27 February 2024

5 Penyebab Jerawat dan 5 Cara Alami Mengatasinya

Penyebab umum munculnya jerawat ialah ketika pori-pori kulit tersumbat atau terinfeksi bakteri. Namun, selain itu ternyata ada beberapa faktor lainnya yang jadi penyebab jerawat, lho. 

Memiliki istilah medis acne vulgaris, jerawat biasanya pertama kali muncul saat masa pubertas di rentang usia 10-18 tahun. Namun, ada juga yang mengalami jerawat intens sampai usia 30 tahun. 

Saat produksi sebum berlebihan, wajah akan mengalami peradangan dan penyumbatan pori-pori. Peradangan inilah yang menimbulkan benjolan kecil atau besar berisi nanah yang akhirnya disebut jerawat. 

Untuk mengetahui apa saja yang termasuk penyebab jerawat dan cara alami mengatasinya, simak artikel ini sampai selesai, yuk!

5 Penyebab Munculnya Jerawat

Apa saja penyebab jerawat? Anda bisa mengetahui jawabannya di bawah ini!

  • Hormon

Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh produksi hormon testosteron yang ada pada wanita maupun pria. Kadar hormon testosteron yang meningkat bisa memicu wajah memproduksi minyak secara berlebihan. 

Pada wanita, siklus hormonal juga bisa menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah dan menyebabkan jerawat. Selain itu, masa pubertas juga termasuk siklus hormonal yang bisa menimbulkan jerawat. 

  • Faktor Genetik

Sebuah penelitian menunjukkan orang yang mengalami jerawat meradang sejak masa puber, biasanya orang tuanya memiliki masalah yang serupa. Jerawat ini bisa lebih parah jika kedua orangtuanya memiliki masalah yang sama, dibandingkan dengan yang hanya salah satu orangtuanya saja.

Jerawat yang disebabkan oleh faktor genetik tidak bisa dicegah. Namun, tetap bisa dikurangi dengan gaya hidup dan perawatan yang tepat.

  • Bakteri

Produksi minyak berlebih yang dihasilkan wajah bisa berubah menjadi jerawat saat terpapar bakteri. Ada beberapa jenis bakteri yang bisa menimbulkan jerawat, di antaranya:

  • Propionibacterium acnes (P. acnes) atau Cutibaterium acnes (C. acnes) 
  • Propionibacterium granulosum
  • Staphylococcus epidermidis

Bakteri P. acnes termasuk yang paling sering menyebabkan jerawat. Bakteri ini bisa menghasilkan peradangan bawaan dan menghasilkan enzim aktif yang memicu peradangan dengan menyerang sistem imun.

  • Gaya Hidup

Gaya hidup juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kurang tidur bisa memicu jerawat muncul. 

Jerawat juga bisa keluar jika Anda mengalami stres berkepanjangan akibat tekanan hidup. Tak heran jika masyarakat yang tinggal di kota besar, biasanya lebih rentan terkena jerawat.

  • Sering Mengganti Skin Care 

Dalam beberapa kasus, skin care bukan berfungsi untuk merawat kulit melainkan menimbulkan jerawat. Jerawat ini biasanya muncul karena sering gonta-ganti skin care tanpa menunggu reaksinya bekerja maksimal. 

Meski kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, skin care disarankan digunakan dalam waktu 4-6 minggu terlebih dahulu untuk menilai hasilnya. Mengganti skin care terlalu cepat membuat kulit kaget dan bereaksi terhadap bahan kimia yang bisa menimbulkan jerawat.

5 Cara Alami Mengatasi Jerawat

Setelah mengetahui apa saja penyebab jerawat, sekarang waktunya Anda mengetahui cara mengatasinya. Pada dasarnya caranya adalah dengan menyeimbangkan kadar minyak serta membunuh bakteri dan peradangan.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, sebagai berikut:

  • Bawang Putih

Cara mengatasi jerawat yang pertama adalah menggunakan bawang putih. Secara alami, bawang putih mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan kuman dan bakteri. Bawang putih juga ampuh untuk mengobati infeksi. 

Kandungan senyawa organosulfur yang terdapat pada bawang putih memiliki efek antibakteri untuk membantu pengurangan bakteri dan peradangan. Caranya, potong dulu satu siung bawang putih menjadi beberapa bagian. Lalu,  tempelkan pada jerawat. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan.

  • Lidah Buaya

Bagian berbentuk gel bening yang ada pada daun lidah buaya memang dipercaya memiliki banyak khasiat. Biasanya lidah buaya dimanfaatkan untuk diolah menjadi krim, losion, sabun, dan salep.

Gel lidah buaya mengandung belerang dan asam salisilat yang dapat mengobati jerawat. Selain untuk peradangan kulit, gel lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati ruam, lecet, dan luka bakar

Jika ingin menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat, pertama-tama kerok dulu gelnya. Kemudian, oleskan gel tersebut langsung pada permukaan kulit yang berjerawat. Aplikasikan ulang 1-2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  • Tomat

Cara ketiga yang bisa dicoba untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan tomat yang mengandung banyak vitamin A. Meskipun terkenal sebagai vitamin yang baik untuk kesehatan mata, ternyata vitamin A juga baik untuk mengatasi jerawat, lho. 

Ketika vitamin A yang bersifat antioksidan digunakan pada kulit, sumbatan pada lapisan keratin akan menghilang. Sumbatan inilah yang biasanya menjadi penyebab jerawat dan komedo. 

Untuk mendapatkan manfaat vitamin A pada tomat, Anda bisa membelahnya dahulu menjadi dua bagian. Lalu, oleskan tomat ke seluruh wajah, baru diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan alami selanjutnya yang bisa mengatasi jerawat. Vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis bisa meredakan kemerahan pada jerawat yang meradang. Cara menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat sangatlah mudah. Pertama-tama peras dulu jeruk nipis sampai keluar airnya. 

Kemudian celupkan kapas pada air jeruk nipis tersebut dan usapkan pada bagian wajah yang berjerawat. Setelah mengering, bilas hingga bersih.

  • Madu

Madu merupakan bahan alami yang sudah dipercaya ribuan tahun untuk kulit. Kandungan antioksidan pada madu bisa membantu membersihkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat. Lantas, bagaimana cara menggunakan madu untuk mengatasi jerawat? 

Pertama-tama teteskan madu pada kapas, lalu gosokkan kapasnya secara perlahan ke jerawat. Diamkan 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Itu dia beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai jerawat, mulai dari penyebab dan cara alami mengatasinya.

Jika sudah melakukan hal-hal di atas, tapi jerawat tak kunjung sembuh, tandanya Anda membutuhkan penanganan ahli. Cobalah lakukan konsultasi pada klinik yang sudah terpercaya seperti Ristra Clinic.

Ristra Clinic merupakan pelopor industri perawatan kecantikan di Indonesia yang sudah berkomitmen selama lebih dari dua dekade. Namun, jika Anda memiliki jadwal yang padat, manfaat perawatan Ristra juga bisa Anda dapatkan dalam bentuk produknya. 

Seperti produk Ristra Triple Acid Complex Acne Booster Serum yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat. Beli yang asli hanya di Tokopedia Kino Official Shop, ya!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy