14 February 2024

10 Cara Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang yang Harus Diketahui!

Gigi berlubang adalah permasalahan umum kesehatan gigi dan gusi. Agar tidak menambah risiko, Anda bisa menerapkan 10 cara mengatasi gigi berlubang di bawah ini. Bukan hanya menimbulkan masalah seperti bau mulut, gigi berlubang yang tidak segera diatasi akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri. 

Dikutip dari Byte, penyebab gigi berlubang utamanya karena makanan manis dan bakteri yang hampir selalu ada di mulut kita. Saat bakteri berbahaya dalam mulut bertemu dengan makanan manis, maka akan menimbulkan plak. 

Plak yang mengeras ini lama kelamaan akan mengikis gigi dan menimbulkan lubang jika tidak rajin dibersihkan. Gejala sakit gigi berlubang diawali dengan timbulnya rasa nyeri, mulai terasa ada lubang di gigi yang mengganggu, serta munculnya plak hitam atau putih di gigi. 

Ketika memahami cara mengatasi gigi berlubang yang benar, tentu akan membantu permasalahan sakit gigi berlubang yang Anda alami. 

Yuk, simak 10 cara ampuh mengatasi gigi berlubang di bawah ini!

10 Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Untuk mengatasi gigi berlubang yang lebih efektif, Anda bisa terapkan 10 cara berikut ini:

1. Rajin Menggosok Gigi

Mengutip Mayo Clinic, American Dental Association menjelaskan bahwa rajin menggosok gigi dapat mengatasi gigi berlubang dengan baik. Mereka juga menganjurkan untuk sikat gigi 2 kali sehari, dengan durasi minimal 2 menit.

Waktu untuk sikat gigi juga perlu diperhatikan. Setelah mengonsumsi makanan dan minuman terutama yang tergolong asam seperti kopi, minuman bersoda, dan roti, Anda harus menunggu 30-60 menit sebelum sikat gigi.

Rajin menggosok gigi akan membantu menghilangkan plak yang diakibatkan oleh sisa makanan. Plak dari makanan ini memiliki bakteri yang bisa merusak enamel yang melindungi permukaan gigi sehingga menyebabkan lubang. Kebiasaan gosok gigi yang benar bisa mulai Anda terapkan dari pagi hari setelah selesai sarapan. 

Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan benang gigi untuk hasil yang lebih bersih. 

2. Rutin Menggunakan Obat Kumur 

Menggunakan obat kumur setiap hari juga bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi gigi berlubang. Namun, dibandingkan fokus dengan seberapa sering Anda berkumur, lebih baik fokus pada bagaimana berkumur yang baik. 

Direkomendasikan untuk berkumur atau floss terlebih dahulu sebelum menggosok gigi. Hal ini karena berkumur dapat membantu membersihkan residu atau sisa makanan yang tersisa di mulut sebelum gosok gigi.

Waktu rata-rata yang digunakan untuk berkumur bagi orang dewasa yaitu 2-3 menit. Poin pentingnya adalah Anda merasa sudah berkumur dengan cukup bersih dan telah menjangkau setiap bagian mulut. Digabung dengan sikat gigi maka Anda hanya butuh 5 menit setiap hari untuk menjaga kebersihan mulut.

3. Kurangi Makanan yang Terlalu Panas atau Dingin

Gigi berlubang merupakan permasalahan umum yang terjadi kepada siapa saja. Salah satu cara untuk mengurangi risiko gigi berlubang adalah dengan tidak mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin. Kebiasaan untuk menyantap makanan panas, lalu minum es ini merupakan penyebab kerusakan gigi. 

Apalagi jika Anda mempunyai jenis gigi sensitif, kebiasaan ini bisa menyebabkan keretakan pada email gigi dan menimbulkan rasa nyeri.

4. Konsumsi Sayur dan Buah-buahan 

Cara mengatasi gigi berlubang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat. Bukan hanya baik untuk pencernaan, sayur dan buah dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi. 

Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan anggur juga bagus untuk mengembalikan fungsi gigi dan gusi. Selain itu, sayur-sayuran hijau seperti kale dan bayam juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. 

5. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Untuk mencegah sakit gigi dan mengatasi gigi berlubang, Anda harus mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Alasannya, makanan dan minuman manis bisa meningkatkan produksi asam yang bersifat merusak lapisan enamel gigi.

Disarankan juga untuk menghindari makanan manis yang mudah menempel di gigi karena bisa mempercepat kerusakan gigi. Risiko gigi berlubang terbukti lebih tinggi jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. 

6. Minum Air Putih yang Cukup

Mengonsumsi air putih yang cukup juga akan sangat membantu kesehatan gigi. Ini merupakan cara yang paling sederhana sekaligus alami untuk menjaga kesehatan gigi sekaligus mengatasi gigi berlubang. 

Mengonsumsi air putih yang cukup juga bisa meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Hal ini baik untuk menyalurkan fluoride ke seluruh bagian gigi. 

7. Ganti Snacking dengan Permen Karet Xylitol

Jika Anda suka ngemil sebelum makan, cobalah ubah kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet xylitolMengunyah sugarless xylitol chewing gum dapat menjadi cara yang baik untuk mengatasi gigi berlubang sekaligus menekan keinginan untuk ngemil. 

8. Konsumsi Makanan Berkalsium Tinggi

Makanan yang kaya akan kalsium membantu untuk mempertahankan struktur dan kekuatan gigi hingga baik untuk mengatasi gigi berlubang. Selain itu, kandungan kalsium dalam makanan yang Anda konsumsi bisa membantu mencegah kerusakan gigi.

Beberapa makanan tinggi kalsium yang baik dikonsumsi ialah almond, salmon, tahu, serta sayur-sayuran hijau. 

9. Periksa Gigi Secara Rutin ke Dokter

Selain merawat kesehatan gigi dan gusi dengan cara di atas, Anda tetap harus periksa gigi secara rutin ke dokter. Jadi, sebaiknya seberapa sering ke dokter gigi? Waktu yang disarankan yaitu minimal setiap 6 bulan sekali.

Jika Anda memeriksakan gigi secara rutin, tentu masalah penyebab gigi berlubang akan lebih awal diatasi. Saat periksa, Anda bisa membersihkan plak yang menjadi penyebab karang gigi dan gigi berlubang. Pasalnya, plak susah dihilangkan meskipun rajin sikat gigi dan berkumur. 

Jangan tunggu sakit gigi dan gigi berlubang dulu baru periksa ke dokter, ya!

10. Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

click-natural

Fluoride merupakan kandungan esensial dalam pasta gigi yang penting untuk membantu menguatkan gigi serta mengatasi gigi berlubang. Selain itu, fluoride juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan memperkuat enamel gigi agar tidak mudah terkikis. 

Nah, itu tadi adalah 10 cara mengatasi gigi berlubang yang bisa Anda coba terapkan.

Selain melakukan cara di atas, penting juga bagi Anda untuk menggunakan pasta gigi yang bisa membantu mengatasi gigi berlubang.

Cocok untuk mencegah gigi berlubang, Click Natural Whitening Toothpaste dengan Cavity Protection merupakan pilihan yang tepat untuk Anda! 

Tunggu apalagi? Dapatkan produk Click Natural Whitening Toothpaste Cavity Protection dari Kino di Shopee!

test

Bebas Pulsa

0800-100-5466

Pulsa Bayar

021-8082-1166

© 2024 PT Kino Indonesia, Tbk. All Rights Reserved

|

Terms & Condition

Privacy Policy