28 March 2024

wanita menunjukkan sedang mengalami maslah jerawat

7 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat, Jangan Asal Pakai!

Memilih skincare untuk kulit berjerawat harus dilakukan dengan cermat dan berhati-hati agar tak salah pilih. Pasalnya, ketika salah memilih produk justru bisa membuat jerawat semakin meradang. 

Menghilangkan jerawat, terlebih jerawat batu tentu tidak pernah menjadi hal yang mudah dan cepat. Memang, Anda akan menemukan banyak sekali produk skincare untuk kulit berjerawat dari berbagai merek. 

Akan tetapi, Anda sebaiknya hati-hati dalam memilih dan menggunakannya. Salah satu tips penting yang wajib Anda perhatikan saat memilih produk perawatan kulit untuk jerawat adalah memiliki izin edar resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BOOM). 

Selain itu, Anda juga harus memilih skincare yang memiliki kandungan yang sesuai dengan jenis kulit dan tidak memicu iritasi pada kulit. 

Kandungan pada Skincare untuk Kulit Berjerawat

Anda tentunya perlu mengetahui kalau skincare untuk kulit berjerawat memiliki cara kerja yang tidak sama dengan jenis skincare lainnya. Hal ini bergantung pada kandungan yang ada pada produk tersebut. Misalnya, beberapa jenis skincare memiliki kandungan yang bekerja aktif dalam membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat.  

Sementara itu, kandungan lainnya dalam produk yang sama dapat berperan sebagai agen untuk menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah, mengangkat kotoran dan sel kulit mati, serta mendukung terbentuknya sel kulit baru yang lebih cepat. 

Menilik dari beragamnya skincare yang hadir di pasaran, tak ada salahnya untuk mengetahui apa saja kandungan skincare untuk kulit berjerawat. Berikut ini beberapa di antaranya: 

1. Salicylic acid (asam salisilat)

Pertama, ada asam salisilat atau salicylic acid, salah satu bahan yang umum digunakan dalam skincare dan produk perawatan kulit. Kandungan ini memiliki manfaat utama untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan jerawat pada wajah. 

Asam salisilat bekerja aktif dalam mengatasi jerawat dengan mengangkat sebum alias minyak yang menyumbat pori-pori wajah, sehingga pori-pori kulit terbuka. Tidak hanya itu, kandungan ini juga berperan aktif sebagai agen eksfolian yang dapat secara efektif mengikis lapisan sel kulit mati pada wajah.

Memakai produk skincare yang memiliki kandungan asam salisilat dapat membantu menghilangkan komedo, masalah hiperpigmentasi, dan bruntusan.

2. Sulfur atau belerang

Belerang, atau dikenal dengan istilah sulfur juga menjadi kandungan yang umum dalam produk skincare untuk kulit berjerawat. Bahan satu ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bekerja aktif dalam mengurangi munculnya bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Salah satunya yaitu propionibacterium. 

Selain itu, sulfur juga menjadi kandungan aktif yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus mengatasi masalah komedo. Skincare dengan kandungan belerang bekerja dengan mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah. Bahkan, kandungan ini cocok digunakan untuk kulit sensitif. 

Meski demikian, sebaiknya Anda tidak menggunakan bahan ini bersama dengan skincare yang mengandung zat aktif dalam bentuk lain. Sebab, hal tersebut dapat memicu efek keras yang berlebihan pada kulit. 

3. Azelaic acid (asam azelaic)

Tak seperti dua bahan sebelumnya, azelaic acid atau asam azelaic merupakan kandungan dalam skincare untuk kulit berjerawat yang masih jarang digunakan, terutama pada produk lokal. Padahal, kandungan ini juga sama efektifnya dalam mengatasi masalah jerawat. 

Asam azelaic memiliki kandungan antiinflamasi sekaligus antimikroba. Bahan ini bekerja dengan membersihkan area pori-pori wajah dari kotoran, kuman, dan bakteri yang memicu munculnya jerawat. Selain itu, asam azelaic juga bisa dimanfaatkan sebagai eksfolian kulit yang lembut. 

Manfaat lain dari bahan ini termasuk membantu membuat wajah tampak lebih cerah dan menyamarkan bekas jerawat yang mengganggu. Akan tetapi, jangan lupa untuk memakai tabir surya setelah menggunakan produk berbahan azelaic acid. 

Pasalnya, bahan aktif satu ini bisa menyebabkan kulit menjadi hipersensitif. 

4. Tea tree oil

Tea tree oil sendiri telah menjadi salah satu jenis minyak esensial yang sangat populer dengan segudang khasiat, salah satunya adalah mengatasi jerawat. Minyak esensial ini membawa sifat antimikroba dan antiperadangan yang bisa membantu meringankan wajah yang meradang, bengkak, dan kemerahan. 

Guna membantu mengurangi jerawat dalam kondisi yang ringan, Anda dapat memakai tea tree oil dalam bentuk gel 5%. Tak hanya efektif untuk mengatasi jerawat, tea tree oil juga sering dimanfaatkan untuk menyamarkan bekasnya. 

5. Ekstrak lidah buaya

Penggunaan ekstrak lidah buaya sebagai salah satu bahan skincare untuk kulit berjerawat tentunya sudah tidak asing lagi. Ini berkat khasiatnya yang dapat mengatasi berbagai masalah kecantikan, termasuk jerawat, bekas jerawat, kerut dan garis halus, hingga masalah hiperpigmentasi. 

Lidah buaya membawa sifat antimikroba dan antiinflamasi yang bekerja aktif dalam meredakan jerawat pada wajah yang meradang. Penggunaan bahan alami ini juga cocok untuk kulit sensitif tanpa menimbulkan efek samping. 

6. BHA dan AHA

Sebenarnya, Beta Hydroxy Acid (BHA) dan Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah dua kandungan skincare yang memiliki komposisi yang berlainan. Akan tetapi, keduanya berperan penting dalam proses eksfoliasi kulit. 

Mudahnya, BHA menjadi kandungan skincare yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit yang rusak akibat paparan cahaya matahari. Kandungan ini bekerja dengan menembus jauh ke bagian dalam folikel rambut, lalu menghilangkan semua penyebab pori-pori wajah tersumbat. 

Sementara itu, AHA merupakan kandungan skincare yang memiliki peran penting dalam mengatasi berbagai masalah pada kulit, misalnya garis halus, pori-pori besar, jerawat dan bekasnya, warna kulit tidak rata, dan hiperpigmentasi. 

7. Benzoil peroksida (Benzoyl peroxide)

Kandungan terakhir yang terdapat dalam skincare untuk kulit berjerawat adalah benzoil peroksida atau disebut juga benzoyl peroxide. Bahan satu ini bekerja secara aktif dalam membasmi bakteri yang menjadi penyebab jerawat serta mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan kuman penyebab pori-pori tersumbat. 

Akan tetapi, pemakaian senyawa ini harus sangat hati-hati dan perlu adanya pengawasan. Sebab, bahan satu ini dapat memicu terjadinya iritasi bagi beberapa orang. 

Itu tadi beberapa kandungan yang sering terdapat dalam skincare untuk kulit berjerawat yang perlu Anda ketahui. Selain memakai skincare khusus untuk kulit berjerawat, Anda juga dapat melakukan perawatan wajah dan jerawat secara rutin di Ristra Clinic

Di Ristra Clinic, Anda dapat mengetahui berbagai masalah dari setiap jenis kulit, penyebabnya, sekaligus rekomendasi perawatan yang tepat untuk masalah kulit yang Anda alami.

Kamu bisa membeli produk ristra di e-commerce Kino di Shopee dan Tokopedia

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy