sebum berlebih, paparan sinar matahari, dan lain-lain.

Meskipun tidak bisa benar-benar dihilangkan, pori-pori yang besar masih bisa disamarkan menggunakan senyawa antiseptik pada daun sirih. Caranya, haluskan daun sirih dan oleskan sebelum tidur malam, diamkan 20 menit lalu bilas. 

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Daun sirih bisa juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Masalah-masalah seperti bau mulut, sariawan, sampai gigi berlubang bisa diatasi dengan sari-sari daun sirih yang keluar saat Anda mengunyahnya.

Cara Mengolah Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita

Segudang manfaat daun sirih tadi bisa saja tidak bekerja maksimal jika diolah dengan cara yang tidak tepat. Karena itu, ketahui juga cara-cara pengolahan daun sirih yang benar untuk mendapatkan manfaat yang maksimal di bawah ini!

1. Dikunyah

Salah satu cara mengonsumsi daun sirih yang diwariskan secara turun temurun adalah dengan dikunyah atau disebut menyirih. Caranya adalah dengan mengambil beberapa daun sirih, lalu tambahkan sedikit kapur sirih dan rempah gambir. 

Gulung daun-daunnya lalu kunyah sampai mengeluarkan sari-sari berwarna merah dan muntahkan atau lepeh.

2. Direbus

Cara mengolah daun sirih yang kedua adalah dengan direbus. Tidak seperti merebus biasa, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, daun sirih harus dikeringkan terlebih dahulu setelah dicuci bersih, baru direbus. 

Pastikan juga, air sudah mendidih saat proses merebus. Rebus selama 15-20 menit lalu matikan api. Air rebusan daun sirih bisa digunakan dalam kondisi hangat maupun dingin. 

Namun, jika menggunakannya untuk area kewanitaan, pastikan hanya membasuh bagian luar vagina saja untuk menjaga pH tetap seimbang.

3. Dihaluskan

resik-v-daun-sirih

Cara lain untuk mendapatkan manfaat daun sirih adalah dengan cara menghaluskannya.Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih, cuci bersih lalu haluskan dengan ulekan atau blender, lalu saring. Baik ampas maupun air saringannya bisa dimanfaatkan untuk wajah.

Itu dia beberapa informasi seputar daun sirih dan manfaatnya untuk kesehatan wanita. 

Jika Anda memiliki masalah-masalah seperti di atas, khususnya pada area kewanitaan, daun sirih merupakan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Namun, jika rangkaian proses mengolahnya terlalu sulit, gunakan saja produk-produk yang sudah mengandung daun sirih seperti Resik V Daun Sirih.

Resik V Daun Sirih merupakan pembersih untuk area kewanitaan yang mengandung ekstrak sirih untuk membersihkan vagina dari jamur. Yuk, dapatkan produknya di Shopee dan Tokopedia Kino Official Shop sekarang juga!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy