21 May 2024

ekspresi wanita frustasi karena rambutnya rusak dan rontok

Cara Mengatasi Rambut Rusak: 6 Cara Mudah yang Efektif

Bagi sebagian wanita, rambut merupakan mahkota yang memerlukan perawatan ekstra. Jadi ketika rambut rusak, tentu akan langsung mencari tahu bagaimana cara mengatasinya agar kembali sehat, kan?

Rambut yang rusak bukan hanya tidak bagus dari segi estetika tapi juga untuk kesehatan kepala. Pasalnya, beberapa jenis kerusakan rambut juga membuat kulit kepala tidak sehat bahkan sampai iritasi. Sebelum jadi lebih parah, penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi rambut rusak. Memahami ciri-ciri kerusakan rambut juga hal yang krusial dalam perawatan rambut rusak.

Cara Mengatasi Rambut Rusak

1. Sesuaikan Sampo dengan Kebutuhan Kulit Kepala

Keramas menggunakan sampo merupakan hal dasar untuk merawat rambut. Namun, masih banyak orang yang sembarangan dalam memilih sampo. Padahal, sampo bisa bekerja maksimal jika sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Untuk pemilik rambut berminyak, sebaiknya gunakan sampo yang mengandung chamomile, tea tree oil dan minyak lemon. Sementara itu, pemilik rambut kering bisa menggunakan sampo yang mengandung minyak argan, dan jojoba oil. Mengintegrasikan masker rambut dengan bahan alami seperti madu, alpukat, dan lidah buaya dapat membantu memperbaiki rambut rusak, memperkuat rambut, dan mendukung kesehatan kulit kepala.

Selain masker rambut, mengoleskan minyak alami ke kulit kepala dan rambut juga sangat dianjurkan bagi anda yang lebih suka merawat rambut dengan cara alami. Berbagai jenis minyak alami yang bagus untuk rambut antara lain minyak zaitun, minyak almond, dan minyak kelapa. Cara memakai minyak alami tersebut adalah sebelum cuci rambut oleskan minyak ke kulit kepala dan rambut sambil memijat kepala selama kurang lebih 30-60 menit.

Baca juga: 10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Lebih Sehat

2. Jadwalkan Keramas dengan Benar

Keramas atau mencuci rambut juga memiliki aturannya sendiri. Hal ini karena terlalu sering keramas tidak akan membuat rambut lebih sehat. Malahan, bisa menimbulkan kerusakan rambut.

Sebaliknya, jika jarang keramas juga bisa menimbulkan tumpukan keringat dan bakteri pada kulit kepala. Hal ini bisa menimbulkan bau, rambut kering, lepek, gatal, bahkan sampai iritasi.

Untuk itu, menjadwalkan keramas dengan benar, perlu dilakukan. Perawatan rambut yang baik para ahli menyarankan untuk keramas 2-3 kali seminggu.

3. Memilih Sisir yang Cocok dengan Jenis Rambut

Selain sampo, sisir juga harus disesuaikan dengan kondisi rambut untuk mengatasi kerusakan. Untuk rambut kering panjang yang mudah kusut, gunakan Britsle Brush yang tipis, bergigi renggang, dan berujung tumpul.

Sementara itu, untuk rambut yang tebal dan ikal, gunakan Detangling Brush yang bisa digunakan saat rambut basah. Ada juga Wet Brush yang berbulu halus sehingga cocok untuk yang berkulit kepala sensitif. Untuk merawat rambut lurus dan panjang, gunakan Paddle Brush dengan bantalan yang lebar. Menyisir rambut dengan benar, terutama saat basah, dapat mencegah kerusakan rambut lebih lanjut.

4. Perawatan Rambut Sebelum Styling

Untuk mempercantik rambut, Anda mungkin sering melakukan styling menggunakan berbagai alat. Masalahnya, beberapa alat seperti catok, curler dan hair dryer biasanya memiliki suhu panas yang tinggi dan membuat rambut kering. Untuk mengurangi efek kerusakannya, Anda bisa melakukan perawatan sebelum styling menggunakan vitamin rambut. Vitamin yang diaplikasikan pada rambut sebelum proses styling bisa menutrisi rambut juga berfungsi sebagai heat protectant.

Merawat rambut sebelum dan setelah styling sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Penggunaan alat styling secara berlebihan dapat merusak rambut, sehingga membatasi penggunaan alat dan memilih metode styling rambut alami dapat membantu menjaga rambut tetap sehat.

Limitasi styling rambut dan penggunaan alat dengan suhu tinggi harus dijadikan bagian dari rutinitas perawatan rambut untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Anda bisa menggunakan vitamin rambut dari Ellips Hair Vitamin Moroccan Series dengan kandungan heat and  UV Protection.

5. Potong Rambut Secara Berkala

Untuk kasus rambut rusak dan bercabang, memotong rambut bisa jadi cara mengatasinya. Lakukan hair trimming atau pemotongan ujung rambut setiap 8-12 minggu sekali untuk membuang rambut yang bercabang. 

Tanpa perlu ke salon, hair trimming sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Asalkan menggunakan gunting khusus rambut dan ikuti tutorial yang banyak beredar di media sosial.

 

6. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga penting untuk mengatasi rambut rusak. Beberapa nutrisi yang diperlukan rambut adalah vitamin D, protein, omega-3, biotin, dan zat besi.

Itu dia beberapa informasi mengenai ciri-ciri dan cara mengatasi rambut rusak yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki masalah-masalah yang sama seperti di atas, segera atasi dengan cara yang tepat, ya.

Salah satunya adalah dengan menggunakan Ellips Hair vitamin Moroccan Series. Kapsul kecilnya memiliki segudang manfaat untuk menyehatkan rambut. 

 

Baca juga: 9 Cara Merawat Rambut Rontok yang Ampuh dan Praktis!

Apa Ciri-Ciri Rambut Tua?

Seorang wanita harus memahami apa Ciri-Ciri Rambut Rusak?

Perawatan rambut sama pentingnya dengan perawatan kulit, tidak banyak mengetahui bahwa rambut bisa menua sama dengan kulit. Penuaan pada rambut dapat dipengerahui oleh faktor external seperti penggunaan alat styling rambut dan juga cahaya matahari.  

Berikut beberapa ciri-ciri rambut tua yang perlu Anda perhatikan.

1. Rambut Kusam dan Kering

Ciri-ciri pertama rambut yang rusak adalah tampilannya yang kusam dan kering. Rambut yang kusam dan kering merupakan pertanda hilangnya minyak alami yang membuat rambut tidak lembap lagi. Paparan sinar matahari langsung juga berkontribusi pada kondisi rambut menjadi kering, karena dapat merusak lapisan luar rambut dan mengurangi kelembapannya.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan produksi minyak alami rambut berkurang dan rambut menjadi kering adalah sebagai berikut:

  • Sering terpapar sinar matahari langsung.
  • Penggunaan perawatan rambut yang tidak cocok.
  • Tinggal di lingkungan yang panas dan kering.
  • Mewarnai rambut.
  • Terlalu sering melakukan styling seperti menggunakan catokan atau curler dan hair dryer.

2. Rambut Menipis

Ciri-ciri kedua rambut yang rusak adalah kondisinya yang menipis terus-menerus. Cara mengeceknya adalah dengan berkaca. Ketika Anda melihat ada beberapa titik yang kulit kepalanya lebih terlihat dibandingkan titik lainnya, itulah yang dinamakan penipisan.

Rambut yang menipis karena rontok bisa disebabkan oleh faktor genetik, pola makan, dan stres. Namun menurut studi, seiring dengan bertambahnya usia jumlah rambut memang jadi semakin banyak, tapi lebih tipis. Karena itu, dalam beberapa situasi, rambut yang menipis merupakan hal yang wajar.

3. Rambut Mudah Patah dan Bercabang

Ciri-ciri selanjutnya yang merupakan pertanda rambut rusak adalah kondisinya yang mudah patah dan bercabang. Ada perbedaan antara rambut yang patah dan rontok. Rambut dikatakan rontok jika ia lepas dari akarnya. Sementara itu, rambut dikatakan patah jika batang rambutnya mengalami kerusakan sehingga lepas dari tengah rambut.

Rambut yang patah biasanya disebabkan oleh lapisan kutikula rambut yang rusak. Selain membuat kelenturan rambut berkurang, kerusakan kutikula rambut juga menyebabkan rambut bercabang. Perhatikan ujung rambut Anda, jika ia terbelah menjadi dua, itulah yang dimaksud dengan rambut bercabang.

4. Rambut Kusut

Rambut kusut merupakan situasi dimana rambut yang tidak rontok saling melilit satu sama lain. Lilitan rambut ini bisa semakin tebal sampai sulit disisir atau diuraikan.

Rambut yang banyak diproses oleh kimia dan alat styling biasanya memiliki tingkat kelembapan yang rendah. Jika kurang lembap, rambut jadi saling melilit dan akhirnya menjadi kusut.

Jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri di atas, sudah dipastikan rambut Anda rusak dan butuh penanganan lebih lanjut. Berikut beberapa cara mengatasi rambut rusak yang bisa Anda lakukan.

5. Rambut Mengembang

Kelembapan kulit kepala yang tidak seimbang dan penggunaan produk rambut yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan rambut mengembang.

 

Untuk menjaga rambut tetap muda, dapat menggunakan produk ellips hair vitamin moroccan series yang diperkaya dengan Heat dan UV Protection. 

Baca juga: Yuk, Ikuti 8 Cara Ini agar Rambut Tetap Sehat dan Tidak Mudah Lepek!

 

Merawat Rambut dengan Ellips Hair Care

Merawat Rambut dengan Ellips Hair Care

Selain menerapkan cara-cara yang telah disebutkan di atas, menggunakan produk perawatan rambut yang tepat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Salah satu produk yang dapat diandalkan untuk perawatan rambut adalah Ellips Hair Care.

Mengapa Memilih Ellips Hair Care?

Ellips Hair Care merupakan rangkaian produk perawatan rambut yang dirancang untuk memberikan solusi menyeluruh bagi berbagai masalah rambut. Produk-produk dari Ellips tidak hanya menutrisi rambut tetapi juga melindungi dan memperbaiki kerusakan yang ada. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Ellips Hair Care bisa menjadi pilihan yang tepat untuk merawat rambut Anda:

1. Kandungan Nutrisi yang Kaya

Ellips Hair Care mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan rambut untuk tetap sehat dan berkilau. Beberapa kandungan utama dalam produk Ellips antara lain:

  • Pro-Keratin Complex: Membantu menghaluskan dan memperkuat rambut.
  • Vitamin A, C, dan E: Menutrisi rambut dari akar hingga ujung.
  • Diperkaya dengan Argan oil yang baik sebagai antioksidan dan juga heat protection. 

 

2. Solusi untuk Berbagai Jenis Rambut

Ellips Hair Care menawarkan berbagai produk yang disesuaikan dengan kebutuhan jenis rambut yang berbeda. Apakah Anda memiliki rambut kering, berminyak, atau rusak, Ellips memiliki produk yang cocok untuk Anda. Beberapa varian produk Ellips Hair Care yang dapat Anda coba meliputi:

  • Ellips Hair Vitamin: Kapsul kecil yang praktis digunakan, mengandung Argan oil yang baik untuk melawan penuaan rambut
  • Ellips Hair Mask: Masker rambut yang memberikan perawatan mendalam untuk memperbaiki kerusakan rambut.

3. Perlindungan dari Panas dan Polusi

Ellips Hair Care juga menawarkan produk yang berfungsi sebagai pelindung dari panas alat styling dan polusi lingkungan. Dengan menggunakan produk Ellips hair vitmin moroccan series sebelum styling, Anda dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat suhu tinggi dan partikel berbahaya di udara. Ini sangat penting untuk menjaga rambut tetap muda dan sehat 

4. Penggunaan yang Mudah dan Praktis

Salah satu kelebihan produk Ellips Hair Care adalah kemudahan penggunaannya. Produk-produk Ellips dirancang agar mudah diaplikasikan dan cepat memberikan hasil yang terlihat. Misalnya, Ellips Hair Mist dapat digunakan kapan saja dan dimana saja untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut. 

Dengan rutin menggunakan produk Ellips Hair Care, Anda dapat menjaga kesehatan rambut dan mengatasi berbagai masalah rambut rusak dengan lebih efektif. Produk-produk Ellips tidak hanya membantu memperbaiki kerusakan rambut tetapi juga memberikan perlindungan ekstra sehingga rambut tetap sehat dan berkilau sepanjang hari.

Yuk, dapatkan produknya di Shopee dan Tokopedia Kino Official Shop sekarang juga!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy